Home Lifestyle 6 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil, Ibu Hamil Wajib tahu

6 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil, Ibu Hamil Wajib tahu

oleh Hana Chaniago
Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Perut kembung saat hamil memang membuat tidak nyaman. Jadi jika anda ingin beraktivitas jadi sulit dan terbatas. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara mengatasi perut kembung saat hamil.

Salah satu penyebab perut kembung saat hamil adalah kandungan hormon progesteron yang meningkat. Saat tubuh anda memproduksi lebih banyak progesteron untuk mendukung kehamilan, prigesteron melemaskan otot-otot pada tubuh, termasuk otot-otot usus.

Menurut Dr. Thomas Cahyadi yang merupakan seorang Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, pada kehamilan lanjut janin yang membesar dapat menekan organ lain di dalam perut dan membuat anda merasa begah, penuh dan sesak.

Berikut beberapa cara mengatasi perut kembung saat hamil yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Makan dengan Porsi Kecil dan Sering

Cara mengatasi perut kembung saat hamil yang pertama adalah makan dengan porsi kecil dan sering. Jika selama ini anda makan 2-3 kali dalam sehari, kali ini coba untuk membagi porsi makan tersebut menjadi 5-6 kali sehari.

Menurut Dr. Lisa Ashe, seorang medical director di Be Well Medical Group, anda bisa makan beberapa makanan dalam porsi kecil setiap hari dan hindari makanan berat dengan porsi besar. Porsi kecil ini bisa menjaga sistem kerja pencernaan sehingga produksi gas menurun.

2. Hindari Makanan yang Memicu Produksi Gas

Cara mengatasi perut kembung saat hamil yang kedua adalah menghindari makanan yang memicu produksi gas. Selama kehamilan, banyak wanita memilih makan makanan yang lebih sehat.

Banyak makanan sehat yang kaya akan serat dan menambahkannya ke dalam makanan yang dapat meningkatkan jumlah gas dalam jangka pendek. Beberapa makanan berserat tinggi juga mengandung karbohidrat kompleks yang disebut oligosakarida.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Cara mengatasi perut kembung saat hamil yang pertama adalah konsumsi makanan yang tinggi serat. Makanan yang mengandung serat tinggi akan lebih mudah membawa air ke dalam usus sehingga tinja melunak dan produksi gas di dalam perut dapat diatasi.

Selain itu, makanan yang mengandung probiotik juga baik dikonsumsi ketika mengalami perut kembung saat hamil.

Menurut Cameron Hooper, health coach dan owner dari naturalife, ketika bakteri di lambung menjadi tidak seimbang, biasanya kita akan merasa kembung. Oleh sebab itu, makanan probiotik dapat menyeimbangkan bakteri di lambung.

4. Menggunakan pakaian yang Nyaman

Cara mengatasi perut kembung saat hamil yang keempat adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Pakaian yang ketat di sekitar pinggang dapat mmeberi tekanan pada perut, yang dapat meningkatkan penumpukan gas.  Menggunakan pakaian ibu hamil yang longgar dapat membantu mengatasi masalah ini.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil, Pasanganmu Juga Perlu Tahu

5. Tetap Tenang dan rileks

Cara mengatasi perut kembung saat hamil yang kelima adalah tetap tenang dan rileks. Menurut Michaerl R. Berman, seorang direktur medis persalinan dan pengiriman di Mount Sinai Beth Israel Medical Centar, kecemasan dan stres dapat meningkatkan jumlah udara yang anda telan, yang dapat meningkatkan gas perut bagian atas menjadi kembung dan sendawa.

Hilangkan stres dari hidup anda sebanyak mungkin dan temukan waktu tenang di siang hari untuk menarik napas dalam-dalam dan bersantai, atau mencoba spa prenatan yang menenangkan.

6. Olahraga Rutin

Cara mengatasi perut kembung saat hamil yang terakhir adalah olahraga rutin. Olahraga ringan seperti jalan kaki dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga membantu membuang gas yang ada dalam perut.

Usakan untuk berjalan kaki atau berolahraga setidaknya selama 30 menit. Olahraga tidak hanya membantu anda untuk tetap bugar secara fisik dan emosional, tetapi juga membantu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.***

Baca juga: 7 Manfaat Kentang bagi Ibu Hamil Beserta Efek Sampingnya

You may also like