Connect with us

Kesehatan

Perlu Diketahui, 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Avatar

Diterbitkan

pada

cara menjaga kesehatan mental

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUALidKesehatan mental merupakan suatu aspek penting dalam kehidupan. Untuk mendapatkan mental yang sehat, kamu perlu mengetahui kemampuan diri untuk mengelola perasaan untuk menghadapi kesulitan. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara menjaga kesehatan mental agar kamu dapat menjadi kehidupan sehari-sehari.

Kesehatan mental merupakan kesejahteraan yang menjangkau aspek emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Mempunyai fisik yang sehat belum tentu sehat. Seseorang dapat dikatakan sehat apabila mempunyai mental dan fisik yang sehat.

Mempunyai mental yang sehat, membuat seseorang dapat menangani stres serta dapat menyelesaikan persoalan yang timbul. Kesehatan mental yang baik juga dapat menjaga suasana hati kamu agar tetap positif. Dengan demikian, kualitas hidup secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Ada beberapa faktor yang bisa menyerang kesehatan mental seseorang, misalnya pengalaman hidup. Untuk kamu yang sering mengalami stres atau gangguan kecemasan, dapat melakukan beberapa cara menjaga kesehatan mental.

Baca juga: Beberapa Hal Tentang Psikopat yang Harus Anda ketahui

Berikut beberapa cara menjaga kesahatan mental yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Katakan hal positif pada diri sendiri

Cara menjaga kesehatan mental yang pertama yaitu dengan mengatakan hal positif pada diri sendiri. Seseorang yang mikirkan dirinya sendiri dapat menimbulkan efek yang kuat pada kejiwaannya.

Ketika seseorang menilai dirinya sendiri dan hidup secara positif, tentu akan merasakan hal yang positif. Sebaliknya, saat berpikir dan membiasakan diri dengan hal yang negatif, maka hasilnya pun akan membuat kamu pesimis.

2. Terbuka pada seseorang

Sebagai manusia, terkadang sulit melihat bagaimana seseorang memandang diri kita. Untuk itu, kamu perlu belajar terbuka pada orang lain agar kamu dapat berfikir positif dan semakin menganal diri sendiri.

Mencari tahu bahwa kamu dihargai oleh seseorang, khususnya orang terdapat, dapat membuat kamu bisa berfikir lebih positif daripada sebelumnya.

3. Berkomunikasi dengan orang lain

Dengan berkomunikasi dengan orang lain dapat dijadikan sebagai cara menjaga kesehatan mental. Menjalin hubungan baik dengan orang lain akan membuat perasaan kamu menjadi lebih baik. Kamu dapat berbicara dengan keluarga atau sahabat kamu mengenai emosi, perasaan dan pengalaman hidup.

Advertisement

Selain itu, menjalin komunikasi dengan baik terhadap seseorang dapat memberikan pengalaman baik, memberikan dukungan emosional, hingga bisa meningkatkan harga diri kamu. Maka dari itu, usahakan untuk tidak menutup diri dari orang-oranfg disekitar kamu.

4. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Seseorang dikatakan sehat apabila orang tersebut sehat mental dan fisiknya. Kamu perlu menjaga kesehatan fisik sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mental. Pasalnya, keadaan jiwa dan kondisi fisik tidak dapat dipisahlkan.

Baca juga: 9 Manfaat Pranayama, Teknik Olah Nafas Baik Untuk Fisik dan Mental

Maka dari itu, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi untuk menyehatakan otak. Kamu dapat memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur serta mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Nutrisi yang diperoleh dari makanan bergizi dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif

5. Olahraga

Selain menjaga kondisi fisik dengan mengonsumsi makanan bernutrsi, kamu perlu menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga. Dengan berolahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Dengan begitu, olahraga bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mental dan mengatasi depresi dengan ampuh.

Kamu dapat melakukan olahraga ringan yang dengan mudah dilakukan di rumah, seperti naik tangga, jalan kaki disekitar rumah, hingga jogging. Usahakan untuk melakukannya di luar ruangan.

Advertisement

Paparan sinar matahari akan membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan tingkat serotonin di otak.

6. Membantu orang lain

Cara menjaga kesehatan mental berikutnya yaitu dengan membantu orang lain. Dengan melakukan kegiatan positif ini membuat perasaan kamu lebih positif dan muncul rasa menghargai diri sendiri. Dengan membantu orang lain, kamu dapat memperkaya dan memperluas hidupmu serta membuat kamu terhubung dengan orang lain.

7. Tidur yang cukup

Cara menjaga kesehatan mental yang terkahir adalah dengan tidur yang cukup. Beberapa penelitian mempublikasikan bahwa orang yang kurang tidur mempunyai dampak buruk pada suasana hati. Dengan menjaga kualitas tidur dengan baik, dipercaya dapat memberi dampak positif pada suasana hati.

Mulai dari sekarang, cobalah atur pola tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.***

Baca juga: Kenali 7 Varian Depresi, Beserta Penyebabnya

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement