Connect with us

Kuliner

Ini Cara Membuat Sushi Mentai, Hanya Butuh Waktu 30 Menit!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara membuat Sushi Mentai

Begini cara membuat Sushi Mentai yang gurih dan nikmat. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Bagi kalian yang masih memiliki sisa libur sekolah dan bingung mau ngapain, coba praktikkan cara membuat sushi mentai yuk! Pasti kalian sudah tahu kan kalau sushi adalah salah satu makanan Jepang yang sangat favorit.

Paling mudah, kamu mencoba membuat sushi mentai rumahan yang enak. Bahannya mudah diperoleh, praktis dan biayanya juga murah. Bahkan kalau mau coba dijual pasti banyak peminat lho.

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi, seafood, dan sayuran. Sementara dalam bahasa Jepang, mentai merujuk pada kata mentaiko yang memiliki arti sebagai telur ikan kod.

Telur ikan tersebut kemudian dimarinasi menggunakan aneka rempah pilihan, sehingga menghasilkan rasa yang gurih lezat. Mentai atau mentaiko memiliki beberapa ciri khas seperti berlapis tobiko, dan diberi topping racikan mayones khas Jepang.

Baca juga: 4 Resep Salmon Mentai Kekinian, Praktis dan Mudah Dibuat

Perpaduan keduanya ini disebut saus mentai yang memiliki warna oranye dan bertekstur lembut.

Advertisement

Yuk, pahami cara membuat sushi mentai: Catat ya, bahan yang digunakan untuk membuat nasi adalah 300 gram beras pulen, 1 sdm cuka beras, ½ sendok garam, dan ½ sendok gula pasir.

Sementara untuk isi sushi bahannya adalah: sesuai selera  bisa ikan fillet salmon/kani stick/sosis, 5 sendok makan mayones, lembaran nori rumput laut ukuran besar 20×20, dua buah wortel rebus (potong memanjang),1 timun Jepan ( potong memanjang), abon secukupnya.

Bahan untuk membuat saos mentai adalah : 4 sdm mayones Jepang, 3 sdm saus sambal, 2 sdm kental manis, dan 1 sdt cabe bubuk.

Sebagai cara membuat sushi mentai, siapkan juga bahan untuk kecap asin : 2 sdm madu dan 2 sdm kecap Jepang.

Cara memasak:

Advertisement
  1. Masak salmon/ayam/sosis lalu iris-iris tipis memanjang dan potong memanjang. Sisihkan.
  2. Nasi sushi: saat nasi dalam keadaan panas aduk hingga rata dengan cuka beras, gula pasir dan garam lalu bagi nasi menjadi beberapa bagian.
  3. Saus mentai: campur dan aduk rata semua bahan-bahan saus mentai. Sisihkan.
  4. Siapkan satu lembar nori rumput laut lalu letakkan nasi di atasnya dan ratakan hingga menutupi permukaan Sesuai selera jika kamu mau tampilannya nasi di atas tinggal dibalikkan saja.
  5. Setelah itu letakkan isiannya sesuai selera secara memanjang di atas nori/nasi, wortel, timun dan tambahkan mayonaise. Lalu secara perlahan gulung sushi sambil dipadatkan.
  6. Setelah digulung potong sushi menjadi beberapa bagian, kemudian tambahkan di atasnya topping sesuai selera.
  7. Letakkan potongan sushi dalam piring saji, tambahkan saus mentai di atasnya. Bakar dengan blow torch hingga kecokelatan. Sajikan bersama pelengkap.

Mudah kan cara membuat sushi mentai mina-san? Hanya butuh waktu sekitar 30 menit, kamu sudah bisa menikmati sushi buatanmu.***

Baca juga: 4 Resep Martabak Jepang (Okonomiyaki), Camilan Lezat dan Gurih!

Lanjutkan Membaca