Connect with us

Kesehatan

Lifree Membantu Mencegah Risiko Luka Dekubitus

Avatar

Diterbitkan

pada

Titiek Puspa (tengah) bersama Ishii Yuji (kanan) dalam acara jumpa pers 15 tahun Lifree di Hotel Mulia. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : PT Uni-Charm Indonesia yang memproduksi popok dewasa Lifree bekerja sama dengan Clinical Research Supporting Unit – Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (CRSU-FKUI) dalam melakukan riset tentang manfaat Lifree yang dapat membantu memperbaiki kondisi kulit dan mencegah risiko luka dekubitus pada lansia.

Riset itu juga dibantu dengan menjalin kemitraan dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) untuk melakukan edukasi terkait luka dekubitus.

Hasil riset tersebut diumumkan berkaitan dengan ulang tahun ke-15 Lifree di Hotel Mulia, pada Kamis (24/5/2023). Acara ini dihadiri oleh Presiden Direktur PT. Uni-Charm Tbk, Yuji Ishii, Prof. dr. Kusmarinah Bramono, SpKK(K), PhD perwakilan dari FKUI dan Ns. Harwina Widya Astuti, M.Kep, perwakilan PPNI DKI Jakarta.

Hadir pula sebagai bintang tamu, artis kawakan Titiek Puspa. Dalam kesempatan itu, Titiek Puspa menjelaskan bahwa sejak lima tahun menggunakan lifree, hidupnya terasa lebih nyaman dan bahagia.

“Lifree benar-benar memudahkan saya beraktivitas. Menurut saya, lifree tidak hanya untuk lansia, semua orang yang padat aktivitasnya, wartawan juga bisa menggunakannya sehingga tidak ketinggalan berita karena ingin buang air kecil,” jelas Titiek.

Advertisement

Dalam kesempatan itu, Presiden Direktur PT. Uni-Charm Tbk, Ishii Yuji mengucapkan terima kasih kepada para konsumen yang selalu menggunakan produk Lifree.

“Berkat dukungan para konsumen, Lifree berhasil menyambut anniversary yang ke 15 tahun, dan mempertahankan market share No. 1 di Indonesia. Lifree akan terus berkontribusi menuju nol resiko luka Dekubitus dan mendukung orang tua untuk hidup sehat dan bahagia,” ujarnya.

Hasil Riset

Hasil riset yang dilakukan oleh Tim Kerja Sertifikasi dan Pengawasan Sarana Produksi dari Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa kasus luka dekubitus di Indonesia cukup tinggi, sehingga memerlukan penanganan yang tepat.

Diperkirakan sekitar 33% kasus luka dekubitus terjadi di Indonesia, sehingga penting dilakukan penanganan yang memadai dengan perawatan ekskresi agar kondisi tidak semakin memburuk.

Advertisement

Menurut Prof. dr Kusmarinah Bramono, perwakilan CRSU-FKUI, hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor ruam iritasi kulit mengalami perbaikan setelah menggunakan produk Lifree selama 15 hari. Dalam kasus luka dekubitus, 40% dari totalnya terjadi saat berada di rumah.

Dan, pengguna popok tipe perekat mengalami penurunan sebesar 24%, sedangkan pengguna 2 Pieces Care mengalami penurunan sebesar 42%.

“Kami juga telah memastikan manfaat yang dirasakan terhadap kulit oleh dua pengguna popok tipe perekat dan enam pengguna 2 Pieces Care. Kami menyimpulkan bahwa 2 Pieces Care memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap perbaikan kondisi kulit, dan merupakan metode yang efektif dalam mencegah risiko luka dekubitus,” ujar Prof. Kusmarinah dalam keterangannya, pada Rabu (24/5/2023).

Metode 2 Pieces Care adalah pendekatan excretion care yang mengombinasikan penggunaan popok dewasa (baik tipe perekat maupun tipe celana) dengan pad penyerap. Metode ini telah diperkenalkan oleh Lifree di Indonesia sejak tahun 2021.

Harwina Widya Astuti, sebagai perwakilan PPNI DKI Jakarta, menjelaskan bahwa lansia yang mengalami dekubitus membutuhkan perawatan khusus dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki masalah kulit.

Advertisement

“Contohnya, membersihkan area kulit yang terdampak dekubitus dengan menggunakan air hangat dan secara rutin mengoleskan minyak salep. Termasuk, menggunakan bantal untuk mencegah tekanan pada area kulit yang terkena dekubitus, melakukan perubahan posisi tubuh lansia secara teratur, dan tindakan-tindakan lainnya,” ungkap Harwina.

Selain itu, edukasi mengenai perawatan bagi lansia yang menderita luka dekubitus juga memiliki tingkat kepentingan yang tinggi. Tidak hanya kepada perawat di fasilitas kesehatan, tetapi juga kepada keluarga yang tinggal bersama lansia, agar mereka dapat memperoleh pengetahuan tentang perawatan yang lebih mendalam.

Adapun, kolaborasi antara tipe celana produk Lifree dan PPNI dalam memperkenalkan 2 Pieces Care bertujuan untuk mengurangi frekuensi pergantian popok, yang pada gilirannya dapat mendukung lansia untuk hidup mandiri dan mengurangi jumlah sampah di Indonesia.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement