Home LifestyleKesehatan Ketahui, Ini 6 Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur

Ketahui, Ini 6 Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur

oleh Farhan Zuhdi
manfaat makan pisang sebelum tidur

Ilustrasi pisang (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Pisang merupakan salah satu buah yang sangat populer di masyarakat. Daging buahnya yang lembut dan rasanya manis membuatnya banyak disukai orang dan memiliki banyak manfaat. Tak hanya di siang hari, ternyata ada manfaat makan pisang sebelum tidur yang jarang diketahui.

Pisang umumnya dikonsumsi setiap hari oleh warga Indoensia sebagai camilan. Buah berkulit kuning ini sangat mudah ditemukan dan harganya yang terjangkau. Buah satu ini juga menyimpan vitamin B6, C, magnesium, potassium, dan serat.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat makan pisang sebelum tidur. Mengonsumsi buah ini sebelum digadang-gadang mampu membantu meningkatkan kualitas tidur. Lantas, apa saja manfaat makan pisang sebelum tidur?

Baca juga: 7 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan dan Kulit

Berikut beberapa manfaat makan pisang sebelum tidur yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Tidur lebih nyenyak

Manfaat makan pisang sebelum tidur yang pertama yaitu tidur menjadi lebih nyenyak. Pisang memiliki vitamin B6 yang dapat berperan mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin. Serotonin adalah hormon yang mengatur emosi, seperti mengurangi kecemasan dan depresi.

Kandungan tersebut juga dapat mengatur waktu bangun secara alami pada tubuh. Pasalnya, tanpa adanya sel hormon melatonin menyebabkan Anda sulit tertidur. Cobalah makan pisang sebelum tidur guna meningkatkan kualitas tidur yang baik.

2. Mengurangi kram otot

Kram otot di beberapa kasus kerap mengganggu ketika tidur. Penyebab kram otot yakni kurangnya kalium di dalam tubuh dan umum terjadi pada ibu hamil. Agar terhindar dari kondisi tersebut, ada dapat memakan pisang sebelum istirahat malam.

Manfaat makan pisang sebelum tidur ini berasal dari kandungan potasium yang dapat mengendurkan otot sehingga mampu mengurangi kram otot. Potasium sering dihubungkan dengan kalium. Pasalnya, rendahnya kalium dapat memengaruhi natrium dan elektrolit pada tubuh.

Konsumsilah buah pisang di malam hari guna membantu tidur lebih nyaman karena dapat bekerja sebagai relaksan otot.

3. Mencegah insomnia

Manfaat makan pisang sebelum tidur berikutnya yaitiu mencegah insomnia. Kandungan mineral pada pisang dapat menjaga kadar asam Gamma-Aminobytric (GABA) dalam membantu tidur lebih nyenyak. Mineral yang dimaksud adalah magnesium.

GABA merupakan neurotransmitter yang merangsang tidur dengan cara menenagkan tubuh dan memperlambat gelombang otak. Oleh sebab itu, Anda bisa mempertimbangkan makan pisang saat hendak tidur karena GABA tersebut dinilai bisa mencegah insomnia atau gangguan tidur lainnya.

Baca juga: Susu Pisang menawarkan Pilihan Non-alergi bagi yang Sensitif pada Produk Susu

4. Mengurangi kecemasan dan stres sebelum tidur

Selain mencegah insomnia, manfaat makan pisang sebelum tidur lainnya yaitu mengurangi stres dan kecemasan. Pisang dapat membuat tubuh lebih rileks dan melepaskan stres sebelum tidur berkat kandungan magnesium yang dimilikinya.

Mineral ini dapat mengendalikan kelenjar adrenal dan hipofisis di bagian otak dengan memengaruhi hipotalamus. Hipofisis dan adrenal adalah dua kelenjar yang bertanggung jawan terhadap stres. Selain itu, mengonsumsi pisang pada malam hari juga bisa mengurangi gejala kecemasa ringan yang sering menyebabkan timbulnya gangguan tidur.

5. Mengurangi sindrom kaki gelisah

Terdapat beberapa gangguan tidur, salah satunya adalah sindrom kaki gelisah. Gangguan ini acap kali memicu pergerakan kaki berlebih dan menimbulkan sensasi kesemutan saat tubuh sedang tidur. Restless Legs Syndrome atau sindrom kaki gelisah dapat diatasi dengan mengonsumsi buah berwarna kuning ini.

Masih dari magnesium, kandungan tersebut dapat mengurangi gejala yang dihubungkan dengan sindrom kaki gelisah. Dilansir dari Mayo Clinic, magnesium bisa membantu mengatasi gangguan tidur pada penderita Restless Legs Syndrome.

Jika Anda mempunyai masalah tidur ini, Anda dapat mengambil manfaat makan pisang sebelum tidur untuk menjadi cara yang efektif agar tidur lebih nyenyak dengan mengurangi ketidaknyamanan yang dapat timbul.

6. Menjaga tekanan darah

Mengonsumsi pisang pada malam hari dipercaya dapat membantu meningkatkan kestabilan tekanan darah Anda ketika terlelap. Manfaat makan pisang sebelum tidur ini didapat dari kandungan potassium yang dapat membantu tekanan darah menjadi normal.

Selain itu, kalium pada pisang juga dapat berfungsi menyeimbangkan efek berbahaya natrium dalam tubuh. Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi disarankan mengonsumsi pisang untuk membantu menurunkannya.***

Baca juga: Bukan Sekadar untuk Pembungkus Makanan, Daun Pisang pun Berkhasiat

You may also like