Home Lifestyle 7 Rekomendasi Makanan Kaleng, Tidak Hanya Lezat Harganya pun Terjangkau

7 Rekomendasi Makanan Kaleng, Tidak Hanya Lezat Harganya pun Terjangkau

oleh Hana Chaniago

rekomendasi makanan kaleng

FAKTUAL-INDONESIA: Bagi sebagian orang, makanan kaleng menjadi salah satu santapan yang digemari karena praktis, lezat dan harganya juga sangat terjangkau. Tidak hanya ikan, ada banyak makanan yang diawetkan dengan cara dikalengkan sehingga lebih bervariasi. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa rekomendasi makanan kaleng.

Dilansir dari Johnson & Wales University , dijelaskan bahwa sejarah panjang makanan kaleng dimulai ketika pemerintah Perancis membuat sayembara dan menawarkan hadiah besar untuk mereka yang dapat mengawetkan makanan.

Jika selama ini kamu hanya mengetahui sarden sebagai salah satu olahan makanan kaleng, kamu harus mencaritahu lebih lanjut. Sebab, saat ini makanan kaleng tersedia dalam berbagai bentuk, rasa dan pilihan masakan yang lezat, murah dan praktis.

Berikut beberapa rekomendasi makanan kaleng yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Kornet

Rekomendasi makanan kaleng yang pertama adalah kornet. Kornet merupakan salah satu makanan kaleng yang terbuat dari daging sapi atau ayam. Biasanya, kornet menjadi salah satu campuran wajib untuk beberapa masakan.

Mulai dari mi instan, nasi goreng, makanan berkuah dan masih banyak lagi. Teksturnya yang mirip dengan sosis namun dengan rasa dan tekstur yang lebih gurih dan nikmat.

Kornet tanpa dicampur apapun yaitu hanya dengan menggorengnya saja, lalu dimakan dengan nasi dan sayur, rasanya sudah lezat.

2. Buah-Buahan

Rekomendasi makanan kaleng yang pertama adalah buah-buahan. Makanan kaleng ternyata tidak hanya berisikan daging dan ikan, buah-buahan juga bisa diawetkan.

Biasanya buah-buahan kaleng ini dijadikan bahan pelengkap atau isian es buah di restoran karena lebih awet dan rasanya pun tidak kalah manis.

Buah-buahan tersebut direndam dalam air gula, kemudian penyimpanannya mirip dengan makanan kaleng lainnya. Jika kamu tidak mau kerepotan mengupas buah, kamu bisa membeli buah kaleng sebagai alternatifnya.

3. Sayuran

Rekomendasi makanan kaleng yang ketiga adalah sayuran. Selain buah-buahan. sayuran seperti timun dan jagung juga bisa diawetkan. Biasanya, timun diawetkan untuk dijadikan acar atau buah pendamping makanan dan rasanya cenderung asam manis.

Sedangkan jagung diawetkan untuk sebagai campuran berbagai masakan hingga pembuatan dessert. Jagung dalam kaleng sudah matang, sehingga kamu tidak perlu kerepotan untuk merebusnya.

Baca juga: 6 Manfaat Ikan Sarden, dapat Meningkatkan Kolesterol Baik

4. Kacang-Kacangan

Rekomendasi makanan kaleng yang keempat adalah kacang-kacangan. Tidak hanya buah dan sayuran yang bisa dikalengkan, kacang-kacangan juga bisa dijadikan sebagai makanan kaleng untuk berbagai jenis masakan asin ataupun manis.

Umumnya, kacang akan direndam dalam air sebelum dikalengkan. Kacang merah dan polong yang dikalengkan ini sudah dalam keadaan matang, jadi kamu tinggal mengolahnya saja.

5. Rendang Daging

Rekomendasi makanan kaleng yang kelima adalah rendang daging. Salah satu makanan Indonesia yang dapat diolah menjadi makanan kaleng ialah rendang daging sapi.

Menjadi salah satu makanan yang paling lezat di dunia versi CNN, rendang daging sapi kini tidak hanya tersedia dalam kemasan plastik namun juga dalam bentuk kaleng agar lebih awet dan higenis.

Kamu hanya perlu menghangatkannya saja lalu dimakan dengan nasi hangat. Rasanya yang tidak kalah lezat dengan rendang sapi yang biasa dijual di rumah makan Padang.

6. Sambal Goreng Hati

Rekomendasi makanan kaleng yang keenam adalah sambal goreng hati. Salah satu makanan kaleng khas Indonesia adalah sambal goreng hati oleh Bernardi. Merek ini terkenal dalam berbagai penyajian masakan olahan daging sapi dan ayam seperti bakso, kornet dan sosis.

Makanan kaleng ini terbuat dari hati ayam, kentang, wortel, bawang merah, bawang putih, minyak nabati, cabai, lengkuas, gula merah dan garam. Cocok untuk dijadikan lauk pendamping opor ayam saat lebaran.

7. Empal Gentong

Rekomendasi makanan kaleng yang terakhir adalah empal gentong. Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon yang banyak dicari dan digandrungi oleh banyak masyarakat. Rasanya gutih dan lezat apalagi jika dimakan dengan sepiring nasi hangat.

Saat ini kamu tidak perlu jauh-jauh ke Cirebon untuk mencicipi empal gentong asli khas Cirebon. Kamu sudah bisa membeli makanan kaleng yang satu ini melalui media sosial atau e-commerce.***

Baca juga: 6 Makanan Peninggi Badan yang Mampu Menjaga Kesehatan Tulang

You may also like

Tinggalkan Komentar