Connect with us

Kesehatan

7 Jenis Olahraga bagi Penderita Asma, Aman dan Tetap Sehat

Avatar

Diterbitkan

pada

olahraga bagi penderita asma

Ilustrasi jalan santai (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Asma merupakan salah satu penyakit pada bagian pernapasan. Banyak penderita asma yang takut berolahraga karena dapat memicu serangan asma. Tak perlu khawatir, ada beragam jenis olahraga bagi penderita asma yang aman untuk dilakukan.

Memang beberapa jenis olahraga yang tidak disarankan karena bisa memicu kambuhnya gejala asma. Meski begitu, bukan berarti penderitanya malas atau tidak berolahraga sama sekali. Justru, olahraga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

Bahkan, berolahraga dapat mengurangi gejala asma, menjaga kebugaran, dan meningkatkan kualitasi hidup penderita asma. Orang yang mengalami asma tetap bisa berolahraga dengan menjalani berbagai jenis olahraga bagi penderita asma yang direkomendasikan supaya nyaman dan tidak kumat.

Baca juga: 6 Daftar Makanan untuk Penderita Sesak Nafas, Dapat Dikonsumsi Setiap Hari

Berikut beberapa jenis olahraga bagi penderita asma yang aman dilakukan, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Berenang

Jenis olahraga bagi penderita asma yang pertama yaitu berenang. Olahraga satu ini sering disarankan dokter bagi para penderita asma. Beberapa penelitian mempublikasikan bahwa manfaat berenang secara rutin bisa membantu meringankan gejala asma.

Advertisement

Berenang tidak memerlukan banyak energi dan membebani tubuh karena bobot tubuh ditopang oleh air. Sejumlah gerakan dinilai dapat membantu saluran pernapasan lebih rileks untuk orang yang mengalami asma. Selain itu, udara hangat dan lembap kolam renag juga dapat membantu melembapkan saluran pernapasan.

2. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga sederhana yang cocok sebagai olahraga bagi penderita asma. Anda bisa melakukan olahraga ini dimana saja dan kapan saja. Meski berjalan mengharuskan tubuh terus bergerak, namun tidak sampai menghambat pernapasan.

Justru berjalan kaki membantu meningkatkan kapasitas paru-paru yang membuatnya menjadi rileks. Anda bisa berjalan kaki saat cuaca tidak terlalu dingin. Pasalnya, udaa kering dan sejuk bisa memicu atau memperburuk gejala asma.

3. Bersepeda

Jenis olahraga bagi penderita asma berikutnya yaitu bersepeda. Bersepeda dikatakan aman bagi orang dengan asma ketika tidak mengayuh sepeda terlalu cepat. Bersepeda terlalu cepat malah akan memicu gejala asma.

Penderita asma juga tidak disarankan mengayuh sepeda di daerah pengunangan karena bisa menyebabkan pernapasan menjadi berat. Bersepedalah dengan santai disekitaran rumah selama 30 menit. Anda juga bisa memanfaatkan sepeda statis apabila tidak ingin keluar rumah.

Advertisement

4. Yoga

Selain bersepeda, olahraga bagi penderita asma yang tidak berbahaya yaitu yoga. Sebagai olahraga atau kegiatan relaksasi, tentu yoga dapat membantu dalam mengendalikan gejala asma. Melakukan yoga dikenal dapat meningkatkan kapasitas paru-paru karena otomatis melibatkannya untuk mengambil dan membuang napas panjang secara perlahan.

Baca juga: Manfaat Yoga Menurut Anjasmara

Tak hanya itu, yoga juga dapat mencegah kambuhnya asma dengan mengurangi gejala stres. Olahraga serupa seperti pilates dan tai chi juga dapat dipraktikkan dan memiliki manfaat yang sama.

5. Berlari jarak pendek

Salah satu olahraga bagi penderita asma yang aman adalah lari. Berlari jarak pendek tidak akan memicu kambuhnya asma. Bukan hanya menguatkan otot pada sistem pernapasan, olahraga ringan ini juga dapat menjaga berat badan.

Untuk pengalaman yang paling nyaman, berlari dengan jarak sekitar 1,5 km atau 10 menit supaya tidak memicu hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Bulu tangkis dan tenis

Bulu tangkis atau tenis termasuk jenis olahraga yang cocok untuk penderita asma karena mudah untuk mengatur waktu beristirahat secara teratur. Semisal Anda bisa minum air atau mengendalikan kecepatan permainan kapan saja. Intensitas olahraga juga bisa berkurang jika Anda bermain berpasangan.

Advertisement

7. Bola voli

Jenis olahraga bagi penderita penderita asma yang terakhir adalah bola voli. Bermain bola vola aman dilakukan karena tidak membutuhkan energi untuk berlari karena terdapat pemain lain dapat permainan tersebut.

Gerakan memukul bola dalam voli tidak melibatkan terlalu banyak bergerak. Jadi, penderita asma bisa melakukannya tanpa perlu khawatir.

Itulah beberapa jenis olahraga bagi penderita asma yang aman dilakukan. Meski begitu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan kegiatan olahraga tersebut Selain itu, hindari olahraga yang tidak boleh pada orang dengan asma, diantara sepak bola, bola basket, lari jarak jauh, dan ice skating.***

Baca juga: Semua Strata Usia Harus Waspada terhadap Asma

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement