Connect with us

Kesehatan

Demiseksual dan Ciri-cirinya, Ketertarikan Seksual Karena Ikatan Emosi

Avatar

Diterbitkan

pada

demiseksual

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Umumnya, seseorang akan merasakan ketertarikan seksual dengan orang lain dari fisik lawan jenisnya. Namun berbeda dengan orang dengan demiseksual atau demisexual. Demiseksual merupakan orientasi seksual di mana seseorang baru akan merasakan ketertarikan seksual kepada orang lain setelah adanya ikatan emosional yang kuat dengan orang tersebut.

Melansir Healthline, Kata ‘demi’ dalam demiseksual memiliki arti ‘sebagian’. Ini berarti orientasi seksual ini berada di tengah-tengah aseksual dan alloseksual. Aseksual adalah kondisi seseorang tidak merasakan ketertarikan seksual, sedangkan alloseksual merujuk pada kondisi sebaliknya.

Orang dengan alloseksual akan merasa tertarik secara seksual kepada orang lain tanpa melihat kepada siapa mereka tertarik. Biasanya orang dengan orientasi ini jarang merasakan ketertarikan seksual atau hanya memiliki sedikit ketertarikan pada aktivitas seksual.

Seseorang yang memiliki orientasi seks demiseksual umumnya tidak bisa merasakan cinta pada pandangan pertama. Butuh waktu bagi mereka untuk bisa menjalin hubungan erat dengan seseorang. Setelah itu, mereka baru bisa merasakan adanya dorongan seksual terhadap orang tersebut.

Baca juga: Olahraga Ini Bisa Meningkatkan Gairah Seksual!

Uniknya, ikatan emosional tersebut tidak harus berupa perasaan cinta atau hubungan romantis layaknya pacaran, tetapi bisa juga dalam hubungan persahabatan.

Advertisement

Ciri-ciri demiseksual

Untuk mengetahuinya, ada tanda atau ciri-ciri demiseksual yang mudah dikenal, yakni

  1. Membutuhkan waktu untuk mengembangkan ketertarikan seksual
  2. Tidak tertarik pada one-night stand, tidak bergairah untuk membayangkan berhubungan seks dengan orang yang tidak dikenal dengan baik
  3. Tidak memiliki tipe secara spesifik
  4. Lebih suka menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan
  5. Hanya bisa merasakan ketertarikan seksual dengan seseorang yang dianggap dekat, seperti teman dekat, pacar, suami, atau istrinya.
  6. Tidak tertarik dengan artis, karena tidak mengenal atau merasakan ikatan emosional yang erat hanya dengan melihat fisiknya.
  7. Bisa menyukai teman, karena keintiman merupakan kunci dari ketertarikan seksual, seorang dengan orientasi seksual ini mungkin menyimpan ketertarikan secara seksual kepada teman baiknya.

Orientasi seks ini bisa dimiliki oleh setiap gender dan orientasi seks lainnya, baik heteroseksual, homoseksual, biseksual, maupun panseksual.

Bisakah demiseksual mengalami bentuk ketertarikan lain?

Mengutip Healthline, orang-orang demiseksual dapat mengalami bentuk-bentuk ketertarikan lainnya, sebagai berikut:

  • Daya tarik romantis: menginginkan hubungan romantis dengan seseorang
  • Daya tarik estetis: tertarik pada seseorang berdasarkan penampilannya
  • Ketertarikan sensual atau fisik: ingin menyentuh, memegang, atau memeluk seseorang
  • Daya tarik Platonis: ingin berteman dengan seseorang
  • Ketertarikan emosional: menginginkan hubungan emosional dengan seseorang.

Demikian penjelasan tentang demiseksual. Dengan mengetahuinya lebih banyak orientasi seksual, dapat membantu Anda mengenal diri sendiri maupun orang lain dengan lebih baik.***

Baca juga: 5 Jenis Penyimpangan Seksual, Apakah Kamu Sudah Tahu?

Lanjutkan Membaca
Advertisement