Home LifestyleKesehatan Manjur, 8 Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat

Manjur, 8 Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat

oleh Farhan Zuhdi
cara mengatasi masuk angin

Ilustrasi demam yang merupakan gejalas masuk angin. (Foto: Istimewa)

FAKTUALid– Masuk angin merupakan penyakit yang umum terjadi pada banyak orang. Penyakit satu ini paling sering menyerang kekebalan tubuh, misalnya pada musum hujan. Sebenarnya, cara mengatasi masuk angin cukup mudah diatasi.

Masuk angin umumnya identik dengan berbagai gejala seperti, flu, perut kembung, meriang, diare, badan pedal, kedinginan, hingga sakit kepala. Uniknya, penyakit masuk angin hanya ada di Indonesia. Dalam dunia medis penyakit masuk angin tidak tercatat penyebab dan gejalanya.

Mengatasi penyakit masuk angin yang paling populer adalah dengan kerokan. Selain kerokan, ada banyak cara mengatasi masuk angin dengan cara lain.

Berikut beberapa cara mengatasi masuk angin yang telah dirangkum faktualid.com dari berbagai sumber

Baca juga: Ampuh, 7 Obat Alami ini dapat Mengatasi Sakit Perut

1. Minum air putih yang banyak

Cara mengatasi masuk angin yang pertama adalah dengan banyak minum. Dengan banyak minum air putih dapat mengurangi gejala yang sedang kamu alami. Saat tubuh sedang kurang fit, usahakan kebutuhan cairan tubuh kamu tercukupi.

Apabila tubuh kamu kekurangan cairan, kamu butuh banyak cairan untuk melancarkan seluruh organ tubuh. Kamu perlu menghindari minuman bisa membuat kamu dehidraso seperti kopi dan alkohol.

2. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dapat dilakukan sebagai cara mengatasi masuk angin untuk mempercepat penyembuhan. Sebaiknya, untuk menghentikan semua kegiatan yang sedang Anda jalani untuk sementara waktu.

Saat kamu mengalami masuk angin, luangkan waktu istirahat untuk tubuh hingga kondisi kembali fit. Saat kamu mengalami masuk angin, jangan memaksakan beraktivitas karena bisa membuat kamu tidak akan segera sembuh.

3. Konsumsi makan bergizi

Cara mengatasi masuk angin yang berikutnya yakni dengan mengonsumsi asupan makan yang bergizi bagi tubuh. Saat mengalami masuk angin, beberapa orang mengalami turunnya nafsu makan. Meski demikian, kamu tetap harus mendapatakn asupan makanan bergizi untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari macam-macam gangguan.

Untuk memenuhi asupan gizi saat terserang masuk angin, kamu dapat mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung  antioksidan seperti pepaya dan jeruk.

4. Menggunakan jaket ketika beraktivitas

Bila kamu terpaksa melakukan aktivias saat mengalami masuk angin, gunakan jaket sebagai cara mengatasi masuk angin. Melakukan aktivias di malam hari bisa memicu berbagai penyakit, termasuk penyakit masuk angin. Jaket berfungsi untuk menutupi bagian dada supaya suhu tubuh tetap hangat.

Selain itu, mengenakan jaket akan memicu keluarnya keringat sebagai hasil dari metabolisme tubuh untuk mengeluarkan racun yang berbahaya.

Baca juga: Simak,ini 8 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk cegah Covid-19

5. Melakukan olahraga rutin

Cara mengatasi masuk angin berikutnya adalah dengan rutin melakukan olahraga. Selain mengonsumsi makanan bergizi, tubuh perlu mengeluarkan keringat sebagai hasil dari metabolisme.

Cara mengobati masuk angin ini terbilang cukup efektif. Kamu bisa melakukan olahraga ringan secara rutin ketika masuk angin, maka tubuh pun juga senantiasa akan membaik.

Selain itu, salah satu penyebab masuk angin seperti perut kembung dapat diatasi dengan keluarnya keringat melalui pori-pori pada permukaan kulit tubuh.

6. Minum vitamin

Cara mengobati masuk angin yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi vitamin. Mengonsumi vitamin dapat dijadikan cara mengatasi masuk angin. Vitamin ini bisa kamu dapatkan melalui suplemen ataupun buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C serta antioksidan.

Mengonsumsi vitamin C dapat membantu kamu menjaga imunitas tubuh agar terlindung dari berbagai macam gangguan kesehatan. Jika ingin mengonsumsi suplemen multivitamin, pastikan komposisi yang terdapat di dalamnya serta dosis yang diperlukan oleh tubuh.

7. Menjaga kebersihan makanan

Hal yang jarang diperhatikan sebagai cara mengatasi masuk angin adalah menjaga kebersihan makanan dan minuman untuk kamu yang sedang sakit. Mulai sekarang, perhatikan makanan yang hendak kamu konsumsi, dari proses pembersihan, pembuatan, hingga penyajian. Perlengkapan makan minum juga perlu dibersihkan dengan baik untuk menunjang daya tahan tubuh dan kesehatan.

8. Jaga pikiran tetap positif

Dilansir dari kompas, menurut dr. Dien, membuat pikiran tetap positif dapat menunjang proses penyembuhan bagi orang yang sedang sakit.

Pikiran positif dapat membuat sistem imunitas tubuh seseorang stabil atau meningkat. Jangan biarkan pikiran negatif atau stres pada tubuh, karena bisa menyebabkan perbuhan fisiologis yang mempengaruhi melemahkan sistem kekebalan tubuh. ***

Baca juga: 9 Manfaat Pranayama, Teknik Olah Nafas Baik Untuk Fisik dan Mental

You may also like

Tinggalkan Komentar