Home LifestyleKesehatan 7 Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami

7 Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami

oleh Farhan Zuhdi
cara mengobati sakit gigi

Ilustrasi sakit gigi (Foto: Istimewa)

FAKTUALidSakit gigi merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang sering dialami banyak orang. Rasa nyeri dan sakit pada gigi pasti sangat mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Jika sakit gigi melanda, penting untuk mengetahui cara mengobati sakit gigi untuk tahu peyebabnya.

Pada umumnya, sakit gigi disebabkan karena adanya gigi berlubang. Selain itu, ada juga beberapa penyebab gigi menjadi sakit, seperti penyakit gusi, infeksi, atau gangguan persendian rahang. Sakit gigi yang dialami seseorang terkadang membuatnya susah makan dan minun juga menimbulkan sakit di kepala.

Cara terbaik untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan pergi ke dokter gigi. Namun, terkadang biaya yang dikeluarkan untuk datang ke dokter tidaklah murah. Untuk mengatasinya, kamu dapat mencoba cara mengobati sakit gigi tradisional di rumah sebelum memustukan pergi ke dokter.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Berikut beberapa cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kumur dengan air garam

Cara mengobati sakit gigi yang pertama yaitu dengan berkumur dengan air garam. Untuk membantu meredakan peradangan sekaligus rasa sakit di gusi dan gigi dapat kamu lakukan dengan berkumur dengan air garam.

Untuk menggunakan cara mengobati sakit gigi ini, sebelumnya kamu dapat membersihkan sisa makanan pada gigi. Selanjutnya larutkan garam ke dalam air hangat lalu kumur selama 30 detik kemudian baru dibuang. Cara populer ini sudah sering dilakukan sejak dahulu.

2. Minyak Cengkeh

Selain garam, minyak cengkeh terbukti efektif untuk meredakan rasa sakit sebagai cara mengobati sakit gigi. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat mengurangi peradangan dan mengandung senyawa eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa meneteskan 1 minyak cengkeh ke dalam segelas air menjadi obat kumur.

3. Menggunakan bawang putih

Cara mengobati sakit gigi berikutnya yaitu dengan menggunakan bawang putih. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang satu ini juga mampu meredakan nyeri dan membunuh bakteri yang ada di gigi. Sejak dahulu bawang putih sudah dipercaya sebagai obat sakit gigi alami.

Untuk mendapat manfaatnya, kamu perlu menghaluskan satu siung bawang putih. Lalu oleskan pada bagian yang terasa sakit pada gigi. Tunggu beberapa saat  emudian kumur menggunakan air bersih.

4. Kompres menggunakan es batu

Kamu dapat meredakan sakit gigi di rumah dengan mengompres bagian pipi pada area yang sakit akibat sakit gigi dengan es batu. Sensasi dingin dapat mematikan saraf gigi yang terasa nyeri. Selain itu, cara mengobati sakit gigi satu ini juga dapat mengurangi perdarahan ke dalam jaringan gusi.

Baca juga: Kesehatan Gigi, Hilangkan Kebiasaan Hanya Mengunyah di Satu Sisi

Caranya mudah, kamu dapat mengambil handuk kecil dan membungkusnya dengan es batu. Kemudian tempelkan es yang sudah terbungkus pada bagian gigi yang terasa sakit. Diamkan selama 15 menit. Agar mendapat hasil maksimal, kamu dapat melakukannya tiga kali dalam sehari.

5. Menggunakan daun jambu

Selain bawang putih dan es batu, cara mengobati sakit gigi lainnya dengan menggunakan daun jambu. Hal tersebut tak lepas dari peran sifat analgesik atau pereda nyeri, antiradang, dan antimikroba yang ada pada daun jambu.

Untuk menggunakan cara mengobati sakit ini, kamu dapat mengunyah daun 1-2 lembar daun jambu secara langsung sampai sari arinya keluar. Setelahnya airnya sudah keluar, oles menggunakan lidah pada area gigi yang sakit.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan dengan merebus sekitar lima daun jambu lalu diamkan hingga suhunya mulai hangat. Kemudia tambahkan sedikit garam dan kamu dapat berkumur dengan air rebusan tersebut.

6. Berkumur dengan cuka apel

Cara mengobati sakit gigi berikutnya yaitu dengan berkumur dengan cuka apel. Kandungan yang bersifat antibakteri dan antimikroba pada cuka apel dapat membunuh kuman yang menyebabkan nyeri pada gigi secara efektif

Untuk mengaplikasikannya, kamu pelru melarukan setenagah sendok teh cuka apel pada secangkir hangat. Lalu berkumur selama kurang lebih 30 detik.

7. Kantung teh peppermint

Cara mengobati sakit gigi yang terakhir yaitu dengan kantung teh peppermint. Tanaman satu ini diketahui memiliki kandungan menthol yang bersifat antibakteri yang dapat mematikan dan meredakan sakit gigi serta menenangkan gusi yang sensitif.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, letakan kantung teh ini ke dalam freezer selama 5 menit. Setelah dingin, kamu bisa menempelkannya ke area gigi yang sakit.***

Baca juga: 7 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Menggunakan Bahan Alami

You may also like

Tinggalkan Komentar