Home LifestyleKesehatan 7 Gejala Kanker Rahim yang Perlu Diwaspadai oleh Para Wanita

7 Gejala Kanker Rahim yang Perlu Diwaspadai oleh Para Wanita

oleh Farhan Zuhdi
gejala kanker rahim

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kanker rahim merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang kaum wanita. Meski faktor terjadinya kanker rahim belum diketahui secara pasti, namun terdapat tanda-tanda atau gejala kanker rahim yang sering dialami kaum hawa.

Uterus atau kanker rahim adalah jenis penyakit yang tumbuh di dalam lapisan rahim yang ditandai dengan pertumbuhan tumor ganas. Rahim sendiri merupakan organ kosong menyerupai buah pir yang berada diantara kandung kemih dan rektum untuk tempat tumbuhnya janin selama kehamilan.

Kanker ini akan memicu sel-sel kanker yang muncul membuat seorang wanita kehilangan rahim. Kanker ini memilki dua jenis, yakni, kanker endometrium atau sarkoma uterus.

Baca juga: 9 Makanan Pencegah Kanker yang Baik untuk Dikonsumsi

Dilaporkan, kebanyakan wanita mengalami kanker rahim dengan jenis endometrium atau tumor yang berkembang di jaringan lapisan rahim. Sedangkan sarkoma uterus berkembang di otot atau jaringan lain dari usus, meskipun jarang terjadi.

Lantas, apa saja gejala kanker rahim yang sering muncul?

Berikut beberapa gejala kanker rahim yang telah faktualid.com rangkum dari doktersehat dan sumber lainnya.

1. Perdarahan atau bercak abnormal

Gejala kanker rahim yang pertama yaitu pendarahan atau keputihan tidak normal. Sebuah survei melaporkan, sekitar 85-90 persen wanita yang mengidap kanker endometrium dan uterus sarkoma mengalami perdarahan dikemaluan.

Haid yang tidak teratur atau perdarahan setelah menopause sering dialami oleh penderita kanker ini. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan pendarahan yang tidak teratur sedini mungkin.

2. Keputihan

Wanita yang mengalami keputihan bisa menjadi salah satu tanda atau gejala mengalami kanker rahim. Namun tidak semua keputihan menjadi gejala kanker rahim. Keputihan yang berlebihan dan terkadang berbau cenderung menandakan infeksi, baik non kanker maupun kanker.

Meski sering dianggap kondisi biasa namun tidak boleh disepelekan. Segera periksakan ke dokter apabila mengeluarkan cairan yang abnormal dari vagina.

3. Nyeri panggul

Gejala kanker rahim berikutnya yaitu nyeri panggul. Wanita yang mengalami nyeri panggung umumnya merasakan sakit di perut bagian bawah pusar yang muncul-hilang atau terjadi secara berkelanjtuan. Wanita dengan gejala ini bisa menandakan seorang wanita mengidap kanker sarkoma uterus.

4. Nyeri ketika buang air kecil

Timbulnya nyeri saat buang air kecil bisa menjadi salah satu gejala kanker rahim. Gejala ini mungkin terjadi akibat pertumbuhan massa tumor rahim yang menekan saluran dan kantong kemih. Meski jarang terjadi, kondisi ini perlu diwaspadai.

Baca juga: Deteksi Dini Jadi Solusi Kanker Payudara

5. Nyeri saat berhubungan seksual

Gejala kanker rahim lainnya yaitu nyeri saat berhubungan intim. Umumnya, rasa sakit ini diiringi oleh pendarahan setalah hubungan seksual. Nyeri ketika berhubungan seksual ini juga bisa terjadi saat pengangkatan ovarium yang dapat menghentikan produksi hormon tersebut, yang menyebabkan alat kelamin wanita kering dan kencang.

6. Turunnya berat badan tanpa sebab

Penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa penyebab ternyata bisa menjadi gejala kanker rahim, khususnya pada jenis kanker endometrium. Tanda ini sering ditemukan pada penderita kanker stadium lanjut.

Perlu diperhatikan, jika tidak segera melakukan perawatan medis alias keterlambatan mendapatkan perawatan bisa memicu kanker berkembang semakin parah. Hasilya, bisa menurunkan kemungkinan pengobatan efektif.

7. Gejala lainnya

Selain gejala kanker rahim diatas, ada gejala kanker rahim lainnya yang mungkin terjadi, diantaranya:

  • Pendarahan konstan (menstruasi yang berkelanjutan).
  • Pembesaran rahim (dapat terdeteksi selama pemeriksaan panggul).
  • Menstruasi yang lebih berat dari biasanya.
  • Merasa kenyang setiap saat.
  • Lelah tanpa sebab yang jelas.
  • Nyeri punggung dan kaki.
  • Pembengkakan di kaki.
  • Sering buang air kecil.
  • Tidak nafsu makan.
  • Sakit di perut.

Itulah tanda-tanda atau gejala kanker rahim. Meski tanda-tanda diatas belum tentu menandakan mengidap kanker rahim, memeriksakan ke dokter pelu dilakukan untuk memastikan kanker tersebut.***

Baca juga: Belum Tentu Kanker, Benjolan Keras di Depan Leher Sulitkan Bernafas

You may also like