Connect with us

Kesehatan

6 Cara Menstimulasi Indra Penciuman Anak, Terapkan Sejak Anak dalam Masa Kandungan

Avatar

Diterbitkan

pada

cara menstimulasi indra penciuman anak

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu menjaga panca indra, tak terkecuali indra penciuman. Indra penciuman anak perlahan akan meningkat, mulai sejak masa kandungan hingga memasuki usia anak-anak. Agar indra tersebut terus berkembang, penting untuk mengetahui cara menstimulasi indra penciuman anak yang bertujuan menjadi lebih baik.

Kepekaan indra bayi dan anak-anak memang terbilang lebih kuat daripada orang dewawa. Pada dasarnya, bayi baru lahir akan mudah mengenali aroma ASI karena serupa dengan air ketuban.

Saat dirinya mulai dikenalkan dengan makanan padat, indra penciuman anak berperan dalam menentukan makanan yang ingin dicobanya. Jadi, tak heran jika anak suka membaui benda-benda atau makanan di sekitarnya sebagai cara dalam memahami lingkungannya.

Baca juga: Anak-anak Terpapar Covid-19, Sepekan Sembuh dan Tak Alami “Long” Covid

Mengingat penciuman berhubungan dengan rasa maupun ingatan, orang tua perlu membantu sang buah hati untuk menstimulasi penciumannya. Dengan menerapkan cara menstimulasi indra penciuman anak dengan baik, diharapakan akan meningkatkan tumbuh kembangnya.

Berikut beberapa cara menstimulasi indra penciuman anak yang telah faktualid.com lansir dari klikdokter.

Advertisement

1. Konsumsi aneka makanan ketika anak masih di dalam kandungan

Cara menstimulasi indra penciuman anak yang pertama yaitu mengonsumsi beragam jenis makanan ketika anak masih di dalam kandungan sang ibu. Seorang ibu sudah bisa melatih kepekaan penciuman dimulai dengan memperkenalkan berbagai jenis aroma dan rasa kepada janin melalui makanan.

Aneka jenis makanan yang dimaksud adalah makanan yang bersih dan bergizi. Seiring mencoba variasi makanan perlahan akan mengubah rasa dan aroma air ketuban yang dihirup dan ditelan oleh bayi ketika di dalam kandungan. Dengan begitu, anak lebih mudah mengenali banyak aroma ketika sudah lahir.

2. Lanjutkan kebiasaan konsumsi makanan variatif saat fase menyusui

Ketika sang buah hati sudah lahir, tetap konsisten mengonsumsi berbagai makanan saat fase menyusui. Cara menstimulasi indra penciuman anak ini perlu dilakukan karena makanan yang dikonsumsi dapat memberikan sedikit variasi pada rasa air susu ibu.

Menerapakan metode ini dinilai sebagai cara dalam melatih toleransi anak terhadap berbagai rasa baru. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bayi dari ibu yang makan berbagai jenis makanan saat menyusui, nantinya akan lebih mau menerima variasi rasa saat diperkenalkan dengan makanan.

Saat ingin memberikan ASI, biarkan dirinya mencari sendiri puting payudara apabila akan menyusu. Sebab, hidung perlahan akan mampu mengenali bau dari payudara ibunya.

Advertisement

3. Latih anak agar terbiasa dengan aroma orang tuanya

Cara menstimulasi indra penciuman anak berikutnya yaitu membiarkan anak terbiasa dengan aroma Anda terlebih dahulu. Hindari dahulu wewangian berlebih seperti parfum, bedak, deodoran. Pasalnya, itu bisa membuat anak bingung.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Trauma pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sebaiknya, lakukan bonding dengan cara memeluk anak skin-to-skin. Dengan cara ini, otomatis hormon oksitosin pada anak bekerja dan membuat keterkaitan antara anak dengan orang tuanya. Hasilnya, anak akan terbiasa dengan aroma tubuh ayah dan ibunya.

Seiring bertambahnya usia, Anda bisa memperkenalkan wewangian tersebut sebagai langkah dalam melatih indra penciuman anak.

4. Latih dengan makanan

Tak hanya membarikan anak terbiasa dengan aroma orang tua, cara menstimulasi indra penciuman anak juga perlu melatihnya menggunakan makanan. Cara ini bisa dilakukan saat anak sudah memasuki fase MPASI atau makanan pendamping ASI.

Mengenalkan berbagai jenis makan, akan membuat sang anak nantinya bisa memilih makan apa yang hendak dikonsumsi, semisal membirkan anak mengendus bau beragam jenis rempah-rempah. Jika diterapkan dengan baik, nantinya akan membentuk pola makan yang baik dikarenakan mengenalkan berbagai jenis aroma dan rasa pada anak.

Advertisement

5. Kenalkan dengan lingkungan sekitar

Membiasakan anak belajar mengenai aroma yang ada di sekitarnya juga bisa dilakukan untuk melatih indra penciuman anak. Perkenalkan aroma di lingkungan sekitar dimulai dari aroma sabun, sampo, dan mengenali berbagai aroma dari bunga-bunga di pekarangan rumah atau taman.

6. Ajak anak bertemu orang lain

Cara menstimulasi indra penciuman anak yang terakhir adalah ajak dirinya bertemu keluarga atau orang asing. Saat anak bertemu dengan orang lain, terkadang ia akan gelisah dan menangis. Sebab, anak bertemu dengan aroma yang asing untuk pertama kalinya.

Lama-kelamaan anak akan terbiasa dengan aroma orang tersebut. Jika gelisah, coba tenangkanlah menggunakan bahasa tubuh yang menunjukkan bahwa tidak ada yang perlu ditakuti.***

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Amandel Pada Anak Secara Alami

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement