Connect with us

Kesehatan

7 Obat Herbal Nyeri Lutut yang Ampuh dan Aman, Buktikan Sendiri!

Avatar

Diterbitkan

pada

obat herbal nyeri lutut

Ilustrasi nyeri lutut (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Nyeri lutut merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi. Keluhan ini biasa terjadi setelah tubuh melakukan aktivitas berat. Ketika nyeri lutut datang, sejumlah orang kerap memustukan untuk pergi ke dokter. Padahal, ada obat herbal nyeri lutut yang bisa ditemukan dengan mudah di rumah.

Meski semua usia bisa mengalami nyeri lutut, golongan lanjut usia sendiri akan lebih rentan mengalamainya karena tubuh melambat dalam menciptakan sel baru. Keluhan ini bisa dipicu jika sebelumnya Anda mengalami keseleo, asam urat, bursitis, rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis.

Jika kasusnya tergolong cukup parah, maka pengobatan medis merupakan jalan tempuh yang terbaik. Namun apabila nyeri lutut masih ringan, cobalah mengonsumsi obat herbal nyeri lutut. Dibanding obat medis, obat ini dinilai lebih aman dan minim efek samping.

Baca juga: Nyeri Pada Persendian karena Osteoarthritis Segera Atasi dengan Langkah Tepat

Berikut beberapa obat herbal nyeri lutut yang telah faktualid.com rangkum dari doktersehat, halodoc, dan sumber lainnya.

1. Kunyit

obat herbal nyeri lutut

Ilustrasi kunyit (Foto: Istimewa)

Obat herbal nyeri lutut yang pertama yaitu kunyit. Rempah satu ini memiliki sifat antiinflamasi bernama kurkumin yang efektif mengurangi rasa nyeri dengan memodifikasi respons sistem kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian kecil menunjukkan sebuah produk kurkumin dapat mengurangi nyeri sendi dan pembengkakan pada pasien rheumatoid arthritis aktif lebih baik dibandingkan dengan diclofenac, yang merupakan obat antiinflamasi nonsteroid.

Advertisement

Perpaduan jahe dan kunyit nilai lebih efektif dalam mengatasi nyeri lutut. Cara mengonsumsinya, merebus jahe, kunyit, dan air selama 15 menit. Jika sudah, minum air rebusan tersebut setiap hari. Tak hanya itu, kesehatan tubuh pun secara keseluruhan bisa meningkat karena kebiasaan itu.

2. Jahe

Bukan rahasia lagi bahwa jahe menjadi rempah yang sangat menyehatkan tubuh. Umumnya, jahe memang digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, jahe juga sering diolah menjadi air jahe. Dari sekalian banyak manfaatnya, air jahe ternyata bisa membantu mengurangi rasa sakit pada lutut.

Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit penderita arthritis apabila dikombinasikan dengan pengobatan resep untuk penyakit ini. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki manfaat lain seperti meredakan mual dan mengatasi sakit perut.

3. Teh hijau

obat herbal nyeri lutut

Ilustrasi teh hijau (Foto: Istimewa)

Obat herbal nyeri lutut berikutnya yaitu teh hijau. Teh inii diklaim mampu membantu meringankan rasa nyeri dan peradangan pada sendi. Selain dalam bentuk teh, hadir juga dalam bentuk herbal dengan racikan berbeda. Minumlah sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Cuka apel

Selain teh hijau, cuka apel juga bisa disebut sebagai obat herbal nyeri lutut. Sebab, cuka apel bersifat antiinflamasi yang berguna dalam mengurangi peradangan dan nyeri. Bahan herbal ini juga bisa berkontribusi pada pelumasan sendi supaya lebih mudah bergerak.

Baca juga: Lutut Sakit Saat Ditekuk? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk mengaplikasikannya, siapkan segelas air hangat dan setengah gelas cuka apel. Lalu, campur kedua dan aduk sesaat. Kemudian, minuman campuran ini secara rutin sebelum tidur untuk mengatasi masalah nyeri sendi atau lutut.

Advertisement

5. Minyak zaitun

obat herbal nyeri lutut

Ilustrasi minyak zaitun (Foto: Istimewa)

Jika mengalami nyeri lutut, cobalah cari minyak zaitun di rumah. Minyak zaitun mengandung oleocanthal, yakni senyawa yang dipercaya dapat menekan jalur nyeri seperti obat antiinflamasi nonsteroid.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan Mediterania tradisional yang kaya minyak zaitun, memiliki lebih sedikit masalah kesehatan berkaitan dengan peradangan, seperti nyeri sendi degeneratif (osteoarthritis) dan diabetes.

6. Lidah buaya

Lidah buaya lebih dikenal memiliki banyak khasiat untuk rambut. Tak sampai situ, manfaatnya ternyata ampuh atasi nyeri sendi. Jika ingin mencoba lidah buaya sebagai obat herbal nyeri lutut, cukup ambil gelnya dan dinginkan. Kemudian, oleskan pada area sendi yang terasa sakit. Diamkan selama beberapa saat atau hingga rasa nyeri berkurang.

7. Air garam

obat herbal nyeri lutut

Ilustrasi air garan (Foto: Istimewa)

Garam umumnya digunakan ketika sedang memasak. Namun, tahukah Anda bahwa larutan garam bisa atasi nyeri lutut? Diketahui campuran garam dan air hangat akan meredakan masalah nyeri sendi. Bukan untuk diminum, tapi gunakan untuk merendam area lutut yang terasa nyeri.

Caranya mudah, siapkan satu baskom air hangat yang dicampurkan dengan garam, usahakan garam Epsom. Setelah itu, rendam tubuh yang terasa nyeri selama beberapa menit atau gunakan handuk untuk mengompresnya.

Itulah beberapa obat herbal nyeri lutut yang mudah ditemukan di rumah. Jika nyeri sendi tergolong cukup parah, tak ragu untuk pergi ke dokter agar dapat ditangani secara tepat.***

Baca juga: Ketahui 5 Penyebab Lutut Sakit Sejak Dini

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement