Home LifestyleKesehatan Daun Beluntas, Lalapan yang Menyegarkan juga Menyehatkan

Daun Beluntas, Lalapan yang Menyegarkan juga Menyehatkan

oleh Darto Darto

Foto: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Para penggemar lalapan tentu tidak asing dengan daun beluntas. Saat dihidangkan, daun dengan nama latin Pluchea Indica Less ini bisa menjadi penyeimbang lauk yang digoreng. Sehingga lalapan daun beluntas bisa membuat rasa segar di mulut.

Bila daun beluntas kerap dikonsumsi, dalam jangka panjang memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab tanaman daun ini juga bahan untuk obat tradisional.

Jika untuk obat tradisional, semua bagian tanaman, mulai dari daun, pucuk, dan bunganya bisa dimanfaatkan. Karena besifat antiinflamasi, antibakteri, antiulkus dan antituberkulosis di dalamnya, maka akan mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Tidak semata mempercepat, seperti dikutip dari halodoc.com, Jumat (17/9/2021), maka daun ini bisa mencegah di antaranya:

1. Mencegah Kerusakan Sel Akibat Radikal Bebas

Manfaat daun beluntas selanjutnya adalah mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri menjadi penyebab stres oksidatif, yaitu proses yang menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

Stres oksidatif sendiri menjadi penyebab utama munculnya penyakit kronis dalam tubuh, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.

Untuk mendapatkan manfaat daun beluntas ini, anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, jamu, atau teh herbal.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Ekstrak daun beluntas memiliki sifat antikanker. Dengan sifatnya itu, maka daun beluntas mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker serviks.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitas daun beluntas sebagai pengobatan penyakit kanker.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka biasanya disebabkan oleh tusukan, gigitan hewan, atau benda tajam. Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, maka tubuh mengeluarkan mekanisme penutupan luka yang disebut dengan inflamasi.

Penggunaan ekstrak daun beluntas dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan karena kandungan saponin, tanin, dan terpenoid di dalamnya yang berperan sebagai antiinflamasi, dan antibakteri.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Manfaat daun beluntas yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan begitu, risiko mengidap penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke akan menurun.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tentunya harus diimbangi dengan penerapan pola hidup sehat. Misalnya seperti berhenti merokok, rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, dan menerapkan diet sehat.

5. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat daun beluntas selanjutnya adalah mengontrol gula darah dalam tubuh. Kandungan di dalam daun beluntas dinilai mampu menurunkan kadar gula darah, dan menjaganya tetap dalam batas normal.

Tanaman ini dipercaya mampu menghambat pemecahan dan penyerapan gula dalam usus, juga meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin dalam tubuh. ***

Tinggalkan Komentar