Home LifestyleKesehatan 7 Cara Merawat Wajah agar Wajah Sehat dan Cerah Berseri

7 Cara Merawat Wajah agar Wajah Sehat dan Cerah Berseri

oleh Farhan Zuhdi
cara merawat wajah

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga. Semua orang khususnya wanita, pasti menginginkan wajah yang ‘glowing’. Sebenarnya, cara merawat wajah mudah dilakukan. Namun, banyak yang belum memahainya dengan benar.

Perawatan wajah tentu sangat penting untuk menunjang penampilan. Melakukan perawatan bisa membantu mencegah masalah-masalah kulit yang umum terjadi, seperti jerawat, bintik hitam, dan tanda-tanda penuaan. Bahkan, bisa membuat awet muda.

Sebenarnya, cara merawat wajah yang paling mudah dilakukan adalah mencuci muka. Tak hanya itu, kamu perlu menerapakan prinsip penerapan wajah lainnya untuk membuat kulit sehat dan cerah.

Baca juga: 6 Cara Memutihkan Wajah Pria Menggunakan Bahan Alami

Berikut beberapa cara merawat wajah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mencuci muka secara rutin

Cara merawat wajah yang paling sederhana yaitu mencuci muka. Ketika beraktivitas seharian diluar rumah, tentu akan banyak kotoran yang menempel di wajah. Terlebih ketika kamu menggunakan riasan wajah perlu segera dibersihkan dengan micellar water.

Cuci muka dengan membilasnya menggunakan air hangat dan sabun pembersih wajah. Pijat sabun pembersih ke permukaan wajah untuk menghilangkan minyak dan kotoran. Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih berbahan lembut.

Lakukan setidaknya 2 kali sehari pada siang dan malam hari. Pastikan menggunakan sabun wajah yang sesuai jenis kulit wajah.

2. Gunakan pelembap

Menggunakan pelembap menjadi salah satu cara merawat wajah. Pastikan menggunakan jenis pelembap sesuai jenis kulit. Oleskan pelembap setalah mencuci muka. Pilihlah pelembap berbahan dasar air dan bebas dari kandunga minyak untuk kulit wajah berminyak.

Sementara, jika kulit wajah normal, gunakan pelembap berbahan dasar minyak dan hindari yang berbahan dasar alkohol. Pelembap wajah biasanya menggunakan bahan-bahan yang berguna untuk melembapkan kulit wajah secara alami dan mengembalikan tekstur, memperbaiki kerusakan sel-sel dan jaringan kulit, serta menjaga keseimbangan pH kulit.

3. Gunakan tabir surya

Cara merawat wajah berikutnya yaitu menggunakan tabir surya. Sunscreen atau tabir surya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Paparan sinar tersebut bisa menyebabkan memicu munculnya bintik atau flek pada wajah dan keriput serta perubahan warna kulit dan kanker kulit.

Ketika menggunakan tabir surya, disarankan menggunakan produk tabir surya dengan SPF 30 dan aplikasikan secara rutin. Oleskan pada kulit sekitar 20 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang hari dan ulangi setiap 2 jam sekali ketika sedang beraktivitas di luar ruangan.

4. Eksfoliasi kulit

Setalah melakukan cara merawat wajah tersebut, terapkan eksfoliasi kulit wajah atau mengelupas sel kulit mati untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa melakukannya satu minggu sekali agar wajah tampak lebih cerah dan berseri.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah, Yuk Dicoba!

Untuk melakukan eksfoliasi, kamu bisa menggunakannya dengan masker alami dari gula dan kopi. Caranya, kombinasikan kedua bahan tersebut dan gosokkan secara perlahan pada kulit wajah hingga sel-sel kulit mati terkelupas. Kemudian, bilas dengan air hangat.

5. Masker wajah

Cara merawat wajah selanjutnya adalah menggunakan masker wajah. Gunakan masker wajah setidaknya sekali dalam seminggu. Saat mengggunakannya, pilih masker wajah sesuai kondisi kulit. Agar lebih aman, memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menjadi masker wajah.

Terdapat beberapa masker wajah alami yang sering digunakan, seperti madu, telur, dan teh hijau dalam membantu membersihkan pori-pori kulit wajah dan mengecilkan ukurannya

6. Mengonsumsi makan sehat

Tak hanya dari luar, cara merawat wajah juga perlu dilakukan dari dalam dengan makan makanan sehat. Banyak makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, lemak sehat, dan protein.

Selain itu, beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3, vitamin E, dan antioksidan dinilai bagus untuk kulit. Ikan tersebut adalah ikan salmon, tenggiri, hingga ikan herring.

7. Berolahraga dan tidak merokok

Cara merawat wajah tak cukup melakukan hal tersebut, melainkan juga perlu dilakukan dengan olahraga secara rutin. Olahraga bisa menurunkan hormon stres yang memicu masalah kulit. Beberapa aktivitas fisik ringan bisa dilakukan, seperti bersepeda, jalan cepat, jogging.

Selain itu, tidak merokok merupakan kebiaaan yang mencegah kulit terlihat lebih tua yang bisa menyebabkan kerutan akibat gerakan wajah mengisap yang dilakukan terus-menerus.***

Baca juga: 6 Cara Memutihkan Wajah Pria Menggunakan Bahan Alami

You may also like

Tinggalkan Komentar