Home Lifestyle 6 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Umum Terjadi

6 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Umum Terjadi

oleh Hana Chaniago
kanker getah bening

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUALid – Manusia memiliki saraf getah bening yang tersebar di seluruh tubuh dan berperan dalam sistem kekebalan. Saat sel darah putih di dalamnya berkembang secara tidak normal, kondisi ini bisa menyebabkan kanker yaitu kanker getah bening atau limfoma.

Kanker kelenjar getah bening memiliki puluhan tipe atau jenis yang dikelompokkan dalam dua kategori besar. Yaitu Limfoma Hodgkin dan Limfoma Non-Hodgkin.

Setiap jenis Limfoma bisa menimbulkan gejala ciri-ciri yang berbeda. bahkan, beberapa jenis kanker getah bening mungkin tidak menunjukkan ciri-ciri pada penderitanya. Terutama pada stadium limfoma 1 atau awal.

Berikut gejala kanker kelenjar getah bening yang secara umum mungkin terjadi yang sudah faktualid.com rangkum dari hellosehat.com.

1. Demam dan Berkeringat Pada Malam Hari

Gejala kanker getah bening yang pertama adalah demam dan berkeringat pada malam hari. Tetapi demam juga bisa muncul karena kanker getah bening. Pasalnya sel limfoma dapat menghasilkan zat kimia tertentu yang bisa menaikkan suhu tubuh anda. Kanker getah bening ini bisa menyebabkan suhu tubuh anda hingga 38 derajat.

Demam ini juga bisa menyebabkan tubuh anda berkeringat pada malam hari saat sedang tidur. Keringat dikeluarkan pun cukup parah hingga bisa membasahi pakaian yang anda kenakan hingga sprei kasur anda.

2. Penurunan Berat Badan Tanpa Alasan Tertentu

Gejala kanker getah bening yang kedua adalah Penurunan berat badan. Dalam jangka waktu pendek, meskipun anda tidak melakukan diet, anda akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Hal ini umum terjadi pada jenis limfoma yang agresif, atau dengan sel kanker yang bergerak sangat cepat.

Kondisi ini bisa terjadi apabila sel limfoma mengabiskan banyak sumber energi pada tubuh anda. Selain itu, anda juga akan menggunakan banyak energi untuk menyingkirkan sel-sel kanker anda.

Umumnya berat badan penderita kanker kelenjar getah bening akan turun lebih dari 10 persen dari total berat badan penderitanya dalam jangka waktu 6 bulan.

3. Pembengkakkan di Kelenjar Getah Bening

Gejala kanker getah bening yang ketiga adalah Pembengkakkan di kelenjar getah bening. Kanker kelenjar getah bening merupakan jenis kanker yang berkembang di sistem Limfatik. Sistem Limfatik ini berkembang ke seluruh tubuh meliputi kelenjar getah bening, sumsum tulang belakang, limpa, dan kelenjar timus.

Kelenjar getah bening yang bengkak umumnya berbentuk bulat, terasa lunak dan bisa bergerak saat disentuh. Meski demikian, beberapa pasien mengeluhkan sakit pada benjolan tersebut, teruta,a setelah mengkonsumsi alkohol. Pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi yang ringan, dan umunya akan kembali normal setelah 2-4 minggu.

Baca juga: Imel Putri Cahyati Melawan Kanker dengan Pikiran Positif

4. Perasaan kenyang di Perut

Gejala kanker getah bening yang keempat adalah perasaan kenyang di perut. Limfoma juga bisa berkembang di sistem limfatik di hati atau limpa. Kondisi ini dapat menyebabkan pemangkalan limpa, dan anda pun mungkin akan merasa sakit pada bagian tulang rusuk sisi kiri dan merasa kenyang meskipun mengkonsumsi makanan hanya sedikit.

Perut anda juga bisa terasa kembung apabla limfoma telah mempengaruhi hati anda dan menjadikan perut anda menjadi bengkak. Gejala kanker kelenjar getah bening lainnya juga bisa terjadi apabila limfoma anda sudah mempengaruhi bagian perut, seperti diare, sembelit hingga muntah.

5.Batuk dan Sesak Nafas

Gejala kanker getah bening yang kelima adalah batuk dan sesak nafas. Batuk dan sesak nafas ini bisa menjadi gejala kanker kelenjar getah bening, karena adanya pembengkakkan kelenjar getah bening pada bagian dada. Kelenjar getah bening yang bengkak ini menekan saluran udara, paru-paru, atau pembuluh darah sehingga menimbulkan gejala tersebut.

Gejala ini umumnya terjadi pada pasien dengan jenis kanker getah bening Hodgkin dan beberapa jenis kanker getah bening non-Hodgkin.

6. Kulit Gatal-Gatal

Gejala kanker getah bening yang terakhiradalah gatal pada kulit, Kulit yang gatal bisa terjadi karena beberapa hal. Seperti alergi atau kondisi kulit tertentu. Namun kulit yang gatal juga bisa menjadi salah satu gejala kanker kelenjar getah bening.

Area kulit yang gatal umumnya disekitar kelenjar getah bening yang terkena sel kanker, di kaki bagian bawah, atau di seluruh tubuh. Hal ini bisa terjadi karena zat kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh, sebagai reaksi terhadap sel kanker. Zat ini mengiritasi saraf pada kulit anda sehingga bisa menimbulkan rasa gatal.

You may also like

Tinggalkan Komentar