Connect with us

Kesehatan

4 Penyebab Telinga Keluar Nanah, Terpapar Benda Asing hingga Infeksi

Avatar

Diterbitkan

pada

penyebab telinga keluar nanah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Telinga merupakan panca indera yang berfungsi untuk mendengar. Jika tidak dirawat dengan baik, maka bisa menyebabkan masalah kesehatan di telinga. Salah satu penyakit yang kerap terjadi adalah telinga bernanah. Tak terjadi begitu, pasti ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab telinga keluar nanah.

Telinga yang sehat akan umumnya akan memproduski kotoran atau serumen yang dapat menjaga benda asing masuk ke dalamnya. Namun, beberapa orang mengeluhkan keluarnya nanah dari telinga. Kondisi ini bisa dialami siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Ketika ini terjadi, jangan sepelekan karena bisa menjadi lebih parah apabila tidak segera diobati. Untuk mempermudah proses penyembuhan, penting rasa untuk mengetahui penyebab telinga keluar nanah.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Telinga Berdengung, Kurangi Dengar Lagu Dengan Volume Keras

Berikut beberapa penyebab telinga keluar nanah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Infeksi telinga tengah

Penyabab telinga keluar nanah yang pertama yaitu infeksi atau radang telinga tengah. Otitis atau infeksi telinga tengah bisa terjadi oleh banyak faktor, yakni pilek, sakit tenggorokan, hingga infeksi saluran pernapasan. Namun, penyebab paling umum adalah infeksi saluran pernapasan.

Advertisement

Infeksi saluran pernapasan dapat memicu munculnya peradangan pada saluran penghubung antara tenggorokan (tuba eustachius) dan bagian belakang gendang telinga. Perlahan, cairan akan menumpuk sehingga saluran tersebut tersumbat kuman.

Apabila dibiarkan begitu saja, nanah semakin lama akan menekan gendang telinga sehingga gendang telinga robek dan nanah keluar dari telinga.

2. Sindrom telinga perenang

Sindrom telinga perenang atau otitis eksterna bisa menjadi penyebab telinga keluar nanah. Sindrom ini terjadi ketika akibat telinga yang lembap setelah berenang atau terlalu lama berada di dalam air. Jika itu terjadi, telinga menjadi lembap yang menyebabkan dinding saluran telinga luar mengelupas dan menjadi rusak.

Hal tersebut membuat infeksi bakteri atau jamur lebih mudah masuk ke saluran telinga luar. Selain telinga yang lembap, otitis eksterna juga bisa diakibatkan oleh cara membersihkan telinga yang salah.

Antibiotik dalam bentuk obat tetes telinga sering diberikan untuk mengatasi sindrom telinga perenang. Supaya tetap aman, sebaiknya kunjungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Advertisement

3. Trauma

Penyebab telinga keluar nanah berikutnya yaitu trauma. Kondisi ini bisa terjadi karena cedera, semisal seperti membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud. Sebenarnya, ini merupakan cara yang tidak dianjur dalam membersihkan telinga.

Baca juga: 7 Penyebab Telinga Panas, Salah Satunya Bisa Karna Infeksi

Saat kebiasaan ini terus dilakukan, maka dapat memicu pecah dan robeknya gendang telinga dan robek yang berujung pada berujung pada trauma. Di sejumlah kasus, nanah yang keluar dari telinga akibat trauma bisa sembuh tanpa pengobatan. Namun, jika tidak kunjung sembuh, segera periksakan kondisi ke dokter.

Bila masih ringan, dokter akan menempelkan kertas khusus pada robekan tersebut. Jika kurang efektif, dokter mungkin akan melakukan tindakan pembedahan dengan ‘menambal’ robekan tersebut menggunakan kulit Anda.

4. Telinga terpapar benda asing

Beberapa orang memiliki kebiasaan memasukkan benda asing ke dalam telinga. Biasanya, penyebab telinga keluar nanah ini tejradi pada anak-anak yang kerap memasukkan potongan mainan kecil, manik-manik, makanan ke dalam telinga. Pada orang dewasa, ini juga bisa terjadi akibat penggunaan cotton bud atau kemasukkan serangga.

Jika merasa ada benda asing yang bersarang di telinga, segera periksakan ke dokter. Benda asing yang masuk dan tersangkut cukup lama bisa menyebabkan rasa sakit, infeksi telinga, telinga bernanah, dan gendang telinga robek. Dokter juga mungkin akan meresepkan antibiotik guna mencegah infeksi setelah proses selesai.

Advertisement

Cara mengatasi telinga bernanah

Apabila kondisi keluar nanah dari telinga, tetap tenang dan yak perlu panik. Kondisi yang bersifat ringan bisa diatasi dengan mudah di rumah sebagai pertolongan pertama. Caranya sebagai berikut:

  • Gunakan benda yang lembut, seperti handuk, untuk membersihkan telinga. Pastikan hanya membersihkan bagian luarnya.
  • Hindari meniup hidung terlalu kuat untuk menjaga tekanan dalam telinga.
  • Cukupi kebutuhan cairan.
  • Perbanyak istirahat di rumah.
  • Hindari memasukkan benda apa pun ke dalam telinga, seperti kapas, kain, dan lainnya.
  • Konsumsi obat-obatan pereda nyeri dan demam, seperti ibuprofen atau paracetamol.
  • Hindari menggunakan obat tetes telinga apa pun selain yang diresepkan dokter.

Itulah beberapa penyebab telinga keluar nanah beserta cara mengatasinya. Bila kondisi dianggap berat, segera pergi ke dokter THT agar mendapatkan penanganan secara tepat guna mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement