Connect with us

Kesehatan

6 Manfaat Olahraga Polo Air bagi Kesehatan, Mulai Bentuk Otot Hingga Sehatkan Jantung

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat olahraga polo air

Ilustrasi olahraga polo air (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Polo air merupakan salah satu olahraga melempar bola yang dilakukan di air. Mungkin olahraga ini agak asing dan jarang dilakukan orang. Tapi tahukah Anda, terdapat beragam manfaat olahraga polo air yang jarang diketahui.

Olahraga polo air termasuk jenis olahraga tim yang dilakukan di kolam renang dimana para pemain yang berenang berusaha untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Setiap pemain hanya boleh memegang bola dengan satu tangan dan harus melemparkan bola dalam waktu 30 detik sejak pertama kali memulai serangan.

Olahraga ini dimainkan oleh 6 orang pemain dan satu orang penjaga gawang di setiap tim. Olahraga yang menggabungkan beberapa olahraga ini, tentu akan melatih pemain mempunyai ketahanan dan kekuatan fisik yang baik. Karena hal tersebut, tentu manfaat olahraga polo air sangat besar bagi fisik pemain.

Baca juga: 7 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Lakukan Ini Agar Tidak Cedera

Sejarah polo air

Dilansir dari sehatq, Olahraga polo air pertama kali diperkenalkan di Inggris dan menjadi populer di Eropa. Olahraga ini masuk dalam Olimpiade pertama kalinya pada tahun 1900.

Sejak tahun 2000 dalam gelaran Olimpiade Sydney, polo air untuk atlet perempuan diperkenalkan. Australia sebagai tuan rumah menjadi pemenang dalam debut kala itu.

Advertisement

Hingga kini, polo air terus berkembang dan kian populer. Asetnya adalah para perenang andal yang bisa dilatih untuk melancarkan strategi memenangkan polo air.

Manfaat olahraga polo air

Berikut beberapa manfaat olahraga polo air yang telah faktualid.com rangkum dari sehatq dan hellosehat.

1. Membentuk otot

Manfaat olahraga polo air yang pertama yaitu membentuk otot. Bermain olahraga ini akan melibatkan seluruh anggota tubuh sehingga pemain butuh menjaga tubuh di permukaan. Alhasil, otot yang tadinya jarang bergerak menjadi terlatih.

Beberapa gerakan tersebut diantaranya berputar, mengangkat tangan, dan juga menendang. Olahraga polo air yang dilakukan secara rutin dapat membentuk otot-otot kaki, bokong, pinggul, dan bahu.

2. Meningkatkan kekuatan tubuh

Perlu diketahui, pemain polo air diperkirakan menempuk jarak total sekitar 5 kilometer untuk berenang. Tentu ini bukanlah hal yang mudah untuk melakukannya. Tanpa disadari, manfaat olahraga polo air ini dapat memperkuat tubuh bagian atas dan bawah.

Advertisement

Gerakan berbelok, berputar, dan juga melempar semuanya berakar dari core dan membantu memperkuat otot perut.

3. Menyehatkan jantung

Manfaat olahraga polo air berikutnya yaitu menyehatkan jantung. Seluruh gerakan yang pemain lakukan ternyata dapat memompa jantung secara optimal. Itulah mengapa polo air disebut menjadi latihan kardio yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: 9 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan, Dapat Redakan Stres

Menurut sebuah penelitian, jantung yang dipompa lebih tinggi dari laju istirahatnya dapat membantu mencegah penyakit jantung dan memperbaiki, serta mengembalikan kerja jantung secara maksimal.

4. Membakar banyak kalori

Selain menyehatkan jantung, manfaat olahraga polo air juga dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak. Olahraga air ini tak lepas dari berenang, menendang, melempar, dan bermanuver selama pertandingan berlangsung.

Gerakan tersebut yang dilakukan selama pertandingan berlangsung diperkirakan dapat membakar kalori secara maksimal hingga membantu menurunkan berat badan. Rata-rata pemain polo air ini bisa membakar sekitar 10 kalori per menit.

Advertisement

Bahkan, dalam satu jam pertandingan, seorang pemain bisa membakar hingga 700 kalori. Namun, setiap orang tidak sama dan bisa berbeda tergantung kondisi fisik.

5. Baik untuk persendian

Secara tidak langsung, setiap gerakan yang pemain lakukan kan melibatkan sendi sehingga olahraga air ini bisa mencegah terjadinya cedera pada sendi. Jadi, saat Anda bermain polo air meski membutuhkan kekuatan fisik ekstra tetapi air akan membuatnya lebih ramah dibandingkan olahraga di daratan.

6. Memperkuat stamina

Salah satu manfaat olahraga polo air yang sayang untuk dilewatkan adalah dapat memperkuat stamina. Olahraga di air tidak membuat suhu tubuh naik secara drastic karena memberikan efek pendinginan yang bisa mencegah Anda agar tidak cepat lelah.

Selain itu, bermain polo air juga dapat memperkuat stamina. Pasalnya, permainan ini memiliki tempo luar biasa cepat, seperti melakukan sprint dari satu sisi ke sisi lainnya.***

Baca juga: Lari Cocok untuk Olahraga selama Ramadhan, Persiapkan Nutrisinya

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement