Connect with us

Kesehatan

7 Dampak Buruk Merokok di Ruangan Ber-AC, Tinggalkan Mulai Sekarang!

Avatar

Diterbitkan

pada

dampak buruk merokok di ruangan ber AC

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sudah diketahui bersama, merokok merupakan kegiatan yang sangat merugikan kesehatan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Hal tersebut bisa semakin parah jika merokok dilakuakn di dalam ruangan ber-AC. Sebab, terdapat beberapa dampak buruk merokok di ruangan ber AC yang mungkin belum diketahui.

Seseorang dilarang merokok di dalam ruangan dengan penyejuk udara atau AC yang menyala terkesan hanya menggangu kenyamanan. Akan tetapi, merokok diruangan ber-AC kerap memberikan kenikmatan tersendiri, terutama di kalangan anak muda.

Dibalik kenikmatan tersebut, ternyata ada sejumlah dampak buruk merokok di ruangan ber AC yang akan berpengaruh terhadap kondisi AC dan kesehatan orang-orang didalamnya. Itulah mengapa para perokok dihimbau untuk tidak merokok di dalamnya.

Baca juga: Ketahui 6 Mitos tentang penggunaan AC yang Keliru, Jangan Percaya!

Berikut beberapa dampak buruk merokok di ruangan ber AC yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menciptakan udara yang berbahaya

Dampak buruk merokok di ruangan ber AC yang pertama yaitu menciptakan udara yang berbahaya. Di dalam ruangan ber-AC, asap rokok akan menempel pada udara yang mengandung titik-titik embun.

Advertisement

Titik-titik embun tersebut nantinya menjadi udara kotor yang mengandung zat berbahaya, dan akan membawa pengaruh yang lebih besar. Udara yang telah terkontaminasi oleh asap rokok pada akhirnya akan dihirup kembali sehingga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya, khususnya pernapasan.

2. Menghasilkan bau tidak sedap dan menggangu pernapasan

dampak buruk merokok di ruangan ber AC

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Jika Anda merupakan perokok, penting rasanya untuk tidak merokok di ruangan ber-AC. Pasalnya, akan menimbulkan bau tak sedap di dalam ruangan dan udara. Tak hanya sampai disitu, dampak buruk merokok di ruangan ber AC juga berdampak mengganggu pernapasan akibat paparan asap rokok yang mengandung karbondioksida.

3. AC cepat kotor

Dampak buruk merokok di ruangan ber AC berikutnya yaitu AC jadi lebih cepat kotor. Asap rokok akan membawa zat-zat kimia masuk ke dalam perangkat AC sehingga perlahan akan berubah fungsinya, seperti terkena debu yang sudah menumpuk. Jika demikian, Anda perlu membersihkan lebih awal.

4. Mengubah warna badan komponen AC

dampak buruk merokok di ruangan ber AC

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain AC cepat kotor, dampak buruk merokok di ruangan ber AC juga bisa menyebabkan badan komponen indoor AC berubah warna. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dari rokok yang masuk dengan asap rokok menuju badan AC sehingga AC terlihat seperti sudah lama dan tidak terawat.

Baca juga: 5 Bahaya AC untuk Bayi Beserta Tips Aman Menggunakannya

Ini sama halnya dengan merokok yang bisa membuat gigi menjadi kekuningan. Jika komponen indoor AC kuning, nantinya akan sulit dibersihkan. Ditambah, pergantian warna tersebut lama kelamaan bisa mengakibatkan pengeroposan, karena zat nikotin yang terus menerus mengenai badan AC.

5. Asap rokok tidak bisa keluar

Ketika seseorang merokok di dalam ruangan dengan pendingin ruangan yang menyala, hal tersebut membuat asap rokok tidak bisa keluar karena ruangan selalu tertutup. Artinya, asap rokok hanya berputar di sekitar ruangan.

Efeknya, udara di ruangan itu tidak sehat dan berbahaya. Nantinya, orang-orang didalamnya menghirup udara yang sudah terkontaminasi zat berbahaya dari asap rokok.

Advertisement

6. Menghasilkan gas beracun

dampak buruk merokok di ruangan ber AC

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Salah satu dampak buruk merokok di ruangan ber AC adalah menghasilkan gas beracun. Untuk membuat sebuah ruangan dingin, hal tersebut tak lepas dari peran gas freon.

Saat Anda merokok, AC yang menyala bisa menimbulkan reaksi antara freon dengan suhu panas dari rokok. Alhasil, menghasilkan gas beracun. Hal tersebut memicu risiko keracunan pada orang di dalam ruangan dengan AC.

7. Menurunkan kinerja AC

Dampak buruk merokok di ruangan ber AC yang terakhir adalaj menurunkan kinerja AC itu sendiri. Ketika ada seseorang yang dikamar dengan kondisi AC menyala, itu akan membuat pendingin ruangan akan terpapar udara yang tercemar asap rokok sehingga fungsinya menurun. Kinerja AC tidak bisa normal seperti sediakala meskipun sudah dibersihkan secara rutin dan menyeluruh.***

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah, Mudah dan Ampuh

Lanjutkan Membaca