Home Lifestyle 5 Obat Panas Dalam Alami, Mudah Ditemukan di Rumah

5 Obat Panas Dalam Alami, Mudah Ditemukan di Rumah

oleh Hana Chaniago
obat panas dalam

foto lustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Obat panas dalam cukup mudah untuk ditemukan di rumah. Jadi, ketika mengalaminya kamu tidak perlu terlalu khawatir.

Panas dalam sendiri merupakan kondisi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Biasanya hal ini berkaitan dengan virus, bakteri dan penyakit lain.

Kondisi panas dalam sendiri juga bisa dialami oleh orang dewasa dan anak-anak. Rasa tidak nyaman pada tenggorokan ini memang bisa menyerang siapa saja. Kamu perlu mengetahui penyakit apa saja yang menjadi gejala panas dalam.

Berikut beberapa obat panas dalam alami yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Minum Air Putih

Obat panas dalam alami yang pertama adalah minum air putih. Rasa panas yang dialami oleh tenggorokan memang membuat tidak nyaman. Cara sederhana yang bisa menjadi obat panas dalam adalah dengan minum air putih yang cukup.

Kamu perlu memastikan asupan air putih tetap terjaga. Air putih juga bisa mencegah tubuh alami dehidrasi. Kamu juga perlu menghindari minuman berkafein, jus dan minuman yang memiliki rasa asam.

2. Air Garam

Obat panas dalam alami yang kedua adalah air garam. Kamu bisa berkumur dengan garam yang dicampurkan dengan air hangat. Air garam dikenal cukup baik untuk membunuh bakteri yang ada di tenggorokan.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan air hangat dengan setengah sendok teh garam. Cobalah untuk berkumur dengan air garam selama 3 jam sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal

Baca juga: 7 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Menggunakan Bahan Alami

3. Ampas Teh Celup

Obat panas dalam alami yang ketiga adalah ampas teh celup. Ketika panas dalam, bibir atau dinding mulit sering kali mengalami sariawan.

Kamu bisa mengatasi sariawan dengan melakukan kompres pada bagian yang sakit atau terluka menggunakan kantong teh celup yang pernah diseduh.

Hal tersebut dikarenakan daun teh memiliki manfaat untuk melawan peradangan serta meredakan rasa nyeri. Kamu bisa coba dengan mengompres sariawan di bibir atau dinding mulut selama 15-30 menit.

4. Soda Kue

Obat panas dalam alami yang keempat adalah soda kue. Larutan soda kue bisa menjadi obat panas yang efektif untuk membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

The National Cancer Institute merekomendasikan berkumur dengan mengoleskan dengan lembut kombinasi satu cangkir air hangat.

Kamu bisa memasukkan 1/4 sendok teh soda kue, 1/8 sendok teh garam untuk dicampurkan dengan air hangat. Larutan ini direkomendasikan untuk kumur-kumur setiap 3 jam sekali sesuai kebutuhan.

5. Konsumsi Sayur dan Buah

Obat panas dalam alami yang kelima adalah mengonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah memiliki banyak sekali vitamin, kandungan serat dan mineral. Kandungan tersebut berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan memenuhi kebutuhan tubuh yang lain.

Dengan mengonsumsi sayur dan buah, kita juga bisa meningkatkan daya tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Kamu bisa memilih buah dengan warna terang dan pekat. Biasanya buah dan sayur yang memiliki warna terang menandakan memiliki kandungan nutrisi yang baik.***

Baca juga: 7 Buah Untuk Mengatasi Sariawan, Tidak bikin Perih

You may also like