Connect with us

Lifestyle

6 Tips Sederhana Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Avatar

Diterbitkan

pada

Tips Sederhana Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Tips Sederhana Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa (Foto Ilustrasi: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Saat menjalani ibadah puasa, biasanya kita sering mengalami bibir pecah-pecah dan kering. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan air dalam tubuh.

Agar bibir tidak mudah kering dan pecah-pecah, kita harus merawatnya. Terlebih di bulan puasa ini. Berpuasa di siang hari akan membuat kita kekurangan asupan air. Tapi kita bisa menyiasati agar bibir tidak mudah kering dan mengelupas, yakni dengan menjaga kelembaban bibir.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan saat Puasa, Mudah Kok!

Berikut beberapa tips sederhana mengatasi bibir kering saat berpuasa yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

  1. Jangan menjilat-jilat bibir saat berpuasa karena hal itu justru akan membuat bibir akan semakin kering sebagai tips sederhana mengatasi bibir kering saat berpuasa. Memang sepertinya bibir tampak basah setelah dijilat-jilat tetapi hal ini bisa menghilangkan minyak alami dari bibir.
  2. Bibir kering terjadi karena dehidrasi. Karena itu, pastikan kita minum banyak air putih saat berbuka puasa maupun sahur. Usahakan sebelum memakan sesuatu saat berbuka puasa, kita minum segelas air putih.
  3. Makanan tertentu dapat membuat bibir menjadi kering, seperti makanan pedas dan banyak gorengan. Karena itu, hindari makanan pedas, telur asin dan gorengan saat berbuka puasa dan sahur.
  4. Hindari kafein dan rokok saat berbuka atau jelang sahur, hindari minuman berkafein dan merokok, karena rokok dapat mengeringkan minyak alami pada bibir yang berfungsi untuk melindungi bibir kamu.
  5. Gunakan pelembap bibir Gunakan pelembap bibir sesuai kebutuhan agar bibir tetap bisa tampil segar dan sehat selama berpuasa.
  6. Untuk perawatan bibir dengan kelembapan ekstra, gosokkan sedikit minyak kelapa, minyak almobd, minyak zaitun dan minyak jojoba pada lipstik. Minyak tersebut akan meredakan rasa sakit dan melempabkan bibir sekaligus juga mencegah pecah-pecah. Minyak-minyak berikut ini bisa membantu meredakan bibir.

itulah beberapa tips sederhana mengatasi bibir kering saat berpuasa. Dengan begitu, Ini bisa membuat puasa jadi lebih mudah dijalani. Semoga bermanfaat.***

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Batuk Saat Puasa, Sederhana Tapi Efektif!

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement