Connect with us

Kesehatan

8 Cara Mengatasi Perut Kembung di Pagi Hari, Pahami Penyebabnya!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengatasi kembung di pagi hari

Ilustrasi perut kembung (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika ingin menjalani hari di waktu pagi, beberapa orang mengeluhkan perut yang kembung. Meski tidak berbahaya, perut kembung di pagi hari tentu dapat mengganggu aktivitas. Jika demikian, penting untuk mengetahui cara mengatasi perut kembung di pagi hari.

Kembung sendiri sebenarnya merupakan salah satu masalah pada pencernaan yang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. terutama setelah makan makanan tinggi gas. Tapi, kebanyakan orang lebih sering mengalaminya setiap pagi.

Faktor yang menyebabkan perut kembung sangat beragam, mulai dari makanan, pola makan, atau bisa juga menjadi gejala penyakit tertentu. Lantas, apa penyebab dan cara mengatasi perut kembung di pagi hari?

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Lari yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa cara mengatasi perut kembung di pagi hari yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Penyebab perut kembung

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi perut kembung di pagi hari, adakalanya mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan perut kembung, diantaranya

Advertisement

1. Kurang minum air putih

Supaya tubuh dapat berfungsi dengan baik, sangat penting untuk mencukupi asupan cairan. Ketika beraktivitas, tubuh dapat mengeluarkan cairan. Ketika asupan cairan tidak terpenuhi, maka keseimbangan tubuh. Hal itu membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Jika tubuh tidak cukup terhidrasi sepanjang hari, keesokan paginya Anda mungkin akan merasakan perut kembung.

2. Makan terlalu banyak

cara mengatasi kembung di pagi hari

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Makan terlalu banyak menjadi penyebab perut kembung yang paling umum, terutama di malam hari. Hal itu akan berdampak di pagi hari karena pencernaan sulit untuk mencerna makanan dalam jumlah besar, terlebih jika langsung tidur. Alhasil, di pagi hari Anda akan merasa begah dan kembung karena makanan yang belum dicerna dengan baik.

3. Makan larut malam

Tubuh manusia mempunyai jam biologis untuk menjalankan setiap fungsinya. Sistem pencernaan manusia tidak terlalu aktif saat Anda terlelap di malam hari. Ketika makan terlalu larut, proses pencernaan tidak akan berjalan dengan optimal.

Makanan yang tidak dicerna dengan sempurna lalu bertemu bakteri dan menghasilkan gas. Sebab pencernaan Anda sedang “beristirahat”, usus tidak dapat mengeluarkan seluruh kelebihan gas tersebut. Akibatnya, perut menjadi kembung setiap pagi. Jadi, cara mengatasi perut kembung di pagi hari adalah tidak makan ketika sudah larut malam.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Perut Kembung saat Hamil, Bumil Wajib Tahu!

4. Cemas dan stres

cara mengatasi kembung di pagi hari

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cemas dan stres bisa menjadi penyebab perut kembung. Hal ini bisa terjadi karena gangguan kecemasan ini akan menyebabkan ketidakstabilan hormon dalam tubuh sehingga memicu reaksi antara otak dan perut. Kemungkin inilah yang membuat stres atau kecemasan menyebabkan perut kembung setiap pagi.

Tanpa disadari, kecemasan tersebut membuat Anda kembung. Terkadang penyebab stres bisa juga disertai dengan diare yang muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.

Advertisement

5. Jarang olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kesehatan. Namun, banyak orang malas atau beralasan sibuk berolahraga. Tapi tahukah Anda bahwa jarang olahraga menjadi salah satu penyebab perut kembung di pagi hari.

Hal ini karena olahraga adalah bagian dari gaya hidup sehat yang dapat membantu mendorong penyerapan nutrisi dan hidrasi yang tepat. Meski olahraga tidak mengatasi masalah kembung, aktivitas ini dapat membantu berbagai sistem organ berfungsi dengan baik.

Cara mengatasi perut kembung di pagi hari

1. Ubah pola makan

cara mengatasi kembung di pagi hari

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara mengatasi perut kembung di pagi hari yang pertama yaitu mengubah pola makan. Kebiasaan makan yang salah bisa berdampak terhadap munculnya perut kembung.

Semisal, makan terlalu banyak kacang polong, sayuran silangan, dan kacang-kacangan bisa menyebabkan perut kembung di pagi hari, terutama jika mengonsumsinya pada malam harinya.

Oleh karena itu, hindari makan sebelum tidur untuk mencegah kondisi tersebut. Mulai sekarang, kurangi asupan natrium juga telah terbukti mengurangi perut kembung.

Baca juga: 7 Jenis Minuman Pembakar Lemak Perut yang Sehat dan Aman

2. Konsumsi probiotik

Perut kembung erat kaitannya dengan gas. Gas tersebut yang dihasilkan oleh bakteri di usus menjadi penyebab perut kembung. Terdapat banyak jenis bakteri yang bertempat tinggal di sana, dan mereka dapat bervariasi antar individu.

Advertisement

Beberapa studi klinis menunjukkan cara mengatasi perut kembung di pagi hari adalah dengan mengonsumsi suplemen probiotik tertentu membantu mengurangi produksi gas dan kembung pada orang dengan masalah pencernaan.

Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi gas, tetapi bukan gejala kembung. Kondisi ini tergantung pada individu, serta jenis strain probiotik yang digunakan.

3. Minum teh herbal

cara mengatasi kembung di pagi hari

Ilustrasi teh kamomil (Foto: Istimewa)

Cara mengatasi perut kembung di pagi hari berikutnya yaitu minum teh herbal. Sebagian orang diketahui lebih menyukai sesuatu herbal dibandingkan dengan medis. Untuk itu, perut kembung bisa diatasi dengan minum teh herbal.

Adapun jenis teh herbal yang mampu atasi perut kembung adalah air jahe, adas manis, adas pedas, kamomil, peppermintm, air ketumbar, hingga olahan jintan.

4. Olahraga

Olahraga secara teratur bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, sehingga mengurangi risiko perut kembung di pagi hari. Sebuah penelitian mengungkapkan, berjalan ringan selama 10 hingga 15 menit setelah makan bisa membantu mengurangi perut kembung kronis.

Jika terlalu sibuk, salah satu cara mengatasi perut kembung di pagi hari adalah olahraga kardio selama 5 menit. Kardio mampu meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal.

Advertisement

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Perut Panas Setelah Makan Pedas Secara Alami

Kondisi ini merangsang usus untuk berkontraksi secara alamiah. Otot usus yang berkontraksi secara efisien memperlancar pengeluaran makanan di usus dan membantu mengeluarkan gas penyebab perut kembung.

Cara mengatasi perut kembung di pagi hari lainnya

  1. Memijat perut saat perut terasa kembung.
  2. Makan dengan porsi yang lebih kecil.
  3. Membatasi konsumsi susu dan produk olahannya.
  4. Mengonsumsi suplemen enzim pencernaan

Demikian pembahasan mengenesai penyebab dan cara mengatasi perut kembung di pagi hari. Apabila keluhan ini sering muncul dan menggangu, segera datang ke dokter.***

Lanjutkan Membaca