Connect with us

Kuliner

5 Cara Membuat Kentang Panggang Oven yang Empuk dan Renyah

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara membuat kentang panggang oven

Ilustrasi kentang panggang (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Bagi Anda yang bosan dengan kentang goreng, kentang panggang bisa dijadikan alternatif. Ketimbang digoreng, cara mengolah kentang ini tentu akan lebih sehat. Meski begitu, masih banyak yang belum mengetahui cara membuat kentang panggang oven utuh, empuk, dan lezat.

Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat terbaik. Selain karbohidrat, kentang yang dikenal kaya nutrisi juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Walau kerap dijumpai pada sup atau sayur, kentang juga umum diolah dengan cara digoreng, direbus, dikukus, dan dipanggang.

Bukan hanya sekadar bisa jadi camilan, kentang panggang bisa dijadikan menu yang mengenyangkan yang dapat menambah energi untuk beraktivitas sehari-hari. Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, pahami cara membuat kentang panggang oven supaya hasilnya empuk dan lezat.

Baca juga: 7 Manfaat Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa cara membuat kentang panggang oven yang telah faktualid.com rangkum dari The Spruce Eats melalui Kompas dan sumber lainnya.

1. Bersihkan kentang

Cara membuat kentang panggang oven yang pertama yaitu membersihkan kentang. Sebelum mencucinya, pastikan Anda sudah memilih kentang terbaik. Lalu, gosok dan bersihkan kentang. Potong dan buang, jika kentang memiliki luka atau memar di sekujur tubuh. Letakkan di rak kemudian keringkan dan tepuk-tepuk dengan handuk kertas.

Advertisement

2. Tusuk kentang dengan garpu

Ketika membuat kentang panggang, sebaiknya gunakan garpu untuk menusuk kentang. Hal ini bertujuan supaya uap bisa keluar dari kentang saat dipanggang. Jika uap tidak keluar dari kentang, nantinya kentang akan meledak dan berantakan di dalam oven.

Menerapkan cara ini mampu membuat permukaan kentang jadi sedikit kasar sehingga minyak bisa menyerap dengan cepat. Menusuk kentang dengan garpu juga membuat kentang jadi lebih renyah.

3. Lumuri dengan minyak

Cara membuat kentang panggang oven berikutnya yaitu menggosokkan kentang dengan minyak zaitun atau minyak sayur. Setelah itu, masukkan ke dalam garam kasar. Bungkus dengan alumunium foil agar tekstur kentang nantinya bisa lembut.

Baca juga: 6 Tips Merebus Kentang untuk Diet, Lebih Enak dan Tetap Bergizi

4. Atur kentang di rak

Sebelum oven dinyalakan, tempatkan dan tata kentang di dalamnya. Panggang kentang di suhu sekitar 176 derajat celsius dalam waktu sekitar 60-70 menit. Kentang akan terasa empuk dan matang saat ditusuk garpu.

Sebagai saran, Anda bisa memanaskan oven terlebih dahulu sekitar 10 menit sebelum kentang dimasukkan. Cara ini dinilai mampu membuat proses memasak lebih singkat dan kentang akan matang secara merata.

Advertisement

5. Taburi kentang dengan mentega

Cara membuat kentang panggang oven yang terakhir adalah menaburkan kentang dengan mentega. Setelah selesai, keluarkan kentang dari oven. Kemudian, taruh di piring saji, belah menjadi dua bagian, kupas bagian kulitnya, dan haluskan dengan garpu.

Jika sudah, barulah yaburi kentang dengan mentega dan beri sedikit topping di atasnya. Dengan begitu, membuat kentang panggang oven di rumah bisa jadi lebih empuk, renyah, dan lezat.***

Baca juga: 8 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan, Salah Satunya Burger dan Kentang

Lanjutkan Membaca