Connect with us

Kuliner

Ramai Soal Migor Mahal, Ini 5 Sajian Migor (Mie Goreng) Terlezat di Indonesia

Avatar

Diterbitkan

pada

Sajian mie goreng atau migor terlezat

Indomie Mi Goreng Original (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Pemberitaan belakangan ini diramaikan dengan kelangkaan dan harga eceratan tertinggi (HET) minyak goreng (migor) dipasaran. Karena ramainya hal tersebut, para netizen kerap memplesetkan istilah migor dengan mie goreng. Berbicara tentang mie goreng, Indonesia memiliki sajian mie goreng atau migor terlezat yang menjadi favorit banyak orang.

Mendengar kata mie goreng tentu yang pernah muncul di dalam benak adalah merk instan Indomie goreng. Tak hanya di tanah air, Indomie juga terkenal hingga mancanegara.

Selain Indomie, Indonesia juga memiliki berbagai varian mie goreng dengan cita rasa khas di berbagai daerah di Nusantara. Soal rasa, tentu mie goreng ini lezat dan menggugah selera. Lantas, apa saja sajian mie goreng atau migor terlezat di Indonesia?

Baca juga: Oh … Minyak Goreng – Di Oksibil Papua Tembus Rp 150.000 Per 5 Liter, Ricuh di Bengkulu

Berikut sajian mie goreng atau migor terlezat di Indonesia yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mie Goreng Aceh

Sajian mie goreng atau migor terlezat

Mie Aceh Goreng (Foto: Istimewa)

Sajian mie goreng atau migor terlezat di Indonesia yang pertama yaitu mie goreng Aceh. Masakan dari barat Indonesia ini terkenal kaya akan rempah. Kuliner aceh yang paling terkenal adalah mie Aceh. Ciri khas Mie Aceh terlihat dari penggunaan mie kuning yang tebal atau mie hokkian.

Mie Aceh terdiri dari 3 jenis, yakni mie Aceh tumis, mie Aceh kuah, dan mie Aceh goreng. Walau ketiga sajian tersebut memang menggugah selera, tapi sajian mie gorengnya tetap diunggulkan dan menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Advertisement

Apalagi, jika dipadukan dengan topping seperti daging kambing, daging sapi. Tentu menyantap sajian mie goreng akan tambah lezat.

2. Mie Goreng Jawa

Sajian mie goreng atau migor terlezat

Mie Goreng Jawa (Foto: Istimewa)

Beralih ke Pulau Jawa, terdapat salah satu olahan yang populer disana, yakni mie goreng Jawa. Sajian ini terkenal dengam cita rasa khas Jawa yang lezat dan nikmat. Meski memakai beragam jenis rempah, namun pada sajian mie goreng atau migor terlezat ini tidak dominan seperti mie Aceh.

Untuk mencicipi kuliner ini, Anda bisa dengan mudah menemukannya di kaki lima atau restoran ternama. Sebagai informasi, mie goreng Jawa dianggap berasal dari daerah Jawa Tengah dan banyak menyebar di daerah Jawa lainnya seperti di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Mie goreng Jawa juga kerap disebut sebagai bakmi Jawa. Variasi mie goreng Jawa ini bisa berbeda dan bergantung dari daerahnya berasal.

3. Mie Goreng Tek-Tek

Sajian mie goreng atau migor terlezat

Mie Tek-Tek Goreng (Foto: Istimewa)

Sajian mie goreng atau migor terlezat berikutnya yaitu mie goreng tek-tek. Tekait namanya, mie tek-tek bermula dari cara pedagang keliling yang membunyikan babmu sebagai tanda kehadiran ia dan dagangannya. Ketukan bambu tersebut menimbulkan bunyi tektek dan disebut mie tek-tek.

Baca juga: 4 Resep Mie Goreng Rumahan yang Nikmat dan Mudah Dibuat

Mie Tek-Tek sendiri biasanya disajikan dengan digoreng maupun dengan kuah, tergantung selera. Mie satu ini umumnya mudah ditemukan ketika malam hari menggunakan gerobak. Olahan mie goreng ini sebenarnya termasuk sederhana tetapi rasanya lezat dan sangat istimewa. Apalagi jika disertai berbagai topping yang disuka dan disantap ketika masih hangat.

4. Mie Goreng Padang

Sajian mie goreng atau migor terlezat

Mie Goreng Padang (Foto: Istimewa)

Selain mie tek-tek, sajian mie goreng atau migor terlezat lainnya adalah mie goreng Padang. Sajian mie ini bisa ditemukan dalam hidangan pesta di Sumatra Barat, dan pasar-pasar tradisional. Terutama di Bukittinggi.

Perbedaan mie goreng Padang terletak pada campuran bumbunya yang unik karena menggunakan udang rebon. Selain itu, ciri khas mie goreng Padang juga bisa dilihat pada dari tekstur mienya tipis dan panjang.

Advertisement

Mie tersebut terbuat dari gandum, atau dari berbagai macam tepung. Cita rasa mie goreng Padang bisa berbeda di tiap tempat. Masing mempunyai jenis bahan dan proses pembuatannya yang berbeda.

5. Indomie Goreng

Sajian mie goreng atau migor terlezat

Indomie Mi Goreng Original (Foto: Istimewa)

Sajian mie goreng atau migor terlezat di Indonesia yang terakhir adalah Indomie goreng. Sudah tidak dipungguri merupakan mie instan satu ini cita rasanya memang “ngga ada obatnya”. Sangat layak jika Indomie menjadi makanan terenak di dunia.

Dilansir dari fimela, Indomie goreng diakui menjadi mie instan terenak di dunia peringkat pertama versi New York Magazine pada tahun 2021 lalu. Bahkan di negara Nigeria kelezatannya sudah menyihir dan membuat warga disana tergila-gila dengan Indomie.

Itulah beberapa sajian mie goreng atau migor terlezat di Indonesia. Mana sajian mie yang Anda sukai? Apapaun pilihnya, tentu semua mie goreng tersebut memiliki keunikan cita rasanya masing-masing.***

Baca juga: 7 Bahaya Sering Makan Mie Instan yang Perlu Kamu Ketahui

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement