Connect with us

Kesehatan

7 Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa, Mudah dan Efektif!

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara mengatasi sembelit saat puasa

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Sembelit yang terjadi ketika puasa biasanya terkait kebiasaan makan, yang meliputi waktu makan dan porsi makan. Mengalami masalah pencernaan ketika puasa tentu sangat menyebalkan. Jika demikian, penting untuk mengetahui cara mengatasi sembelit saat puasa secara tepat.

Sembelit adalah masalah pencernaan yang sering dialami, termasuk ketika puasa, karena ada perubahan jadwal makan, pola makanan, dan pergerakan makanan di usus berproses lebih lama dari biasanya, sehingga feses menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan.

Penyebab sembelit saat puasa yang umum terjadi adalah kekurangan cairan. Ketika tubuh dehidrasi, sisa makanan sulit terbawa ke sistem pembuangan tubuh sehingga menyebabkan sembelit. Lantas, bagaimana cara mengatasi sembelit saat puasa?

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil, Pilih Cara Alami atau dengan Obat?

Berikut beberapa cara mengatasi sembelit saat puasa yang telah faktualid.com rangkum dari doktersehat dan klikdokter.

1. Penuhi asupan cairan

Cara mengatasi sembelit saat puasa

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara mengatasi sembelit saat puasa yang pertama yaitu mencukupi asupan cairan. Kurang minum air putih ternyata dapat memberikan dampak besar bagi kondisi tubuh, termasuk kelancaran pencernaan. Sudah disinggung sebelumnya, air akan melarutkan zat-zat makanan dan mengangkut sisa makanan ke dalam sistem pembuangan tubuh.

Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi asupan carian harian setidaknya 8 gelas per hari. Ketika berpuasa, terapkan metode 2-4-2, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

Advertisement

2. Perbanyak asupan serat

Pada saat berpuasa, tubuh yang lapar cenderung membuat Anda lapar mata sehingga semua jenis makanan sangat menggoda. Padahal, Anda perlu memperhatikannya agar guna mencegah sembelit. Untuk itu, Anda perlu memperbanyak asupan serat saat berbuka, khususnya ketika sahur.

Serat dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan, produk gandum, biji-bijian, atau, kurma untuk menyehatkan saluran pencernaan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sumber karbohidrat dengan kadar serat yang lebih tinggi seperti beras merah.

3. Hindari makanan berlemak dan manis berlebihan

Cara mengatasi sembelit saat puasa

Ilustrasi gorengan (Foto: Istimewa)

Cara mengatasi sembelit saat puasa berikutnya yaitu menghindari makanan berlemak dan manis berlebihan. Keduanya tentu sangat menggoda ketika hendak berbuka. Meski sangat menggugah selera, kontrol diri Anda untuk membatasi jenis makanan berlemak dan manis tersebut. Pastikan Anda mengimbanginya dengan asupan buah dan sayur yang cukup.

4. Konsumsi probiotik

Selian menghindari makanan berlemak dan manis berlebih, cara mengatasi sembelit saat puasa juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi probitok. Sudah diketahui bahwa probiotik dapat menyehatkan dan mengembalikan keseimbangan bakteri di dalam usus guna mengoptimalkan fungsi pencernaan.

Baca juga: Cara Minum Obat Tiga Kali Sehari Saat Puasa

Makanan sumber probitok diantaranya yoghurt, tempe, kefir, kimchi, dan lainnya. Tak sampai disitu, bakteri baik di usus akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh meningkat dan akhirnya membuat kita tidak mudah jatuh sakit di bulan Ramadhan.

5. Cegah perubahan pola makan

Cara mengatasi sembelit saat puasa

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Konstipasi atau diare dapat terjadi karena tubuh belum beradaptasi. Pasalnya, saat puasa akan terjadi perubahan pola makan secara mendadakan. Jadi, makanlah secara bertahap dalam porsi kecil saat berbuka namun sering, serta kunyah makanan hingga benar-benar halus sebelum ditelan.

Cara mengatasi sembelit saat puasa ini akan sangat membantu proses pencernaan dan mengurangi beban saluran pencernaan.

Advertisement

6. Jangan sembarangan minum kopi

Menurut sebagian orang, kopi dianggap mampu merangsang keinginan untuk buang air besar. Tapi sebagian lainnya, minum kopi justru bisa menyebabkan datangnya sembelit. Hal ini terjadi karena sifat diuretik dari kafein yang bisa membuat frekuensi buang air kecil meningkat sehingga menguras cairan tubuh.

Nantinya, ini bisa berdampak buruk pada pencernaan dan membuat kita lebih rentan mengalami sembelit dan haus saat berpuasa. Meski minum kopi diperbolehkan, tetapi jangan berlebihan karena meningkatkan asam lambung.

7. Tetap berolahraga

Cara mengatasi sembelit saat puasa

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara mengatasi sembelit saat puasa yang terakhir adalah tetap berolahraga. Puasa terkadang menjadi alasan seseorang untuk tidak berolahraga. Pada, olahraga dapat menyehatkan tubuh dan mencegah penyakit, salah satunya konstipasi atau sembelit.

Olahraga selama 15-30 menit per hari diketahui sangat baik untuk melancarkan saluran cerna sehingga Anda terhindar dari sembelit. Supaya tidak terasa berat, lakukan aktivitas ringan seperti jogging atau bersepda menjelang waktu berbuka agar tidak kelelahan.***

Baca juga: 8 Cara Mencegah Sembelit saat Liburan agar Tetap Nyaman

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement