Connect with us

Lifestyle

Beragam Budaya Bali Dipromosikan di Tokyo

Avatar

Diterbitkan

pada

Beragam budaya Bali dipamerkan KBRI di Tokyo.(ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Gubernur Bali I Wayan Koster bersama sejumlah duta besar asing di Jepang, operator serta travel agent Jepang, dan undangan resmi lainnya yang berjumlah sekitar 300 orang datang ke Jepang untuk mempromosikan kebudayaan Bali.

Berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), I Wayan dan rombongan memamerkan beragam produk kesenian Bali di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, pada Minggu (2/4/2023).

Selain Koster, sejumlah duta besar asing di Jepang, operator serta travel agent Jepang, dan undangan resmi lainnya yang berjumlah sekitar 300 orang hadir dalam acara itu. Selain peragaan busana karya desainer asal Bali, ada pula pementasan tari hingga sajian kuliner khas Bali.

Koster mengapresiasi dukungan penuh dari Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi beserta jajaran KBRI Tokyo atas terselenggaranya promosi seni dan budaya Bali di Jepang.

“Terima kasih kepada Bapak Heri Akhmadi atas kesempatan untuk mempromosikan Bali di Jepang dalam rangka perayaan 65 tahun Indonesia-Jepang,” kata Koster seperti dikutip dari detikBali, Senin (2/4/2023).

Advertisement

Dalam acara tersebut, desainer Turah Mayun menampilkan model busana adat payas gede Karangasem, payas ningrat Buleleng, dan payas agung Denpasar.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Topeng Tua, alunan suling Bali dari Gus Teja, hingga pementasan kesenian Genjek Bali dari Sanggar Bli Bagus.

Selain itu, tamu undangan juga berkesempatan menyaksikan pameran berbagai jenis kerajinan dari Bali. Di antaranya, kain tradisional, perhiasan perak, anyaman, dan kerajinan tangan.

“Kami juga berkesempatan mempromosikan produk lokal Bali kepada masyarakat Jepang dan kalangan diplomatik melalui tampilan para desainer yang berkualitas dengan karya-karya yang menggunakan produk-produk lokal Bali,” kata Koster.

Sembari menikmati nuansa Bali di Wisma Duta, para tamu undangan juga berkesempatan menyantap sajian aneka ragam kuliner khas Bali. Hidangan khas Bali yang tersaji, di antaranya ayam betutu, jukut, cumi, ikan sambal matah, pepes tahu Bali, dan telor bumbu genep.

Advertisement

Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi menjelaskan kegiatan ini dilakukan agar Bali tetap menjadi destinasi wisata pilihan utama bagi Jepang. Menurutnya, Bali masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga di Negeri Sakura.

“Selain lima destinasi wisata super prioritas Indonesia, KBRI Tokyo terus mempromosikan Bali agar Indonesia khususnya Bali terus menjadi destinasi top of mind bagi warga Jepang,” ujar Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie, Diplomat Muda Mukti R Setianto, Jurman Saputra Nazar, dan jajaran KBRI Tokyo lainnya.

Heri menambahkan acara promosi Bali ini merupakan bagian dari peringatan 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Selain acara tersebut, selanjutnya digelar pula resepsi diplomatik bertema Batak.

“Lalu juga akan ada promosi seni budaya dari wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk pengembangan potensi kerja sama Jepang dengan wilayah-wilayah tersebut di Indonesia,” ujar dia.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement