Connect with us

Kesehatan

5 Manfaat Ikan Makarel, Baik untuk Si Kecil

Avatar

Diterbitkan

pada

Manfaat Ikan Makarel

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Anda mungkin pernah memasak ikan makarel untuk santapan keluarga. Namun, saat memakannya apakah anda mengetahui manfaat ikan makarel? Ikan yang hidup di laut ini pada dasarnya memang sehat dan bergizi untuk tubuh.

Ikan makarel merupakan salah satu dari banyaknya jenis ikan yang hidup di laut dengan iklim sedang dan tropis. Bagian dari tubuh ikan makarel memanjang dan bagian pangkal ekor ramping, sedangkan ekornya bercabang.

Ikan makarel dikenal sebagai jenis ikan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Itu sebabnya, konsumsi ikan makarel secara teratur dinilai baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 8 Manfaat Ikan Gurame bagi Kesehatan, Salah Satunya Bantu Perkembangan Otak

Berikut beberapa manfaat ikan makarel yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber

1. Kaya Kandungan Omega-3

Manfaat ikan makarel yang pertama adalah kaya kandungan omega-3. Asam lemak omega-3 memiliki fungsi yang baik untuk tubuh jika asupannya optimal. Hal ini karena asam omega-3 memiliki fungsi anti peradangan serta mengoptimalkan sistem kardiovaskular tubuh.

Advertisement

Secara tidak langsung, anda dapat menurunkan risiko serangan penyakit kardiovaskular di kemudian hari jika rutin mengonsumsi omega-3. Bahkan untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan, asam lemak omega-3 sangat penting mendukung perkembangan fungsi tubuh dan otak yang optimal.

2. Banyak Terdapat Vitamin B12

Manfaat ikan makarel yang kedua adalah banyak terdapat vitamin B12. Tahukah anda jika vitamin B12 sangat dibutuhkan oleh tubuh? Sebab, jika asupan vitamin B12 kurang, tubuh berisiko mengalami anemia dan kerusakan sistem saraf.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan beberapa gejala, seperti:

  • Tubuh lemas
  • Susah berpikir
  • Susah berjalan
  • Lidah membengkak

Perlu anda pahami bahwa vitamin B12 tidak terdapat pada sumber makanan nabati dan tumbuh-tumbuhan, seperti sayur dan buah. Jika ingin memastikan kebutuhan vitamin B12 terpenuhi, sebaiknya berikan sumber makanan hewani seperti:

  • Daging ikan
  • Telur
  • Daging ayam
  • Produk susu

3. Mencegah Penyakit Kardiometabolik

Manfaat ikan makarel yang ketiga adalah mencegah penyakit kardiometabolik. Kardiometabolik adalah sekelompok penyakit yang dapat mengakibatkan disfungsi organ dan rata-rata dialami oleh usia muda.

Baca juga: Banyak Makan Ikan Berkolerasi bagi Kesehatan Otak

Contoh penyakit kardiometabolik seperti:

  • Obesitas
  • Gagal ginjal
  • Hipertensi

Mengonsumsi ikan berlemak termasuk ikan makarel, bukan hanya memberikan manfaat untuk orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Ikan berlemak dapat meningkatkan perkembangan dan kesehatan tubuh anak-anak.

4. Kaya Protein

Manfaat ikan makarel yang keempat adalah kaya protein. Asupan protein yang optimal berperan penting untuk memelihara dan mengganti jaringan tubuh yang rusak. Bahkan, sumber protein dalam ikan makarel termasuk lengkap karena ada 9 asam amino esensial.

Advertisement

Terdapat 19 gram protein dalam 10 gram ikan makarel. Jika dimakan lebih dari itu, protein yang diterima tubuh juga bisa lebih banyak. Ikan makarel kaya asam emak omega-3, mengandung DHA dan EPA dan masih juga dilengkapi protein dan lemak sehat.

5. Menjaga kesehatan Jantung

Manfaat ikan makarel yang terakhir adalah menjaga kesehatan jantung. Asupan asam lemak omega-3 yang rutin juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.  Hal ini karena asam lemak omega-3 diduga bisa menurunkan kadar trigliserida tubuh tanpa meningkatkan kolesterol yang lain.

Itu sebabnya, suplemen minyak ikan yang berasal dari ikan banyak dikonsumsi untuk mencegah sekaligus menjadi perawatan bila seseorang mengalami penyakit jantung.

Namun, tidak ada salahnya juga anda untuk makan ikan secara langsung untuk mendapatkan manfaat dari asam lemak omega-3, DHA, EPA.*** (Hana Chaniago)

Baca juga: 6 Manfaat Ikan Sarden, dapat Meningkatkan Kolesterol Baik

Advertisement
Lanjutkan Membaca