Home LifestyleKesehatan Menakjubkan, ini 8 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh

Menakjubkan, ini 8 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh

oleh Farhan Zuhdi
    manfaat biji selasihIlustrasi biji selasih (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Mendengar biji selasih mungkin lebih akrab dengan salah satu campuran dalam minuman dingin pada sirup, es buah, dan es teller. Tak hanya menjadi sekedar topping, ternyata ada beragam manfaat biji selasih yang baik bagi kesehatan tubuh.

Banyak orang yang mengira biji selasih dan chia seed sama. Meski sebenarnya kedua jenis biji-bijian tersebut berbeda tetapi kandungan keduanya mirip, yakni kaya akan kandungan serat, asam lemak omega 3, protein, mineral, serta antioksidan penting.

Tak heran jika biji selasih disebut-sebut sebagai alternatif pengganti chia seed. Perbedaan keduanya berada pada ukurannya, biji selasih lebih besar dan mengembang daripada chia seed saat tersentuh air.

Dengan beragam kandungan tersebut, sayang apabila kamu tidak mengambil manfaat biji selasih. Bahkan, biji selasih sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurvedia.

Baca juga: 6 Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat biji selasih bagi kesehatan yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat biji selasih yang pertama yaitu berpotensi membantu menurunkan kolesterol. Menurut sebuah studi, biji selasih mempunyai kandungan serat larut yang dinilai membantu dalam mengikat kolesterol.

Dengan begitu, biji selasih berpotensi menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah, sehingga bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

2. Menjaga kesehatan tulang

Jika kamu hendak menjaga kesehatan tulang, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan biji selasih. Manfaat biji selasih ini berasal dari kandungan kalium, kalsium, tembaga, mangan, zat besi, dan magnesium.

Beragam kandungan mineral ini mempunyai peran penting dalam membantu menjaga kesehatan tulang. Mencukupi kebutuhan kalisum dan mineral perlu diperhatikan guna memelihara tulang, mendukung struktur tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat biji selasih berikutnya yaitu menjaga kesehatan pencernaan. Biji selasih memiliki serat larut yang disebut pektin, yang bersifat prebiotik. Pasalnya, jenis serat tersebut sangat baik dalam mengoptimalkan fungsi pencernaan dan sangat sehat untuk usus.

Di samping itu, kandungan serat larut ini juga membantu menghentikan peradangan karena sifat anti-peradangan yang ada di dalamnya. Untuk membantu dalam menjaga fungsi pencernaan dan usus, kamu bisa mengonsumsi biji selasih secara rutin.

4. Membantu kenyang lebih lama

Selain menjaga kesehatan pencernaan, manfaat biji selasih juga dapat membantu seseorang kenyang lebih lama. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biji selasih kaya akan serat larut yang disebut pektin.

Zat pektin pada biji selasih dinilai dapat menunda pengosongan lambung dan meningkatkan kadar hormon sehinga mampu meningkatkan rasa kenyang. Meski begitu, manfaat biji selasih ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut dalam menurunkan berat badan.

Baca juga: 9 Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan, Dapat Dijadikan Kontrasepsi Alami

5. Meredakan stres

Siapa sangka, mengonsumsi biji selasih dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Ini berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya, bahkan biji selasih bisa membantu dalam mengurangi episode depresi.

Untuk merasakannya, minum segelas air yang sudah dicampur biji ini untuk membantu meredakan rasa stres dan cemas secara rutin.

6. Menurunkan stres oksidatif

Kandungan antioksidan yang dimiliki biji satu ini dipercaya bisa mengatasi stres oksidatif. Pasalnya, radikal bebas di dalam tubuh yang tinggi dapat memicu stres oksidatif dan dapat memengaruhi metabolisme.

7. Mengatasi jerawat

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, manfaat biji selasih ternyata dapat membantu mengatasi jerawat. Biji selasih dianggap sebagai salah satu bahan alami yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit ini karena kaya akan antioksidan.

Senyawa tersebut mampu menangkal radikal bebas yang merusak kulit sehingga berkhasiat dalam membasmi jerawat.

8. Menyuburkan rambut

Manfaat biji selasih yang terakhir adalah dapat menyuburkan rambut. Biji selasih memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Disamping itu, senyawa antioksidan pada biji selasih dapat mencegah peradangan yang menjadi penyebab utama dari kerontokan rambut. Jika kamu mempunyai masalah rambut rontok, tak ada salahnya memanfaatkan biji selasih untuk mengatasi masalah tersebut.***

Baca juga: 9 Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan yang Tak Terduda dan Cara Mengolahnya

You may also like

Tinggalkan Komentar