Home Lifestyle 6 Manfaat Kulit Semangka, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

6 Manfaat Kulit Semangka, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

oleh Hana Chaniago
manfaat kulit semangka

Ilustrasi kulit semangka (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah selama ini kamu tahu manfaat kulit semangka? Jika semangka populer dengan buahnya yang manis dan juga mengandung banyak air, sebaiknya kamu juga memperhatikan yang satu ini.

US Departement of Agriculture mencatat bahwa semangka mengandung 92 persen air, namun manfaat kulit semangka juga tidak kalah hebatnya. Membuang kulit semangka sama saja dengan kamu akan membuang salah satu bagian terbaik dari buah semangka.

Berikut beberapa manfaat kulit semangka yang sudah faktualid.com lansir dari orami.

1. Membantu Urusan Ranjang bagi Pria

Manfaat kulit semangka yang pertama adalah membantu urusan ranjang bagi pria. Kekuatan untuk meningkatkan libido berasal dari asam amino citrulline yang terdapat pada kulit semangka.

Salah satu studi pada National Center of Biotechnology Information, menunjukkan mengonsumsi suplemen L-sitrulin yang didapat dari kulit semangka dapat meningkatkan ereksi tanpa banyak efek samping yang terkait dengan viagra.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kulit semangka yang kedua adalah menurunkan tekanan darah. Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Hypertension telah menunjukkan bahwa suplemen ekstrak semangka dapat membantu orang yang mengalami obesitas untuk mengontrol tekanan darahnya.

Namun, suplemen citrulline kemungkinan lebih efektif melakukannya. Sebagian besar studi dalam Journal of Human Hypertension menunjukkan, suplemen citrulline mengurangi tekanan darah pada orang yang memiliki hipertensi.

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Darah Tinggi

3. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Manfaat kulit semangka yang ketiga adalah memperkuat kekebalan tubuh. 1 cangkur kulit buah semangka mengandung lebih dari 30 persen kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Karena sudah terpenuhi dengan baik.

Vitamin C akan bertugas untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga akan merangsang produksi sel darah putih yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama perlawanan infeksi dan patogen asing yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman Beserta Cara Mengolahnya

4. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat kulit semangka yang keempat adalah mencegah rambut rontok. Semangka mengandung banyak vitamin C yang akan membantu tubuh menggunakan zat besi non-heme. Hal ini memastikan akan ada cukup zat besi dalam sel darah merah untuk membantu membawa oksigen ke folikel dalam rambut.

Tentunya, manfaat dari kulit semangka juga terasa untuk meningkatkan kesehatan rambut. Kolagen juga dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan semangka juga dapat membantu meningkatkan pembengkakkan kolagen.

5. Kaya akan Serat

Manfaat kulit semangka yang kelima adalah kaya akan serat. Hanya sekitar 5 persen orang dewasa di Amerika Seritkat mendapatkan nilai harian yang direkomendasikan. Hal ini dilansir dari Journal of the American Association of Nurse Practitioners.

Diet tinggi serat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk:

  • Membantu menjaga pergerakan usus secara teratur dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit usus besar.
  • Makanan berserat lebih cepat membuat kenyang yang dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.
  • Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

6. Membantu Menghidrasi Kulit

Manfaat kulit semangka yang terakhir adalah membantu menghidrasi kulit. Kulit yang dehidrasi dapat menyebbakan tampilan kulit yang kusam dan kering. Tentunya hal ini sangat kamu hindari.

Semangka yang telah diketahui memiliki kandungan air yang tinggi, dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap. Hal ini juga dapat membantu menjaga kondisi kulit tetap kenyal dan lembut.***

You may also like