Connect with us

Kesehatan

8 Makanan Sumber Protein Nabati, Tak hanya Tahu dan Tempe

Avatar

Diterbitkan

pada

makanan sumber protein nabati

Ilustrasi makanan yang mengandung protein (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Protein merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap harinya. Tak hanya berasal dari daging, sumber protein juga bisa didapatkan dari makanan nabati. Beberapa makanan sumber protein nabati bisa dikonsumsi untuk menyehatkan tubuh.

Kandungan protein nabati tersedia pada sejumlah tanaman seperti kacang-kacangan, kedelai misalnya. Olahan kedelai seperti tahu dan tempe termasuk ke dalam makan nabati yang kaya akan protein. Tak hanya murah dan mudah didapat, rasa makanan ini lezat dan sudah familiar sehingga menjadi favorit banyak orang.

Tak hanya tahu dan tempe, ada beragam makanan sumber protein nabati yang dikonsumsi sehari-hari guna mencukupi asupan protein di dalam tubuh. Makanan yang mengandung protein nabati juga bisa menjadi alternatif bagi vegan yang tidak mengonsumsi produk hewani.

Baca juga: 10 Makanan Penurun Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Wajib Tahu

Berikut beberapa makanan sumber protein nabati yang telah fakualid.com rangkum dari hellosehat dan halodoc.

1. Tahu dan tempe

Makanan sumber protein nabati yang pertama yaitu tahu dan tempe. Kedua makanan ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Keduanya merupakan olahan kedelai yang telah mengalami fermentasi, tapi tekstur tahu lebih lembut dibandingkan tempe.

Advertisement

Pada 100 gram tempe, terdapat 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat, 1,4 g serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi.

Sedangkan tahu, 8 gram protein, 9 persen zat besi, 37 mg magnesium, 121 mg fosfor, 0,2 tembaga, 9,9 mcg  selenium, dan sumber yang sangat baik dari kalsium (201 mg) dan mangan (0,6 mg). Dengan begitu, tempe dan tahu sangat cocok dijadikan makanan nabati tinggi protein.

2. Almond

Almond adalah kacang-kacangan yang dikenal sebagai makanan sumber protein nabati. Pada 100 gram almond panggang tanpa garam, terkandung 6,5 gram protein, 5,5 gram karbohidrat, 3,3 gram serat pangan, 8 persen kalsium, dan 7 persen zat besi.

Kacang satu ini juga bisa menjadi sumber vitam E untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, almond juga menyediakan hingga 61 persen dari asupan magnesium harian yang disarankan.

3. Edamme

Makanan sumber protein nabati berikutnya yaitu edamme atau kedelai Jepang. Dalam 100 gram edamame, ada sekitar 11,4 gram protein. Edamame juga memiliki kandungan karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, dan lipid yang baik untuk tubuh.

Advertisement

Umumnya, kedelai jepang ini dikonsumsi dengan cara di rebus atau ditumis bersama sayuran yang Anda sukai.

4. Bayam

Selain edamme, makanan sumber protein nabati jugs bisa didapatkan melalui bayam. Meski proteinnya tidak sebanyak kacang atau biji-bijian, nutrisi pada bayam juga cukup untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Diet VeganTidak Ada Salahnya Dikenalkan pada Anak-anak

Dalam 100 gram bayam rebus mengandung 2,4 gram serat pangan, 3 gram protein, 209% vitamin A, 16% vitamin C, 13% kalsium, dan 20% zat besi.

5. Brokoli

Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli dikenal sebagai sumber serat. Tak hanya serat, brokoli juga meniympan kadar protein yang cukup dan dikenal baik bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi brokoli, dipercaya bersifat anti kanker berkat senyawa sulforaphane.

Brokoli rebus sebanyak 100 gram, terdapat 2 gram protein, 40 mg kalsium, 67 mcg fosfor, 31% vitamin A, dan 108 mcg folat.

Advertisement

6. Kentang

Kentang biasanya dikenal sebagai makanan pengganti nasi karena kandungan karbohidrat yang dimilikinya. Selain itu, kentang ukuran sedang yang direbus sekitar 150 gram dengan kulit dan tanpa garam memiliki 4 gram protein. Tak ketinggalan kentang juga mengandung kalium sekitar 20 persen untuk mencukupi asupan harian.

7. Quinoa

Beralih ke biji-bijian, quiona adalah jenis biji-bijian yang sering disebut superfood karena melimpahnya kandungan gizi yang terkandung. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa biji-bijian ini sebagai protein sempurna.

Per 100 gram quinoa, meilputi 4 gram protein, 2,8 gram serat, 1,5 mg zat besi, 64 mcg magnesium, 0,6 mcg mangan, dan termasuk sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan, tetapi tidak dapat dihasilkan sendiri.

8. Alpukat

Makanan sumber protein nabati yang terakhir adalah alpukat. Buah berwana hijau ini terdapat berbagai nutrisi penting di dalamya, lemak, karbohidrat, serat, dan protein. Jika tidak ingin memakannya langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi jus namun usahakan tanpa gula tambahan. Pada 140 gram alpukat tanpa kulit dan biji, terkandung sekitar 3 gram protein.***

Baca juga: 6 Bahaya Mengonsumsi Makanan Tidak Halal, Tinggalkan!

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement