Connect with us

Kesehatan

9 Manfaat Kuning Telur bagi Kesehatan, Baik untuk Kesehatan Jantung

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat kuning telur

Ilustrasi telur (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Telur merupakan salah satu makanan sehari-hari yang banyak dikonsumsi. Tak hanya murah dan mudah diolah, telur juga menyimpan banyak nutrisi sehingga menyehatkan tubuh. Namun, bagaimana ketika hanya mengonsumsi kuning saja? Apakah ada manfaat kuning telur bagi kesehatan?

Meski telur dikenal mudah diolah dan lezat, tak sedikit orang yang tidak menyukai kuning telur. Padahal pada satu butir telur mengandung 72 kalori. 17 kalori ada dalam putih telur dan 55 kalorinya tersimpan dalam kuning telur.

Kuning telur juga mengandung sekitar 180-200 miligram kolesterol dan 6 miligram lemak sehingga dihindari banyak orang. Selain itu, kuning telur juga mengandung vitamin A, B1, B2, D, protein, serat, kalsium, zat besi, fosfor, dan lainnya. Berkat kandungan tersebut, tak heran jika manfaat kuning telur bagi kesehatan cukup beragam.

Baca juga: 7 Manfaat Telur Angsa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Berikut beberapa manfaat kuning telur bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari alodokter dan hellosehat.

1. Membantu membentuk otot

Manfaat kuning telur bagi kesehatan yang pertama yaitu membantu membentuk otot. Kuning telur merupakan makanan yang kaya akan protein sehingga berpotensi membentuk otot. Protein pada kuning telur termasuk protein kualitas tinggi sebab hampir mempunyai seluruh asam amino.

Advertisement

Sudah diketahui, asam amino akan membantu menambah massa otot. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa memperkuat tulang dan menyehatkan tubuh.

2. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Masih dari kandungan protein di dalamnya, hal tersebut membuat kuning telur dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Manfaat kuning telur dari protein ini juga mampu memperkuat daya tahan tubuh dan menunjang tumbuh kembang yang optimal pada anak.

3. Baik untuk mata

manfaat kuning telur

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Manfaat kuning telur berikutnya yaitu menyehatkan mata. Kuning telur juga mempunyai antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Antioksidan yang dimaksud adalah lutein dan zeaxanthin. Kandungan tersebut bisa melindungi retina mata dari kerusakan seiring bertambahnya usia.

Tak hanya itu, mengonsumsi kuning telur secara teratur juga mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula yang bisa menyebabkan kebutaan.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Selain menyehatkan mata, manfaat kuning telur juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Kuning telur yang dikonsumsi memang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Perlu diketahui, terdapat dua jenis kolesterol jahat, yakni partikel besar dan partikel kecil.

Menurut sebuah penelitian, makan kuning telur bisa memperbesar partikel LDL. Sebab, LDL partikel besar tidak membahayakan organ jantung seperti LDL partikel kecil.

Advertisement

Baca juga: 8 Manfaat Telur Bebek bagi Kesehatan, Dapat Menyehatkan Organ Reproduksi

5. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Telur seringkali dianggap sebagai sumber alami vitamin D. Kandungan tersebut berasal dari kuning telur dan dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan otot, gigi, tulang, dan membantu penyerapan kalsium. Dengan begitu, vitamin D-nya mampu memperkuat dan menyehatkan tulang dan gigi.

6. Meningkatkan kadar kolesterol baik

manfaat kuning telur

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Sebagai informasi, di dunia ini terdapat dua jenis kolesterol, yaitu koletserol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kuning telur, baik dalam keadaan dimasak maupun mentah, penuh dengan kedua jenis kolesterol ini.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi telur mengalami peningkatkan kolestertol (HDL) yang bermanfaat bagi jantung.

7. Kurangi risiko catat saraf

Kandungan kolin dam folat pada kuning telur ternyata memiliki peran penting untuk menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin dan memastikan otak janin dapat berkembang dengan baik. Perpaduan keduanya dalam beberapa penelitan juga mampu mengurangi kekambuhan gejala asma.

8. Berpotensi menurunkan berat badan

Salah satu manfaat kuning telur yang sayang dilewatkan adalah berpotensi menurunkan berat badan. Berbicara tentang manfaat ini memang terdengar agak aneh mengingat lemak pada kuning telur cukup tinggi.

Akan tetapi, protein yang tinggi inir bisa memberikan rasa kenyang sehingga akan mengurangi keinginan makanan lebih banyak. Di samping itu, kandungan lemaknya mampu menjadi cadangan energi ketika tubuh telah kehabisan gula sebagai sumber energi utama jika dikonsumsi dengan wajar.

Advertisement

9. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat kuning telur yang terakhir adalah menjaga kesehatan rambut. Anda sudah pernah sebelumnya bahwa kuning telur kerap dijadikan masker rambut. Cobalah menggunakan masker rambut ini berkhasiat memberi nutrisi pada rambut, melembapkan rambut yang kering, menguatkan rambut, hingga mengurangi kerontokan.***

Baca juga: 7 Manfaat Telur Puyuh, Dapat Mengatasi Alergi

Lanjutkan Membaca