Connect with us

Kesehatan

5 Manfaat Temulawak yang Baik untuk Tubuh

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat temulawak

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia yang bentuknya hampir mirip dengan kunyit. Salah satu rempah yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini biasanya berbentuk silinder dengan diameter 6cm. Diketahui, manfaat temulawak sangat beragam, salah satunya bisa untuk mengingkatkan nafsu makan.

Umumnya, tanaman ini memiliki kulit yang berwarna kuning muda. Sebagai tanaman monokotil, tanaman ini tidak memiliki akar tunggang. Akar yang dimiliki tanaman ini adalah akar rimpang.

Rimpang adalah bagian batang yang terletak di bawah tanah. Rimpang juga disebut sebagai umbi akar atau umbi batang. Diantara semua rimpang bergenus curcuma, rimpang tanaman inilah yang paling besar diantara tanaman yang lainnya.

Pada awalnya, Curcuma xanthorriza banyak tumbuh di hutan, terutama hutan jati bersama jenis-jenisnya yang lain. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di padang alang-alang dan tanah kering. Namun saat ini, temulawak banyak di budidayakan di dataran tinggi.

Tanaman temulawak ini biasanya dimanfaatkan sebagai obat, penyedap masakan, minuman serta pewarna alami untuk makanan dan kosmetik. Manfaat temulawak sebagai obat sudah cukup lama diketahui banyak orang.

Advertisement

Berikut manfaat temulawak yang sudah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber

1. Mencegah Serta Membantu Pengobatan Kanker

Manfaat temulawak yang pertama adalah mencegah serta membantu pengobatan kanker. Meskipun masih sangat sedikit penelitian tentang manfaat temulawak sebagai pengobatan kanker, beberapa ahli percaya akan khasian tanaman ini. Temulawak dapat berguna untuk membantu pengobatan kanker prostat, kanker usus dan kanker payudara.

Manfaat temulawak ini didukung oleh sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2001, yang mengatakan bahwa temulawak dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.

Para peneliti dari University of Meryland Medical Center menjelaskan bahwa bahan-bahan herbal mungkin bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker berkat zat antioksidan yang terkandung dalam obat herbal, termasuk temulawak.

Baca juga: 7 Manfaat Madu Untuk Wajah, Dapat Mengatasi Jerawat

Advertisement

2. Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Manfaat temulawak yang kedua adalah mengatasi masalah sistem pencernaan. Manfaat temulawak yang pertama adalah merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Tentu saja hal ini membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh.

Tidak hanya itu, menurut para ahli temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar dan meningkatkan nafsu makan.

Sebuah studi yang di publikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology meminta pasien yang mengalami peradangan usus untuk mengkonsumsi temulawak setiap harinya. Hasilnya, kelompok pasien tersebut mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan kelompok pasien yang tidak mengkonsumsi temulawak.

3. Obat Diuretik

Manfaat temulawak yang ketiga adalah sebagai obat deuretik. Deuretik merupakan yang membersihkan tubuh dari garam dan air, sehingga terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Zat ini merangsang ginjal untuk melepaskan lebih banyak natrium ke dalam urine.

Manfaat diuretik dalam temulawak ini juga akan mengambil cairan yang berlebihan dari pembuluh darah. Proses ini dapat membantu mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah anda.

Advertisement

Biasanya diuretik sangat dibutuhkan untuk mencegah dan mengobati penyakit seperti:

  • Pembengkakkan jaringan
  • Gagal hati
  • Gagal jantung
  • Masalah pada ginjal

4. Obat Jerawat

Manfaat temulawak yang keempat adalah sebagai obat jerawat. Di dalam dunia kecantikan, temulawak juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Ini dikarenakan temulawak memiliki sifat astringent. Astrinegent bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya. Selain itu, kandungan antiseptik di dalamnya juga membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, jerawat yang meradang akan berlangsung membaik dan sembuh.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Cepat

5. Menjaga Kesehatan Liver

Manfaat temulawak yang kelima adalah untuk menjaga kesehatan liver. Dikutip dari Scientific Research Journal, ekstrak temulawak terbukti memiliki manfaat untuk melindungi hati dan hepatotoksin, Seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen.

Hepatotoksin adalah bahan kimia yang menyebabkan efek buruk pada hati. Dengan begitu, temulawak menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk membantu menjaga kesehatan hati anda.

6. Antibakteri dan Antijamur

Manfaat temulawak yang terakhir adalah sebagai antibakteri dan antijamur. Kandungan antibakteri yang terkandung dalam temulawak memiliki manfaat terutama cukup efektif untuk mengatasi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sementara senyawa antijamur cukup ampuh menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
1 Comment

1 Comments

  1. Pingback: 7 Manfaat Temu Kunci, Mampu Meningkatkan Kualitas Sperma

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement