Connect with us

Kesehatan

7 Cara Mengatasi Campak pada Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

Avatar

Diterbitkan

pada

cara mengatasi campak pada bayi

Ilustrasi campak pada bayi (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Campak merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi. Tak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami campak. Jika buah hati terserang campak, penting untuk mengetahui cara mengatasi campak pada bayi secara benar.

Campak adalah penyakit infeksi virus pada saluran pernapasan yang disertai ruam disekujur tubuh. Penyakit ini merupakan penyakit yang umum dialami oleh bayi. Sebelum ruam muncul, bayi akan mengalami batuk, bersin, dan sakit tenggorokan terlebih dahulu.

Cara mengatasi campak pada bayi yang mudah adalah vaksin campak. Jika si kecil belum mendapatkan vaksin ini, kemungkinan tertular sangat besar sekitar 90 persen. Walau tidak ada pengobatan khusus, ada beberapa metode untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dialami si kecil.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Beserta Cara Pencegahannya

Berikut beberapa cara mengatasi campak pada bayi yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Meredakan demam

Cara mengatasi campak pada bayi yang awal dilakukan yaitu meredakan demam. Berikan parasetamol dan ibuprofen dalam bentuk cair untuk menurunkan demam dan menghilagkan rasa sakit yang dialami.

Advertisement

Obat tersebut berfungsi agar daya tahan dan suhu tubuh kembali normal sehingga campak bisa membaik secara perlahan. Bila ragu, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terkait obat penurun demam yang cocok untuk bayi.

2. Tingkatkan asupan cairan

Meningkatkan asupan cairan bisa menjadi cara mengatasi campak pada bayi. Ketika gejala campak muncul, hindari si kecil mengalami dehidrasi dengan memberikan cairan lebih banyak. Tubuh yang terhidrasi bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan yang disebabkan oleh batuk.

Pasalnya, saat demam, kebutuhan cairan secara langsung akan meningkat. Untuk lebih optimal, ibu bisa memberikan minuman lemon dan madu untuk melonggarkan lendir dan meredakan batuk. Namun, jangan berikan minuman ini pada anak di bawah 1 tahun.

3. Perbanyak vitamin A

Cara mengatasi campak pada bayi berikutnya yaitu mengonsumsi vitamin A lebih banyak. Organisasi kesehatan dunia atau WHO menyarankan memberikan vitamin A pada buah hati yang terserang campak. Vitamin A mampu meredakan gejala yang muncul dan mempercepat proses penyembuhan.

Sebagai garda terdepan bagi kesehatan anak, ibu bisa memberikan sekitar 100.000 UI untuk anak berusia di bawah 1 tahun.

Advertisement

4. Terapi uap

Selain mengonsumsi vitamin A, cara mengatasi campak pada bayi bisa dilakukan dengan metode terapi uap. Terapi uap dianggap sebagai metode yang efektif dalam mengatasi gejala campak yang muncul. Mengobati dengan segara bisa membuat bayi merasa nyaman kembali.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Kerak di Kepala Bayi, Ibu Wajib Tahu!

Beberapa terapi uap yang bisa diterapkan, seperti pelembap udara ruangan (humidifier), meletakkan handuk basah di atas radiator hangat, dan menyiapkan air panas untuk membuat kamar mandi beruap guna membantu melembabkan udara.

5. Immune Serum Globulin

Penyebab seseorang mengalami campak salah satunya adalah sistem imun yang lemah sehingga terpapar virus campak, termasuk bayi. Si kecil yang terpapar bisa diberikan immune serum globulin atau suntikan protein (antibodi) sebagai cara mengatasi campak pada bayi.

Bayi yang mendapat suntikan tersebut, dalam kurun waktu 6 hari mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta merdakan gejala yang muncul.

6. Obat tetes hidung

Ketika si kecil mengalami gejala hidung tersembut, memberikan obat tetes hidung dinilai bisa meredakan penyakit campak yang diderita bayi. Hidung yang tersumbat membuat bayi kesulitan minum atau makan. Obat tetes hidung dapat membantu mengencerkan dahak.

Advertisement

7. Mengistirahatkan si kecil

Cara mengatasi campak pada bayi yang terakhir adalah memastikan bayi beristirahat dengan cukup guna memberikan suasana menenangkan. Kurangi aktivitas fisik dan bermain si kecil agar ia dapat istirahat sejenak.

Cara ini bisa meningkatkan imunitas tubuh si kecil untuk melawan virus di dalam tubuh, termasuk virus campak.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi campak pada bayi. Jika anak Anda sudah mengalami gejala campak, segera mengunjungi dokter supaya mendapat penanganan dengan tepat. Tidak lupa untuk memastikan bayi mendapatkan imunisasi campak sebagai langkah pencegahan.***

Baca juga: 6 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Secara Alami, Aman dan Mudah Diterapkan

Advertisement
Lanjutkan Membaca