Home LifestyleKesehatan 9 Penyebab Wajah Tidak Simetris Beserta Cara Mengatasinya

9 Penyebab Wajah Tidak Simetris Beserta Cara Mengatasinya

oleh Farhan Zuhdi
penyebab wajah tidak simetris

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDOENSIA: Memiliki penampilan tubuh yang sempurna menjadi dambaan banyak orang. Salah satunya adalah wajah simetris. Namun, sebagain orang memiliki wajah tidak simetris baru menyadarinya saat bercermin. Mengetahui penyebab wajah tidak simetris supaya ditangani dengan tepat.

Saat bercermin, mungkin Anda memperhatikan bahwa bagian tertentu tidak sejajar dengan bagian yang lainnya sehingga Anda bertanya-tanya. Pada umumnya, hampir setiap manusia memiliki ketidaksimetrisan wajah. Tapi, asimetris atau tidak simetris terlihat relatif sama.

Meski merupakan suatu hal yang normal, muka yang tidak simetris bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang. Wajah asimetris bisa menandakan kondisi medis tertentu. Lantas, apa saja penyebab wajah tidak simetris?

Baca juga: 7 Cara Merawat Wajah agar Wajah Sehat dan Cerah Berseri

Berikut beberapa penyebab wajah tidak simetris dan cara mengatasinya yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Faktor genetik

Penyebab wajah tidak simetris yang pertama yaitu faktor genetik. Apabila menemukan terdapat anggota keluarga mempunyai muka asimetris, kemungkinan Anda juga akan memilikinya. Misalnya jika bibir nenek atau ibu menonjol di keluarga, maka bisa saja Anda mengalami hal tersebut.

2. Penuaan

Bertambahnya usia tentu membuat wajah mengalami perubahan dan penuaan. Penuaan bisa menjadi penyebab wajah tidak simetris karena hal ini merupakan bagian dari proses tersebut. Tulang rawan yang terus tumbuh seiring bertambahnya usia menyebabkan telinga dan hidung akan tumbuh sehingga muka menjadi terlihat berubah atau tidak sejajar.

3. Cedera

Kondisi cedera yang terjadi di area muka bisa menjadi penyebab wajah tidak simetris. Cedera yang dahulu pernah dialami di sekitar kelapa, seperti patah hidung, rahang yang bergeser, atau benturan keras di bibir, membuatnya tampak tidak rata.

4. Perawatan gigi

Selain cedera, perawatan gigi bisa menjadi penyebab wajah tidak simetris. Pencabutan gigi atau penggunaan gigi palsu dapat merubah otot-otot dan memengaruhi wajah. Di beberapa kasus, bentuk wajah tampak tidak simetris setelah mengikuti prosedur ini.

Menurut studi pada orang kembar identik melaporkan wajah tidak sejajar sering dihubungkan dengan pencabutan gigi.

5. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari atau UV secara tidak langsung dapat memengaruhi kulit yang menyebabkan munculnya bintik-bintik dan bercak, termasuk pada wajah. Orang yang tidak mengenakan topi saat berada di luar ruangan bisa membuat wajar rusak tidak merata. Sehingga kerusakan terjadi hanya di satu sisi wajah saja.

6. Bell’s Palsy

Penyebab wajah tidak simetris salah satunya yakni Bell’s Palsy. Bell’s palsy adalah kelumpuhan saraf wajah, menyebabkan kelemahan baru pada otot di satu sisi wajah. Penyakit ini sering dikaitkan dengan trauma, kerusakan saraf, atau komplikasi infeksi. Walaupun ada yang bersifat sementara, tak jarang bisa menjadi kondisi yang serius.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah, Yuk Dicoba!

7. Merokok

Sebuah penelitian mempublikasikan, kebiasaan merokok ternyata berpengaruh langsung terhadap muka tidak sejajar. Selain menjadi penyebab wajah tidak simetris, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius.

8. Tortikolis

Tortikolis merupakan kondisi dimana otot di tidak normal atau leher bengkok sehingga mengakibatkan kepala miring. Orang yang mengalaminya akan merasakan sisi leher yang satu lebih kuat dibandingkan sisi lainnya. Tortikolis terkadang juga terjadi pada janin ketika berada di dalam rahim yang menyebabkan wajah asimetris pada bayi baru lahir.

9. Stroke

Stroke ternyata dapat menjadi penyebab wajah tidak simetris. Kondisi ini biasanya ditandai dengan salah satu wajah atau kedua wajah mati rasa. Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak berkurang sehingga menyebabkan kelumpuhan.

Cara mengatasi wajah tidak simetris

Wajah asimetris memerlukan perawatan jika bukan tidak disebabkan faktor genetik. Terdapat prosedur yang bisa Anda pertimbangkan, di antaranya:

1. Filler

Cara populer untuk menaikkan alis yang nampak tidak sejajar atau dahi berkerut adalah filler atau suntik botox. Filler bekerja dengan baik untuk mengatasi ketidakseimbangan jaringan atau kelemahan oto

2. Implan wajah

Implan bisa menjadi pertimbangan untuk mengatasi ketidakseimbangan dagu dan pipi. Cara ini umumnya bersifat permanen yang terbuat dari silikon, logam, plastik, gel, dan protein.

3. Operasi

Jika sudah mengetahui penyebab wajah tidak simetris yang terjadi, operasi menjadi salah satu cara tercepat. Dokter spesialis akan melakukan tindakan bedah plastik agar bagian wajah, seperti hidung. Namun, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.***

Baca juga: Kulit Wajah Mengelupas? Ketahui Penyebab dan 7 Cara Mengatasinya

You may also like