Home Lifestyle 5 Manfaat Buah Kecapi, Dapat mencegah Kolesterol

5 Manfaat Buah Kecapi, Dapat mencegah Kolesterol

oleh Hana Chaniago
manfaat buah kecapi

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Buah kecapi merupakan buah yang terdapat di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bentuk buah ini mirip dengan manggis, hanya saja kulit buah kecapi berwarna kuning dan manggis berwarna ungu tua. Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, manfaat buah kecapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah kecapi juga bisa diolah menjadi selai, Bahkan, di Filipina olahan ini sangat disukai oleh setiap warganya. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah kecapi memiliki khasiat anti inflamasi. Biasanya buah ini digunakan untuk pengobatan diare dan disentri.

Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah kecapi yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh (LDL)

Manfaat buah kecapi yang pertama adalah dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jurnal SeatPearls menjelaskan, LDL atau Low-density Lipoprotein adalah lemak yang bersikulasi di dalam darah. Fungsinya untuk memindahkan kolesterol ke seluruh tubuh ke tempat yang dibutuhkan untuk perbaikan sel dan menyimpannya di dalam dindin arteri.

Namun, jika jumlahnya terlalu banyak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Sehingga, penting untuk selalu menjaganya agar tetap stabil.

Buah kecapi terdiri dari pektin dan serat larut. Pektin bersama dengan kolesterol baik akan meningkatkan kolesterol jahat di usus, mencegah lemak diserap ke dalam sistem peredaran darah

Baca juga: 7 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan dan Kulit

2. Mengontrol Berat Badan

Manfaat buah kecapi yang kedua adalah mengontrol berat badan. Buah kecapi terdiri dari serat larut dna tidak larut. Makanan yang kaya serat dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Hal ini dapat membantu menurunkan nafsu makan kamu sehingga program diet akan berjalan dengan baik. Selain itu, serat juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas, seperti stroke, hipertensi, gangguan tidur dan gangguan hormonal diabetes.

3. Mencegah Wasir

Manfaat buah kecapi yang ketiga adalah mencegah wasir. Wasir adalah struktur vaskular pada saluran anus, mereka membantu mengendalikan tinja. Jika bagian ini bermasalah, akan terjadi pembengkakan, peradangan, dan pendarahan.

Vitamin C yang terkandung pada buah kecapi membantu mempromosikan endotel yang sehat di pembuluh darah. Serat membantu menjaga tinja agar tidak keras.

Mengejan terus-menerus selama proses buang air besar diketahui dapat menyebabkan trombosis wasir. Meningkatnya tekanan perut saat buang air besar akan membuat darah tidak bersikulasi secara normal di sekitar perut bagian bawah.

4. Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah kecapi yang keempat adalah penguat sistem kekebalan tubuh. Buah kecapi mengandung quercetin yang merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Quercetin merupakan flavonoid yang dapat ditemukan di sebagian besar sayuran dan buah-buahan.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa senyawa ini dapat mencegah dan mengobati kanker. Karena antioksidan sangat dibutuhkan dalam tubuh, tidak ada salahnya mengonsumsi quercetin yang ada di dalam buah kecapi.

5. Mencegah Penuaan

Manfaat buah kecapi yang kelima adalah mencegah penuaan. Produksi kolagen yang tinggi membuat kulit kamu terlihat awet muda dan kencang. Vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan bersama dengan karoten dan quercetin yang terkandung di dalam buah-buahan.

Konsumsi buah kecapi secara rutin dapat menyembuhkan peradangan ringan yang membuat kulit menjadi keriput. Vitamin C juga mencegah penyakit kudis.***

Baca juga: 8 Manfaat Buah Rambutan bagi Kesehatan, Dapat Menurunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

You may also like