Connect with us

Kesehatan

Inilah 5 Efek Minum Kopi di Sore Hari, Ganggu Tidur Malam

Avatar

Diterbitkan

pada

Efek Minum Kopi di Sore Hari

Ilustrasi kopi (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kopi adalah salah satu minuman wajib bagi sebagian orang. Bahkan beberapa orang menyatakan dirinya tidak bisa hidup tanpa kopi. Tak hanya pagi, minum kopi di sore hari dianggap bisa nemanbah stamina. Namun, pahami ada sejumlah efek minum kopi di sore hari.

Kandungan kafein pada kopi dapat berperan dalam meningkatkan energi untuk beraktivitas. Sehingga membuat banyak orang mengawalai hari dengan minum secangkir kopi. Alasan serupah yang membuat banyak orang minum kopi di sore hari. Meski begitu, banyak yang tidak mengetahui efek minum kopi di sore hari.

Berikut beberapa efek minum kopi di sore hari yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Masalah tidur malam

Efek minum kopi di sore hari yang pertama yaitu masalah tidur malam. Masalah tidur ini memang bukan perkara mudah. Sebab, tekanan dan stres bisa menjadikan ritual memejamkan mata di malam hari hingga nyenyak menjadi tantangan tersendiri.

Baca juga: 7 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Tingkatkan Energi hingga Cegah Parkinson!

Seorang Direktur di Stanford University Sleep Disorders Clinic, Jed Black, MD., mengatakan, kafein tetap berada dalam sistem tubuh selama 12 jam. Ketika mengonsumsinya di atas jam lima sore, itu akan membuat Anda semakin sulit tidur.

Advertisement

2. Gelisah

Alasan beberapa orang minum kopi di sore hari adalah sebagai dorongan energi ketika sedang bekerja. Kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulan yang membuat seseorang merasa lebih terjaga dan waspada.

Namun jumlah kafein yang sama di sore hari mungkin membuat Anda gelisah. Merasa gelisah, gugup atau jantung berdebar-debar menjadi tanda bahwa Anda minum terlalu banyak kopi untuk tubuh.

3. Sering buang air kecil di malam hari

Efek minum kopi di sore hari berikutnya yaitu sering buang air kecil di malam hari. Kebiasaan tersebut ternyata bisa menyebabkan Anda terbangun dari tidur untuk berlari ke kamar mandi. Sebab, kafein memiliki efek diuretik ringan, yang berarti dapat menyebabkan Anda buang air kecil lebih sering.

Hal ini bisa menggangu tidur dan mengganggu kinerja kognitif di siang hari, menurut sebuah studi September 2014 di Psychology and Aging.

Baca juga: Simak, Ini 5 Bahaya Minum Kopi Setelah Minum Obat

4. Menyabotase energi dan kesehatan

Minum kopi di sore hari juga dapat membuatmu berkeringat di malam hari. Keringat di malam hari sangatlah mengganggu apalagi sewaktu tidur. Terlebih lagi, jika Anda mengalami menopause, kafein dapat meningkatkan keparahan gejala keringat malam Anda.

Advertisement

Sebuah studi Februari 2015 di Menopause menemukan hubungan antara asupan kafein dan peningkatan keringat malam (dan hot flashes) pada orang menopause.Kopi dengan kopi kandungan kafein juga bisa membuat kualitas tidurmu lebih buruk. Efeknya dapat membuat kamu menjadi insomnia.

5. Picu lapar dan banyak makan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat memiliki efek penekan nafsu makan, terutama bila dikonsumsi 30 menit hingga 4 jam sebelum makan.

Namun masalahnya, jika minuman sore Anda menghambat rasa lapar Anda saat makan siang atau makan malam (dan mengurangi apa yang Anda makan pada makanan ini), Anda mungkin akan merasa lapar kemudian dan makan lebih banyak dari yang Anda inginkan.

Demikian pembahasan tentang efek minum kopi di sore hari. Jika ingin tidur nyenyak di malam hari, sebisa mungkin hindari minum kopi di sore hari.***

Baca juga: 5 Cara Bijak Minum Kopi Supaya Tidak Menggangu Kesehatan

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement