Home LifestyleKesehatan 8 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kesehatan Kulit Wajah

8 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kesehatan Kulit Wajah

oleh Farhan Zuhdi
manfaat masker putih telur

Ilustrasi putih telur (Foto: Istimewa)

FAKTUALidTelur merupakan salah satu jenis makanan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain untuk dikonsumsi, telur juga digunakan sebagai bahan alami yang dapat bermanfaat untuk perawatan kulit, termasuk manfaat masker putih telur untuk wajah.

Telur memiliki kandungan yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan protein yang ada di dalamnya memberi nutrisi pada tubuh. Nutrisi tersebutlah yang menjadikan telur digunakan untuk menyehatkan kulit.

Tidak heran jika sebagian memanfaatkan putih telur sebagai masker untuk wajah. Selain kandungan protein, manfaat masker putih telur untuk wajah berasal dari kandungan berbagai mineral dan vitamin yang berguna untuk membuat kondisi kulit semakin baik

Jadi sebelum kamu menggunakan masker yang banyak beredar dipasaran, tidak ada salahnya mencoba menggunakan masker putih telur sebagai bahan alami untuk wajah.

Baca juga: Untuk Perawatan Wajah, Basuhlah Muka dengan Air Mawar

Manfaat masker putih telur untuh wajah

Berikut beberapa manfaat makser putih telur untuk wajah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengencangkan kulit

Manfaat masker putih telur untuk wajah yang pertama yaitu dapat mengencangkan kulit. Salah satu kandungan protein yang ada pada putih telur ialah albumin. Kandungan protein ini lah yang berfungsi mengencangkan kulit yang kendur. Putih telur cocok untuk kamu gunakan sebagai cara mengencangkan kulit secara alami.

Selain itu, pengaplikasiannya yang tepat dapat membantu melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati serta menyamarkan garis-garis halus. Dengan demikian, putih telur bisa menjadi eksfoliator alami. Untuk mendapatkan manfaat ini sebaiknya kamu gunakan masker putih telur secara rutin.

2. Mengurangi kulit berminyak

Salah satu manfaat masker putih telur juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Hal ini berasal dari kandungan albumin dari putih telur. Albumin bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit sehingga membuat perubahan untuk mencegah minyak keluar secara berlebihan.

Untuk mengaplikasikannya, oleskan putih telur ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

3. Mengatasi komedo putih

Selain mengurangi kulit berminyak, manfaat masker putih telur juga dapat membantu mengatasi komedo putih pada wajah. Komedo putih dapat terbentuk akibat dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran. Para ahli menyarankan untuk menambahkan sedikit perasan jeruk lemon dalam penggunaan putih telur sebagai masker untuk membantu menghilangkan komedo putih.

4. Mengatasi lingkaran hitam pada mata

Manfaat Masker putih telur dapat mengatasi lingkaran hitam pada mata. Selain itu, juga dapat menghilangkan mata bengkak. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup membersihkan wajah terlebih dahulu, lalu oleskan masker putih telur secara perlahan di sekitar bagian mata. Tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami, Aman dan Ampuh

5. Mengecilkan pori-pori

Manfaat masker putih telur berikutnya yaitu dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Hal tersebut karena kandungan zat astringent di dalamnya yang mampu mengecilkan pori-pori. Kamu dapat mengurangi tampilan pori-pori dengan putih telur sekaligus menghilangkan noda di wajah. Untuk mendapat hasil yang baik, dapat menambahkan sedikit perasan air lemon.

6. Melembapkan kulit kering

Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit kering, masker dari putih telur dapat menjadi pilihan yang baik untuk melembapkan kulit kering pada wajah. Kandungan di dalam putih telur membantu nutrisi di kulit wajah yang kering.

Caranya tidaklah sulit, pertama kamu campurkan satu putih telur dengan satu sendok makan madu dan dua tetes minyak almond. Lalu oleskan pada area wajah. Tunggu sekitar 20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

7. Mencegah munculnya jerawat

Selain melembapkan kulit kering, Manfaat masker putih telur dapat kamu gunakan untuk mengobati dan mencegah munculnya jerawat. Diketahui putih telur mengandung lisozim, yaitu sejenis senyawa antibakteri. Kandungan tersebut dipercaya dapat melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Kendati demikian, belum ada studi yang menunjukkan bahwa masker putih telur untuk dapat mencegah jerawat.

8. Menyamarkan bintik hitam

Manfaat masker putih telur yang terakhir yaitu dapat menyamarkan bintik hitam pada wajah. Munculnya bintik hitam di wajah membuat sebagain orang menerunkan kepercayaan diri. Jika kamu mengalami masalah ini, kamu dapat menggunakan putih telur untuk mengatasinya.

Untuk mendapat manfaat satu ini, kamu cukup mengusapkan putih telur supaya pori-pori pada kulit menciut dan bintik hitam pun sirna.***

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

You may also like

Tinggalkan Komentar