Home LifestyleKesehatan Tanaman Herbal Sambiloto Disebut-sebut Bisa untuk Atasi Covid-19

Tanaman Herbal Sambiloto Disebut-sebut Bisa untuk Atasi Covid-19

oleh Darto Darto

Foto: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Tanaman herbal yang tumbuh di Indonesia sebagai obat-obatan alami beragam.

Ada beberapa variasi ramuan jamu yang umum dijual, seperti beras kencur, kunyit asam, cabe puyang, hingga pahitan. Semua ramuan itu menggunakan berbagai tanaman herbal khas Indonesia.

Umumnya jamu, rasa pahit sedikit terasa setelah meminumnya. Tetapi ada jamu yang memang rasa pahitnya sangat kuat, yaitu pahitan.

Sesuai namanya, pahitan memang sangat pahit. Akan tetapi, jamu ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Yang menyebabkan jamu pahitan ini sangat pahit karena menggunakan tanaman bernama sambiloto yang terkenal sangat pahit.

Di balik rasa pahitnya, ternyata sambiloto sangat berkhasiat untuk menjaga imunitas tubuh. Bahkan, sambiloto diklaim mampu mengobati virus corona karena memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan pernafasan.

Tak hanya itu berikut ini manfaat sambiloto sesungguhnya.

1. Membantu menyembuhkan infeksi

Sambiloto mengandung antibakteri, antivirus, dan parasit. Kandungan ini membantu tubuh melawan bakteri, virus, dan parasit yang menginfeksi tubuh yang menyebabkan seseorang sakit.

Beberapa penyakit yang diakibatkan infeksi dapat disembuhkan menggunakan sambiloto, diantaranya sinusitis, herpes, kusta, ISPA, pneumonia, tuberkulosis, gonore, sifilis, malaria, leptospirosis, hingga rabies.

2. Meredakan gejala penyakit pilek dan flum

Kandungan pada tumbuhan sambiloto dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sehingga, saat tubuh terinfeksi virus, kandungan manfaat sambiloto akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga gejala pilek dan flu dapat mereda.

3. Dapat mengobati penyakit ISPA

Manfaat lainnya dari sambiloto masih seputar gangguan pada sistem pernapasan. Kali ini manfaat sambiloto dapat digunakan sebagai pengobatan ISPA.

Ditemukan dalam sebuah penelitian di tahun 2017 bahwa sambiloto dapat mempersingkat durasi batuk, panas dalam, dan lama seseorang mengalami sakit.

Membantu menjaga kesehatan jantung

Manfaat sambiloto dipercaya dapat mencegah penggumpalan darah serta membantu memecah gumpalan darah yang ada pada pembuluh darah.

Selain itu, manfaat sambiloto lainnya adalah dapat melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah sehingga membantu menurunkan masalah tekanan darah tinggi.

Mencegah risiko pertumbuhan sel kanker

Sambiloto ternyata dapat memaksimalkan fungsi chemokine di dalam tubuh. Fungsi chemokine ini dapat membantu menekan pertumbuhan sel kanker.

Jenis kanker yang dapat dicegah dengan menggunakan sambiloto antara lain adalah kanker prostat, payudara, usus, hepatoma, dan melanoma.

Tumbuhan Sambiloto Dinilai Mampu Menjadi Obat Covid-19

Dari berbagai manfaat sambiloto yang dinilai efektif dalam mengobati permasalahan pernapasan, banyak yang menilai sambiloto juga bisa menjadi obat penyembuhan Covid-19.

Pada bulan Maret lalu, Rektor UNAIR sempat memberikan pernyataan kalau sambiloto bisa menjadi obat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Bahkan beberapa ahli kesehatan juga mulai meneliti tumbuhan sambiloto untuk dijadikan obat Covid-19.

Walaupun sambiloto memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, perlu diketahui bahwa penggunaan sambiloto yang tidak sesuai dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Untuk itu, perlu pendampingan dokter untuk kadar penggunaan sambiloto dalam pengobatan.***