Home LifestyleKesehatan Cukupkan ASI agar Bayi Tidak Kuning

Cukupkan ASI agar Bayi Tidak Kuning

oleh Darto Darto

Foto: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Bayi kuning atau penyakit kuning merupakan kondisi yang umum dialami bayi baru lahir dan umumnya tidak berbahaya. Kondisi bayi kuning ini biasanya ditandai dengan warna kuning pada kulit atau bagian putih mata bayi. Selain itu, bayi yang mengalami penyakit kuning biasanya memiliki urine yang berwarna kuning pekat, tinja berwarna pucat, serta telapak tangan dan kakinya pun menguning.

Menurut dokter anak, dr. Luh Gede Yulia Dewi mengatakan, bayi mengalami penyakit kuning karena adanya penumpukan bilirubin dalam darah. “Bilirubin ini adalah pigmen kuning dalam sel darah merah, dan karena fungsi hati bayi belum bekerja dengan sempurna maka terjadi penumpukan bilirubin sehingga menyebabkan bayi kelihatan kuning,” jelas dokter lulusan Universitas Udayana ini.

Dokter Yulia menambahkan, kondisi bayi kuning ini ada dua yaitu yang bersifat normal (fisiologis) yang biasa muncul di hari ke-3 sampai ke-7 dan yang bersifat tidak normal (patologis) muncul dalam 24 jam pertama atau persisten (menetap).

Setelah 7 sampai 14 hari disertai tanda-tanda adanya penyakit seperti suhu yang tidak stabil, malas menetek, muntah, penurunan berat badan yang cepat, sesak nafas, gagal nafas, dan penurunan kesadaran.

Untuk mencegah kondisi bayi kuning, Yulia menyarankan, agar Ibu bayi memberikan ASI yang cukup (8 sampai 12 kali sehari atau setiap 2 atau 3 jam) serta rutin menjemur sinar matahari selama 15-30 menit.***

Tinggalkan Komentar