Connect with us

Kesehatan

Tak Hanya Nikmat Diseruput, Kopi Bisa Bikin Rambut Oke

Avatar

Diterbitkan

pada

Foto: Istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Kopi ternyata tidak hanya nikmat diseruput ketika panas. Bubuknya pun dibutuhkan rambut agar sehat dan indah.

Sudah dibuktikan, kandungan kafein pada kopi bisa merangsang folikel rambut, sehingga mampu mengatasi rambut rontok dan memicu pertumbuhan rambut. Hasilnya, rambut lebih kuat dan tebal.

Yang umum, mencuci rambut secara rutin saja sebenarnya sudah cukup untuk menutrisi rambut agar rambut bisa tetap sehat dan berkilau.

Bisa Mengatasi Rambut Rontok

Kerontokan rambut bisa terjadi seiring bertambahnya usia dan bisa memengaruhi, baik pria dan wanita. Mencuci rambut dan kulit kepala dengan menggunakan kopi bisa menghentikan kerontokan rambut dan merangsang rambut untuk tumbuh kembali.

Advertisement

Pada kasus kebotakan pada pria, seperti dikutip dari halodoc.com, rambut rontok biasanya terjadi ketika hormon seks, yaitu dihidrotestosteron (DHT), merusak folikel rambut.

Wanita dengan DHT yang terlalu banyak juga bisa mengalami kerontokan rambut. Kerusakan folikel rambut terjadi secara bertahap hingga akhirnya menyebabkan kebotakan.

Namun, menurut sebuah studi laboratorium pada tahun 2007, kafein bisa membantu memblokir efek DHT pada folikel rambut pria. Kandungan ini juga merangsang pertumbuhan batang rambut yang menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih lebar. Kafein dalam kopi juga bisa memperpanjang durasi anagen yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Studi tersebut juga menguji manfaat kafein pada folikel rambut wanita dan menemukan bahwa kandungan dalam kopi juga memberikan efek pertumbuhan pada folikel rambut pada wanita.

Selain itu, folikel rambut yang lemah juga bisa menyebabkan kerontokan rambut yang tidak normal hingga mengakibatkan kebotakan. Kopi bisa membantu merangsang folikel rambut, sehingga bisa mengatasi kerontokan rambut dan membuat rambut lebih tebal dan kuat.

Advertisement

Jadi, bila kamu punya masalah dengan rambut rontok, keramas pakai kopi mungkin bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Manfaat Kopi Lainnya untuk Kesehatan Rambut

Tidak hanya mengatasi rambut rontok, kopi juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya untuk rambut, antara lain:

– Membuat Rambut Lebih Halus dan Berkilau

Bila rambut kamu kusam, rapuh dan kering, menggunakan conditioner rambut bisa memperbaiki penampilan rambut. Selain itu, keramas pakai kopi ternyata juga bisa memperbaiki rambut kusam. Hal itu berkat kandungan flavonoid dalamnya yang merupakan antioksidan yang mendorong regenerasi rambut.

Advertisement

Batang rambut menjadi lebih halus, dan kopi juga bisa mengatasi rambut kusut dengan membuat rambut lebih halus dan mudah diurai.

Meskipun kopi memiliki efek diuretik, tetapi ia tidak menghilangkan minyak pada rambut. Sebaliknya, minuman tersebut mampu menjaga kelembapan dan membuat rambut kamu berkilau secara alami. Hal itu karena kopi bisa meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mengedarkan nutrisi ke akar rambut, sehingga menghasilkan rambut yang sehat dan lebih berkilau.

– Menghilangkan Uban

Keramas pakai kopi juga bermanfaat untuk menghilangkan uban. Cairan kopi yang berwarna gelap bisa bertindak sebagai cat yang menghitamkan rambut beruban. Ini adalah cara cepat menghilangkan helai rambut abu-abu bagi kamu yang memiliki rambut cokelat atau hitam. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

Hindari Menggunakan Kopi Berlebihan Pada Rambut

Advertisement

Meskipun kopi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan rambut, tetapi minuman tersebut bisa berdampak buruk pada rambut bila digunakan secara berlebihan. Karena itu, jangan terlalu sering keramas pakai kopi dan batasi jumlahnya setiap kali kamu menggunakan kopi untuk keramas. Ingat, bagi yang punya rambut berwarna terang, perlu berhati-hati menggunakan kopi untuk rambut karena bisa menggelapkan warna rambut.***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *