Home Lifestyle 6 Tips Diet Berhasil Secara Cepat, Kamu Bisa Coba Mulai Sekarang

6 Tips Diet Berhasil Secara Cepat, Kamu Bisa Coba Mulai Sekarang

oleh Hana Chaniago

tips diet berhasil

foto ilustrasi: istimewaFAKTUAL-INDONESIA: Tips diet berhasil adalah langkah penting dalam mencapai berat badan yang diinginkan. Tentunya diet sehat ini sangat berbeda dengan diet ketat. Diet ketat mungkin akan lebih cepat dalam menurunkan berat badan berlebih, tetapi diet ketat ini bisa memberikan risiko yang dapat membahayakan tubuh.

Dilansir dari Centers for Disease Control of Prevention, penurunan berat badan yang sehat per minggunya adalah sekitar 0,51 kilogram. Cara kurus yang cepat dalam jangka waktu instan kemungkinan akan mengembalikan berat badan berlebih di kemudian hari.

Berikut beberapa tips diet berhasil secara cepat yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Sediakan Cemilan Sehat

Tips diet berhasil yang pertama adalah sediakan cemilan sehat. Makanan cemilan sehat merupakan tips diet berhasil dan aman untuk menghindari konsumsi garam dan gula berlebihan.

Studi dari International Journal of Obesity tahun 2005, disebutkan bahwa orang yang menyimpan makanan tidak sehat dirumah sulit untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Beberapa camilan yang sehat tanpa tambahan garam atau gula termasuk buah-buahan, minuman smoothie, atau salad sayur.

2. Utamakan Minum Air Putih

Tips diet berhasil yang kedua adalah utamakan minum air putih. Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, air putih tidak memiliki kalori tambahan, sehingga aman dikonsumsi dan dapat menjadi tips untuk diet yang aman dan ideal.

Dibandingkan minum minuman manis, kamu bisa menggantinya dengan air putih yang akan membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi setiap hari. Hindari makanan manis seperti jus, kopi, dan boba.

Baca juga: 14 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Bisa Mencegah Batu Ginjal

3. Hindari Makanan lemak Jenuh

Tips diet berhasil yang ketiga adalah hindari makanan lemak jenuh. Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi kamu perlu memahami dulu mana lemak yang baik mana yang tidak.

Ada 2 jenis lemak yaotu lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Selain karbohidrat olahan, kamu juga harus menghindari lemak jenuh sebagai salah satu tips diet agar berhasil.

Dilansir dari National Health Service, pria tidak boleh mengonsumsi lebih dari 30 gram lemak jenuh dalam sehari, sedangkan wanita 20 gram. Beberapa lemak jenuh yang perlu kamu waspadai, seperti:

  • Bagian lemak dari daging
  • Sosis
  • Butter
  • Keju
  • Biskuit

4. Hindari Makan Terburu-buru

Tips diet berhasil yang keempat adalah hindari makan terburu-buru. Akibat padatnya aktivitas sehari-hari, kamu mungkin memiliki kebiasaan makan dengan cepat, padahal cara ini bisa memengaruhi berat badan.

Journal of the American Dietetic Association menjelaskan bahwa orang yang makan cepat memiliki 115% kemungkinan mengalami obesitas dibanding orang yang makan secara perlahan.

Seberapa banyak kamu makan dan rasa kenyang dikontrol oleh hormon. Hormon ini akan memberikan sinyal pada otak saat kita lapar atau kenyang.

Butuh waktu 20 menit untuk otak mendapatkan sinyal tersebut, sehingga makan dengan lebih lambat dapat memberikan waktu bagi otak memproses bahwa kamu sudah kenyang.

Penelitian sudah membuktikan bahwa makan pelan-pelan dan lebih banyak mengunyah akan mengurangi kalori yang dikonsumsi dan membantu menurunkan berat badan.

5. Gunakan Metode Memasak yang Sehat

Tips diet berhasil yang kelima adalah gunakan metode memasak yang sehat. Dibanding menggoreng dengan banyak minyak, lebih baik pilih metode memasak yang lebih sehat.

Kamu bisa memanggang, membakar, menumis, atau membuat makanan menjadi sop. Tidak masalah jika sesekali kamu makan makanan yang digoreng. Hal ini untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Baca juga: 7 Manfaat Jus Wortel, Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet

6. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Tips diet berhasil yang terakhir adalah konsumsi lebih banyak protein. Dilansir dari The American Journal of Clinical Nutrition, membuktikan dengan meningkatkan konsumsi protein sebanyak 15 hingga 30% membuat orang mengonsumsi lebih sedikit kalori dalam sehari, otomatis makanan yang kita makan juga tidak sebanyak biasanya.

Protein juga membantu meningkatkan massa otot, sehingga mampu memperbaiki metabolisme tubuh. Konsumsi makanan berprotein tinggi menjadi tips untuk diet berhasil yang mampu meningkatkan pembakaran kalori sebanyak 80-100 kalori per hari.***

You may also like