Connect with us

Kesehatan

6 Manfaat Minyak Wortel, Baik bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat minyak wortel

Ilustrasi minyak wortel (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah kamu pernah menggunakan minyak wortel? Tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan tentang minyak wortel karena selama ini kita hanya mengenal wortel sebagai salah satu sayuran yang diolah menjadi makanan. Namun, ternyata manfaat minyak wortel juga baik untuk kesehatan tubuh.

Belakangan ini popularitas minyak wortel perlahan mulai dikenal oleh masyarakat. Sebab, di dalam minyak wortel ini terdapat banyak kandungan yang bisa bermanfaat atau memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat minyak wortel yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mendetoks Tubuh

Manfaat minyak wortel yang pertama adalah dapat mendetoks tubuh. Biasanya, minyak ini banyak digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis, sirosis hati, penyakit kuning hingga beragam penyakit yang berhubungan dengan hati.

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Urang-Aring untuk Rambut dan Kesehatan

Kandungan antioksidan alami bisa membantu tubuh untuk membersihkan racun dan limbah lainnya yang bisa membahayakan tubuh.

Advertisement

Minyak ini juga berfungsi sebagai diuretik yang mampu meningkatkan frekuensi buang air kecil. Diuretik bisa membantu membuang racun melalui urine dan menjadi metode detoksifikasi yang efektif.

2. Menyembuhkan Jerawat

Manfaat minyak wortel yang kedua adalah dapat menyembuhkan jerawat. Dalam minyak wortel dan kandungan antibakteri yang bisa membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Jika bakteri tersebut mati, maka jerawat akan kempes dan sembuh dengan sendirinya. Kamu hanya perlu mengoleskan ke kulit wajah yang berjerawat secara rutin setelah mencuci muka atau sebelum tidur malam.

3. Melindungi Wajah dari Sinar Matahari

Manfaat minyak wortel yang ketiga adalah melindungi wajah dari sinar matahari. Kandungan antioksidan bisa melindungi sel-sel kulit dari serangan sinar ultraviolet.

Minyak ini juga bisa membantu menetralkan kembali warna kulit wajah yang menjadi belang dan terbakar karena terkena sinar matahari.

Advertisement

Baca juga: 7 Manfaat Jus Wortel, Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet

4. Menyehatkan Rambut

Manfaat minyak wortel yang keempat adalah dapat menyehatkan rambut. Di dalam minyak wortel terdapat kandungan anti bakteri dan anti mikroba yang mampu melawan beberapa jenis bakteri jamur yang menyebabkan beragam masalah pada rambut dan kulit kepala.

Selain dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering, minyak ini juga mampu membantu pertumbuhan rambut agar lebih cepat tumbuh dengan subur. Minyak ini memiliki kandungan vitamin A, E dan beta karoten yang memiliki peranan penting dalam proses pertumbuhan rambut.

5. Membantu Melawan Sel Kanker

Manfaat minyak wortel yang kelima adalah membantu melawan sel kanker. Dalam sebuah jurnal yang berjudul The Antioxidant and Anticancer Effects of Wild Carrot Oil Extract, minyak wortel memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga tidak berkembang dengan cepat.

Hal ini dikerenakan dalam minyak wortel ini juga mengandung anti bakteri, antioksidan dan antiinflamasi.

6. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat minyak wortel yang keenam adalah mencegah penuana dini. Di dalam minyak wortel terdapat kandungan antioksidan yang berperan aktif dalam mencegah penuaan dini.

Advertisement

Antioksidan dapat membantu memperbaiki sel dan lapisan tisu pada kulit yang rusak karena radikal bebas. Tidak hanya itu, ada kandungan vitamin A, C dan E yang juga bagus untuk melawan radikal bebas.*** (Hana Chaniago)

Baca juga: Cegah Penuaan Dini dengan Air Putih di Pagi Hari

Lanjutkan Membaca
Advertisement