Connect with us

Kesehatan

6 Penyebab Nyeri Tulang Rusuk Beserta Cara Mengatasinya

Avatar

Diterbitkan

pada

penyebab nyeri tulang rusuk

Ilustrasi tulang rusuk yang sakit (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Nyeri tulang rusuk merupakan salah satu masalah yang umum terjadi. Kondisi ini tentu membuat penderitanya sulit beraktivitas dan merasa tidak nyaman. Terdapat berbagai faktor yang menjadi penyebab nyeri tulang rusuk.

Tulang rusuk adalah tulang yang melindungi rongga dada dan organ vital di dalam tubuh, yakni jantung dan paru-paru. Sebenarnya, tulang rusuk terasa sakit bukanlah hal yang mengkhawatirkan. Karena bisa hilang dengan sendirinya maupun dengan penanganan minimal.

Namun, ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab nyeri tulang rusuk, misalnya benturan keras atau kondisi medis tertentu. Sebelum mengatasinya, alangkah baiknya mencari tahu penyebab nyeri tulang rusuk yang umum terjadi.

Baca juga: 6 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan, Jangan Disepelekan!

Berikut beberapa penyebab nyeri tulang rusuk yang telah faktualid.com dari berbagai klikdokter dan alosehat.

1. Cedera

Salah satu penyebab nyeri tulang rusuk diterjadi akibat cedera. Jika disebabkan oleh benturan cedera, seperti terjatuh, kecelakaan, atau cedera ketika berolahraga. Hal tersebut bisa menyebabkan beberapa cedera, seperti patah tulang rusuk, memar bagian rusuk, dan otot rusuk yang tertarik.

Advertisement

2. Kostokondritis

Kostokondritis atau sindrom Tietze menjadi penyabab nyeri rusak lainnya yang umum terjadi. Kostokondritis merupakan kondisi dimana tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk bagian atas ke tulang dada mengalami peradangan.

Tulang rusuk yang sakit karena kondisi ini bisa terjadi mulai ringan hingga berat. Pada kasus tertentu, bisa menyebabkan rasa sakit bisa melabar ke anggota tubuh lain yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Kanker

Seseorang yang merasakan tulang rusuk bisa menjadi salah satu faktor mengalami kanker. Penderita tersebut biasanya akan mengalami nyeri dada saat bernapas lebih dalam, tertawa, ataupun batuk. Kondisi ini sering dikaitkan dengan kanker paru.

Kanker yang terjadi disekitar tulang rusuk atau kanker paru menjadi penyebab kematian utama bagi pria dan wanita. Jika sudah menyebar, kanker ini akan semakin berbahaya dan menimbulkan nyeri pada rusuk yang hebat.

4. Fibromialgia

Selain kanker, penyebab nyeri tulang rusak juga lainnya yaitu fibromialgia atau fibromyalgia. Kondisi ini dianggap kondisi kronis karena menyebabkan seluruh tubuh terasa sakit. Rasa sakit tersebut akan menimbulkan sensasi seperti terbakar, tertusuk, dan berdenyut.

Advertisement

Meski bagian tubuh lainnya terasa nyeri, di bagian tulang rusuk rasa sakitnya akan lebih terasa. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa nyeri dada ini merupakan kondisi paling umum yang membuat orang dengan fibromyalgia masuk rumah sakit.

Baca juga: Ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Tulang yang Wajib Kamu Ketahui

5. Emboli paru

Penyebab nyeri tulang rusak berikutnya yaitu emboli paru. Emboli paru adalah penyumbatan pembuluh darah di paru-paru yang disebabkan oleh gumpalan darah.

Tak hanya nyeri tulang, masalah kesehatan ini bisa menyebabkan beberapa gejala, seperti sesak napas, pernapasan cepat, batuk, termasuk batuk darah, kecemasan, pusing, berkeringat, dan detak jantung tidak teratur.

6. Pleuritis

Peradangan pada lapisan paru dan dada menjadi penyebab nyeri tulang rusuk. Kondisi ini biasa disebut pleurisy atau pleuritis. Peradangan ini membuat timbulnya rasa sakit yang berlansung selama beberapa hari selama 2 minggu.

Kondisi ini sebenarnya sudah jarang ditemukan sejak hadirnya antibiotik. Bronkitis juga menjadi kondisi peradangan paru-paru yang menyebabkan rasa sakit di sekitar tulang rusuk.

Advertisement

Cara mengatasi tulang rusuk yang sakit

Setelah mengetahui penyebab nyeri tulang rusuk, mengetahui cara mengatasinya mungkin sangat penting. Meski nyeri tulang rusuk diakibatkan cedera ringan dan tidak menyebabkan patah tulang rusuk atau kerusakan pada jantung dan paru-paru bisa sembuh dengan sendirinya, namun tulang rusuk yang mengalami nyeri bisa disembuhkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Istirahat dan kurangi aktivitas, terutama aktivitas fisik.
  • Kompres bagian tulang rusuk yang sakit menggunakan es.
  • Hindari membebat bagian dada yang sakit karena bisa menyebabkan sesak.
  • Usahakan untuk tidur terlentang.
  • Hindari mengangkat beban berat.

Langkah-langkah ini menjadi mempercepat pemulihan untuk meradakan rasa nyeri tersebut.

Selain mengetahui penyebab nyeri tulang rusuk dan langkah diatas, mengonsumsi obat antiinflamasi seperti ibuprofen atau acetaminophen dapat membantu mengatasi rasa sakit yang terjadi di tulang rusuk.***

Baca juga: Waspada Gejala Kanker ketika Lutut Anak Nyeri dan Bengkak

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *