Connect with us

Kesehatan

6 Manfaat Kulit Mangga bagi Kesehatan, Begini Cara Mengolahnya!

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat kulit mangga

Ilustrasi buah mangga (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis dan menjadi favorit banyak orang. Saat memakannya, Anda pasti akan membuang kulitnya dan tak pernah berpikir untuk memakan kulitnya. Padahal, ada sederet manfaat kulit mangga dan ternyata bisa dimakan.

Sama seperti dagingnya, kulit mangga juga menyimpan beragam nutrisi. Kulit mangga diketahui memiliki vitamin C, E, serat, serta senyawa tumbuhan seperti polifenol dan karotenoid. Bahkan kulit buah satu ini menyimpan efek antioksidan dan potensi antikanker yang mengesankan.

Berkat kandungan tersebut, tentu ada beragam manfaat kulit mangga bagi kesehatan tubuh. Meski boleh dimanfaatkan, pahami risiko mengonsumsi kulit mangga, serta pastikan diolah dan disajikan dengan cara yang tepat.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan, Bisa Meredakan Sembelit Hingga Cegah Kanker

Berikut beberapa manfaat kulit mangga untuk kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan risiko kanker

manfaat kulit mangga

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Manfaat kulit mangga yang pertama yaitu menurunkan risiko kanker. Mengonsumsi kulit mangga secara rutin konon bisa menurunkan risiko kanker paru, kanker usus, kanker otak, dan kanker sumsum tulang belakang.

Hal ini berkat banyaknya antioksidan, seperti mangiferin, norathyriol, dan resveratrol yang dimiliki kulit mangga. Sebuah studi uji tabung dalam jurnal Food Chemistry  melaporkan, ekstrak kulit mangga menawarkan efek antioksidan dan antikanker yang lebih kuat dibandingkan ekstrak dagingnya.

Advertisement

2. Turunkan risiko penyakit jantung

Seseorang yang rutin mengonsumsi vitamin C, serat, polifenol, dan karotenoid dilaporkan memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita penyakit jantung, beberapa jenis kanker, hingga penurunan kemampuan kognitif. Kandungan tersebut bisa ditemukan pada kulit mangga.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menyebut, partisipan yang menjalankan diet tinggi serat memiliki 40% risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

3. Antidiabetes

manfaat kulit mangga

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Manfaat kulit mangga berikutnya yaitu antidiabates atau mampu menurunkan risiko diabetes. Kemampuan tersebut berasal dari triterpene dan triterpenoid yang cukup tinggi berpotensi memiliki kemampuan antikanker dan antidiabetes.

4. Jaga kesehatan otak

Siapa sangka, ternyata manfaat kulit mangga bisa menjaga kesehatan otak. Vitamin B6 pada kulit mangga diklaim bisa menjaga kesehatan otak. Sudah dijelaskan juga sebelumnya bahwa kandungan pada kulit mangga bantu cegah penurunan kemampuan kognitif di otak.

Mengingat otak merupakan salah satu organ paling penting dan berfungsi sebagai pusat kontrol seluruh tubuh, sebaiknya konsumsi kulit mangga sesering mungkin.

5. Bantu turunkan berat badan

manfaat kulit mangga

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Jika ingin menurunkan berat badan, cobalah mengambil manfaat dari kulit mangga. Konsumsi kulit mangga diyakini bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: 9 Manfaat Mangga Muda bagi Ibu Hamil

Kandugan serat dalam kulit mangga juga akan membantu melancarkan sistem pencernaan agar sisa makanan tidak tertimbun lama di tubuh dan menyebabkan menjadi gemuk. Kendati demikian, imbangi metode ini dengan tetap menjaga pola makan sehari-hari.

Advertisement

6. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kulit mangga menyimpan serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Ketika seseorang rutin mengonsumsi serat, maka risiko penyakit-penyakit saluran pencernaan, seperti divertikulitis bisa ditekan. Bahkan, kulit mangga diklaim dapat menurunkan 40% risiko terkena penyakit tersebut.

Risiko mengonsumsi kulit mangga

manfaat kulit mangga

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Meski ada manfaatnya, tentu ada juga risiko yang bisa terjadi setelah mengonsumsi kulit mangga, sebagai berikut:

  • Reaksi alergi

Perlu dicatat, kulit mangga mengandung urushiol, yakni zat organik yang juga ditemukan pada tumbuhan ivy dan oak, yaitu tumbuhan sejenis semak. Urushiol bisa menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang, seperti bengkak dan ruam yang sangat gatal pada kulit.

  • Keracunan sisa pestisida

Supaya mangga dapat tumbuh dengan baik, pestisida disemprotkan pada buah untuk mencegah serangan hama dan bakteri. Tak terkecuali pada mangga, pestisida bisa saja masih terpapar dibagian kulitnya. Makanya risiko mengonsumsi kulit mangga adalah keracunan pestisida yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan

Cara mengonsumsi kulit mangga

manfaat kulit mangga

Ilustrasi jus mangga (Foto: Istimewa)

Setelah mengetahui beragam manfaat kulit mangga, banyak yang ternyata tentang bagaimana cara mengonsumsinya. Nutrisinya didalamnya sangat beragam sehingga mampu memelihara kesehatan dan mencegah penyakit.

Anda bisa mencoba memamaknnya secara langsung atau memakannya dengan cara memotong buah tanpa mengupas kulitnya. Mengolah jus mangga beserta kulitnya juga bisa dipiluh supaya tak perlu repot mengunyahnya.

Selain itu, Anda juga bisa merebusnya dan meminum air rebusan tersebut secara rutin untuk mendapatkan manfaat kulit mangga supaya tubuh lebih sehat dan bugar.***

Baca juga: 10 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement