Home Lifestyle 6 Manfaat Buah Quince, Baik untuk Kesehatan

6 Manfaat Buah Quince, Baik untuk Kesehatan

oleh Hana Chaniago
manfaat buah quince

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah kamu mengetahui manfaat buah quince? Buah yang juga disebut dengan buah kwinsi ini diyakini sebaga buah pendahulu apel. Banyak referensi dalam teks-teks kuno yang menyatakan bahwa buah ini adalah buah terlarang yang ada di Taman Eden.

Quince modern mungkin terlihat seperti perpaduan antara apel dan pir, karena ukurannya serupa. Buah ini keras dan terasa asam sebelum dimasak, tetapi berubah menjadi merah dan memiliki rasa yang sama sekali berbeda ketika dimasak.

Berikut beberapa manfaat buah quince yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Terhindari dari Radika Bebas

Manfaat buah quince yang pertama adalah terhindar dari radikal bebas. Dikutip dari Journal of Diseases, antioksidan mengurangi stres metabolik, menurunkan peradangan, dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang merupakan molekul yang tidak stabil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat antioksidan dalam quince, termasuk flavonoid seperti quercetin dan kaempferol. Kandungan ini mampu mengurangi peradangan dan melindungi dari penyakit kronis seperti penyakit jantung.

2. Meredakan Gangguan Pencernaan

Manfaat buah quince yang kedua adalah meredakan gangguan pencernaan. Quince telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan. Ekstrak quince diduga melindungi jaringan usus dari kerusakan yang berhubungan dengan penyakit radang usus.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Dukuh, Baik Untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengobati Tukak Lambung

Manfaat buah quince yang ketiga adalah mengobati tukak lambung. Penelitian awal menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam quince dapat membantu mencegah dan mengobati sakit maag.

Dalam penelitian tabung raksi, jus quince menghambat pertumbuhan H.pylori yaiut bakteri yang menyebabkan sakit tukak lambung.

Sementara itu, sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa ekstrak quince melindungi terhadap sakit maag yang disebebkan oleh alkohol. meskipun hasil ini menyenangkan, penelitian tambahan tetap diperlukan.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan dan Kulit

4. Melindungi dari Reaksi Alergi

Manfaat buah quince yang keempat adalah melindungi dari rekasi alergi. Quince dapat meringankan berbagai gejala alergi dengan menekan aktivitas sel kekebalan tertentu yang bertanggung jawab atas reaksi alergi.

Beberpaa penelitian kecil juga mendukung kemampuannya untuk mencegah dan mengobati reaksi alergi ringan seperti pilek dan asma. Selain itu, penelitian pada tikus mencatat bahwa ekstrak buah dan biji quince dapat mencegah dan mengobati dermatitis alergi yang diinduksi secara artifisial.

5. Menjaga kekebalan Tubuh

Manfaat buah quince yang kelima adalah menjaga kekebalan tubuh. Beberapa penelitian dari Frontiers of Pharmacology mengungkapkan bahwa ia memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dari bakteri berbahaya tertentu.

Asupan serat yang cukup mengandung bakteri sehat yang hidup di saluran pencernaan, yang secara kolektif dikenal sebagai mikrobioma usus. Mempertahankan mikrobioma usus yang sehat dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan ketahanan terhadap bakteri berbahaya di saluran pencernaan.

6. Mengurangi Gejala Refluks Asam Lambung

Manfaat buah quince yang terakhir adalah mengurangi gejala refluks lambung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sirup quince dapat membantu mengelola gejala penyakit refluks gastroesofagus (GERD), yang umumnya dikenal dengan refluks asam.

Dalam sebuah penelitian pada 137 ibu hamil, dosis 10 mg sirup quince yang diminum setelah makan juga terbukti efektifnya dengan obat tradisional dalam meredakan gejala refluks asam.

Selain itu, konsumsi konsentrat quince bersamaan dengan pengobatan tradisional mampu memperbaiki gejala, seperti muntah, bersendawa dan sakit perut.***

You may also like