Home LifestyleKesehatan 8 Jenis Buah Warna Merah yang Menyehatkan, Favorit kamu yang mana?

8 Jenis Buah Warna Merah yang Menyehatkan, Favorit kamu yang mana?

oleh Farhan Zuhdi
Buah warna merah yang menyehatkan

Ilustrasi buah delima (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Buah merupakan salah satu makanan yang baik bagi kesehatan. Mengonsumsi buah setiap hari bisa menunjang kesehatan. Buah memiliki aneka ragam jenis dan warna yang memiliki kandungan berbeda. Salah satunya buah warna merah yang menyehatkan dan segar.

Terdapat beragam buah berwarna merah, seperti stroberi, apel merah, dan tomat. Dilansir dari doktersehat, warna merah ini berasal dari senyawa fitonutrien yang sangat baik untuk kesehatan. Senyawa ini membantu memberikan perlindungan diri pada di dalam tubuh.

Buah warna merah yang menyehakan ini juga menjadi sumber nutrisi yang baik karena mengandung vitamin A, vitamin C, flavonoid, resveratrol, dan nutrisi lainnya. Selain sehat, buah-buahan ini juga sangat mudah ditemukan di supermarket ataupun pasar tradisional.

Baca juga: 7 Jenis Buah Penghilang Bau Mulut, Terbukti Ampuh dan Segar

Berikut beberapa jenis buah warna merah yang menyehatkan, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Stroberi

Buah warna merah yang menyehatkan

Ilustrasi buah stroberi (Foto: Istimewa)

Buah warna merah yang menyehatkan pertama yaitu stroberi. Buah ini terdapat banyak nutrisi, yakni vitamin, potassium, mangan, serat dan antioksidan. Buah yang memiliki rasa asam manis ini juga bebas natrium, bebas lemak, rendah kalori, dan bebas koleterol.

Selain mengonsumsinya secara langsung, banyak orang mengolahnya sebagai jus atau camilan sehat lainnya.

2. Apel merah

Buah warna merah yang menyehatkan

Ilustrasi buah apel merah (Foto: Istimewa)

Apel memiliki banyak jenis, salah satunya apel merah. Buah warna merah yang menyehatkan ini memiliki kandungan kalsium, kalium, magnesium, fosfor, serat, dan vitamin K. Bahkan, apel merah diduga lebih sehat ketimbang apel hijau.

Kandungan antosianin pada apel merah dikenal dapat berkontribusi untuk kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

3. Semangka

Buah warna merah yang menyehatkan berikutnya adalah semangka. Buah satu ini merupakan buah yang memiliki kadar air hingga 90 persen. Banyak orang mengonsumsi semangka sebagai camilan saat diet.

Tak hanya rasanya manis, semangka memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh. Kandungan tersebut diantaranya magnesium, tembaga, mangan, fosfor, dan mangan. Sama seperti apel merah, semangka diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah berkat senyawa likopen.

4. Ceri merah

Buah warna merah yang menyehatkan

Ilustrasi buah ceri merah (Foto: Istimewa)

Selain semangka, ceri merah juga merupakan buah warna merah yang menyehatkan. Buah yang sering dijadikan hiasan kue ini ternyata memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Ceri merah kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Ceri merah juga mengandung antioksidan, yakni antosianin yang menyehatkan tubuh dan mencegahnya dari berbagai penyakit serta mencegah penuaan dini dan keriput.

Baca juga: Cara Terbaik Makan Buah agar Manfaatnya Optimal Buat Tubuh

5. Tomat

Meski sering digolongkan kedalam sayur-sayuran, nyatanya tomat masuk ke dalam jenis buah-buahan. Buah warna merah yang menyehatkan ini adalah sumber vitamin C yang sangat bagus. Tomat digadang-gadang sebagai makanan yang paling sering disarankan guna meningkatkan sistem imun.

Tak hanya itu, makan tomat yang enak ini secara rutin juga dapat menstabilkan tekanan darah, menjaga cairan tubuh tetap seimbang, dan menyehatkan jantung.

6. Delima

Buah warna merah yang menyehatkan

Ilustrasi buah delima (Foto: Istimewa)

Buah delima mempunyai tampilan yang menarik dengan isian berbentuk biji-bijian. Sejumlah penelitian mempublikasikan bahwa buah delima memiliki senyawa antbakteri dan antivirus yang bisa melindungi tubuh dari infeksi dan peradangan di area mulut.

Delima juga sering disarankan dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga karena bisa meningkatkan energi di dalam tubuh.

7. Anggur merah

Anggur memiliki rasa manis yang disukai seluruh masyarakat di dunia. Anggur mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Kandungan tersebut diketahui bisa mencegah kanker, mencegah diabetes, dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, buah warna merah yang menyehatkan ini jika dikonsumsi secara rutin juga dapat meningkatkan daya ingat bagi orang dewasa.

8. Plum

Buah warna merah yang menyehatkan

Ilustrasi buah plum (Foto: Istimewa)

Buah warna merah yang menyehatkan terakhir adalah buah plum. Meski buah satu ini terdengar asing, ternyata kandungan di dalam sungguh menakjubkan. Plum memiliki kandungan mineral, seperti mangan, tembaga, dan kalium yang bisa menyehatkan tubuh.

Tidak sampai disitu, buah yang masih masih satu keluarga dengan aprikot dan buah persik ini juga mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mengonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan.***

Baca juga: 8 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan, Dapat Menurunkan Kolesterol

You may also like

Tinggalkan Komentar