Home LifestyleKesehatan Mengucek Mata Boleh saja, tapi Jangan Jadi Kebiasaan

Mengucek Mata Boleh saja, tapi Jangan Jadi Kebiasaan

oleh Darto Darto

Foto: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Mengucek mata merupakan kebiasaan, salah satunys, saat bangun pagi. Setiap orang pasti akan mengucek mata beberapa kali dalam sehari.

Entah saat terlalu lama menatap layar komputer, ketika mata gatal, ataupun saat kelilipan.

Memang, ada alasan bagus dan efek terapeutik dari mengucek mata, yakni menstimulasi saraf vagus yang dapat memperlambat detak jantung dan mengurangi stres.

Mengucek mata juga merupakan reaksi tubuh untuk melumasi mata saat mata kering. Debu-debu atau partikel yang menempel pada area mata dapat berkurang karena tersapu air mata setelah mengucek mata.

Namun kebiasaan ini bisa berakibat buruk bila terlalu lama dan agak menekan mata saat mengucek.

Maka kebiasaan ini harus dihentikan. Sebab, mengucek mata juga dapat meningkatkan risiko beragam gangguan kesehatan.

Berikut, seperti dikutip dari klikdokter.com, beberapa bahaya mengucek mata yang harus diwaspadai:

1. Penularan Covid-19

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, anjuran untuk tidak menyentuh wajah termasuk area mata—apalagi mengucek mata—sedang gencar dilakukan.

Bila sedang merasa kelelahan dan ingin sekali mengucek mata, jangan lupa membersihkan tangan terlebih dulu dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer agar meminimalkan terjangkit virus corona.

2. Penyakit Mata yang Serius

Bahaya mengucek mata berikutnya adalah dapat memicu pelemahan kornea dan distorsi kornea yang disebut keratoconus.

Jika kerusakan kornea yang terjadi cukup parah, mungkin memerlukan transplantasi kornea agar kondisi mata bisa kembali seperti semula.

3. Kornea Tergores

Bulu mata atau debu yang menempel di mata, tangan terdorong untuk mengucek mata. Bukannya baik, hal ini justru bisa menyebabkan tergoresnya kornea mata, bahkan menyebabkan luka pada kornea.

Dari pada mengucek, lebih baik gunakan air bersih atau tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk membilas mata agar bersih seperti sedia kala.

4. Infeksi Mata

Efek mengucek mata selanjutnya adalah menyebabkan infeksi mata. Meski terlihat bersih dan sudah dicuci, kuman tak akan hilang sepenuhnya dari tangan.

Menurut American Optometric Association, menyentuh mata dengan tangan dapat mentransfer kuman-kuman jahat. Hal paling ringan yang bisa terjadi sebagai akibatnya adalah konjungtivitis atau mata merah.

5. Kelopak Mata Menjadi Kendur

Kelopak mata dapat kehilangan elastisitasnya jika mata sering dikucek. Meski tidak menyebabkan keluhan signifikan, bentuk kelopak mata yang kendur tentu bisa mengganggu penampilan.

6. Mata Merah

Mengucek mata yang dilakukan cukup keras dan berkelanjutan bisa menyebabkan pembuluh darah di mata mengalami kerusakan hingga akhirnya pecah. Kondisi ini disebut dengan subconjunctival hemorrhage.

Hal ini bisa menyebabkan darah di sekitar mata mengalir ke jaringan di sekitarnya. Akibatnya, mata merah dan lebam tak bisa dihindari lagi.

7. Memperburuk Glaukoma

Jika memiliki glaukoma atau peningkatkan tekanan bola mata, hindari terlalu sering mengucek mata. Mengucek mata ternyata dapat meningkatkan tekanan bola mata, sehingga memperburuk kondisi glaukoma.

8. Kulit Sekitar Mata Jadi Keriput

Kebiasaan mengucek mata juga dapat membuat kulit keriput. Pasalnya, mengucek mata dapat meregangkan kulit yang sensitif pada area ini serta merusak kolagen dan elastin. Akibatnya, keriput yang mengganggu pun muncul.

Ketika mata mengalami gatal atau mengganjal, pasti rasanya sangat mengganggu. Hal ini bisa memicu untuk langsung menguceknya.

Namun, untuk menghindari berbagai akibat mengucek mata di atas, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi gatal pada mata, seperti:

– Bilas mata dengan air bersih atau cairan steril yang dibuat khusus untuk membersihkan mata.
– Kompres menggunakan kapas kosmetik yang direndam di dalam air dingin.
– Lakukan ini empat kali dalam sehari dengan durasi sekitar 3-5 menit.
– Gunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan.

Jadi, sangat tidak disarankan untuk mengucek mata ketika mengalami gatal karena dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan mata.***