Home LifestyleKesehatan 9 Manfaat Mangga Muda bagi Ibu Hamil

9 Manfaat Mangga Muda bagi Ibu Hamil

oleh Farhan Zuhdi
manfaat mangga muda bagi ibu hamil

Ilustrasi ibu hamil mengonsumsi mangga muda (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ibu hamil sering ngidam aneh-aneh, salah satunya mangga muda. Rasa asam dari buah tersebut digadang-gadang mampu menetralisir rasa mual yang dirasakan. Meski sebagian menilainya bahaya, namun ternyata ada manfaat mangga muda bagi ibu hamil.

Tidak seperti jenis mangga lainnya, mangga muda merupakan mangga yang belum matang. Itulah alasan mengapa mangga muda dinilai tidak baik bagi kesehatan. Tapi, mangga yang belum matang memiliki nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Kandungan tersebut diantaranya asam folat, zat besi, kalium, vitamin A, C dan B6. Selain itu, mangga satu ini juga akan kandungan serat bisa mecegah gejala-gejala yang terjadi selama masa kehamilan, seperti mencegah sembelit. Mengonsumsi makan mangga muda sah-sah saja dengan jumlah sedang.

Baca juga: 8 Manfaat Kacang Tanah bagi Ibu Hamil

Berikut beberapa manfaat mangga muda bagi ibu hamil yang telah faktualid.com dari berbagai sumber.

1. Mengatasi sembelit

Manfaat mangga muda bagi ibu hamil yang pertama yaitu mengatasi sembelit. Mangga muda menyimpan serat dan alkali tinggi yang bisa meredakan sembelit bagi ibu hamil. Zat tersebut membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Mangga muda bisa dimakan ibu hamil dengan tambahan madu dan garam.

2. Kaya akan nutrisi

Beberapa ahli gizi sering menyarankan wanita hamil untuk memakan mangga mentah berkat nilai gizinya serta antioksidannnya yang cukup tinggi. Jadi, mulai sekarang ibu hamil bisa merasakan rasa asam dan menyegarkan dari buah mentah ini.

3. Mengatasi morning sickness

Manfaat mangga muda bagi ibu hamil yang berikutnya yaitu mengatasi morning sickness. Morning sickness adalah kondisi yang umum dialami saat masa kehamilan yang menimbulkan gejela mual, muntah, dan berkurangnya nafsu makan.

Para dokter menyatakan, rasa asam yang dimiliki mangga muda bisa membantu mengatasi gejala morning sickness tersebut.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Selain mengatasi morning sickness, manfaat mangga muda bagi ibu hamil juga dapat melancarkan sirkulasi darah. Mangga yang belum matang mempunyai sifat anti-infalamsi yang membantu mengurangi munculnya gangguan sirkulasi darah.

Ibu hamil sering mengalami tekanan darah ke pembuluh yang relatif banyak. Mengonsumsi mangga mudah, meski secara perlahan mampu membantu memperkuat pembuluh darah ketika sedang dalam masa kehamilan.

Disamping itu, vitamin C tersebut juga berguna dalam merangsang produksi sel darah merah serta menurunkan timbulnya bercak selama masa kehamilan.

5. Meningkatkan metabolisme

Terdapat banyak cara saat ibu hamil ingin meningkatkan metabolisme. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi mannga muda. Metabolisme sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk menunjang kesahatan.

Baca juga: 7 Manfaat Kentang bagi Ibu Hamil Beserta Efek Sampingnya

Apabila metabolisme meningkatkan, otomatis berat badan tidak bertambah secara berlebihan yang dapat membahayakan janin di dalamnya.

6. Membantu perkembangan saraf janin

Salah satu manfaat mangga muda bagi ibu hamil ternyata dapat membantu perkembangan saraf pada janin. Mangga ini memiliki kandungan vitamin A yang berperan penting untuk perkembangan sistem saraf calon bayi, kesehatan mata, dan organ tubuh lainnya. Tak hanya janin, vitamin tersebut juga sangat bagus untuk ibu hamil.

7. Meningkatkan asupan kalium

Manfaat mangga muda lainnya adalah meningkatkan asupan kalium. Kebutuhan kalium pada wanita hamil bisa dipenuhi dengan makan mangga mentah karena kaya akan vitamin C untuk memperkuat tulang ketika berada dalam masa kehamilan.

Hal ini dikarenakan asupan nutrisi tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi timbulnya masalah peredaran darah.

8. Menangkal preeklamsia

Mangga muda kaya akan magnesium yang bisa menangkal preeklamsia, yakni masalah kehamilan yang disertai dengan tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan pada sistem organ lain, biasanya hati dan ginjal.

Jika tidak segera ditangani, masalah ini bisa menyebabkan komplikasi serius dan bahkan bisa fatal bagi ibu dan janin.

9. Mencegah gangguan medis tertentu

Manfaat mangga muda bagi ibu hamil yang terakhir adalah mencegah gangguan medis tertentu. Gamma Amino Butyric Acid (GABA), yang dapat menghambat sinyal otak tertentu bisa dihasilkan dari mangga mua karena vitamin B6 didalamnya.

Vitamin ini dapat mengurangi kemungkinan penyakit arteri koroner pada ibu hamil. Selain itu, kandungan karotenoid dan polifenol dan mengurangi terjadinya kerusakan radikal bebas dalam tubuh.***

Baca juga: Yoga bagi Ibu Hamil Beri Manfaat Positif Perkembangan Janin

You may also like