Home Lifestyle 5 Manfaat Kacang Lentil, Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kacang Lentil, Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

oleh Hana Chaniago
manfaat kacang lentil

Ilustrasi kacang lentil (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah kamu mengetahui manfaat kacang lentil? Kacang lentil merupakan jenis kacang-kacangan dengan beragam varietas, seperti hijau, merah, cokelat dan hitam. Kacang lentil memiliki bentuk yang hampir sama dengan kacang polong.

Mengonsums jenis makanan nabati seperti kacang lentil sangat baik untuk meningkatkan kesehatan. Sebuah studi tahun 2019 dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa konsumsi lebih banyak makanan memiliki risiko penyakin jantung yang lebih rendah.

Makanan nabati sering menyediakan berbagai macam serat, mineral, vitamin dan mungkin juga mengandung antioksidan. Antioksidan bekerja untuk melawan radikal bebas, senyawa dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan dan kanker.

Berikut beberapa manfaat kacang lentil yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Mencegah Cacat tabung Saraf

Manfaat kacang lentil yang pertama adalah mencegah cacat tabung saraf. Kacang lentil merupakan sumber folat yang baik untuk tubuh. Kandungan ini sangat baik untuk anda yang sedang hamil.

Folat sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga merekomendasikan agar wanita usia subur mengonsumsi minimal 400 mikogram folat atau asam folat setiap hari. CDC menyarankan agar wanita meningkatkan asupan selama kehamilan dan menyusui.

Baca juga: 8 Manfaat Kacang Tanah yang Wajib Kamu Diketahui

2. Mengatasi Kelelahan

Manfaat kacang lentil yang kedua adalah mengatasi kelelahan. Kekurangan zat besi merupakan penyebab umum tubuh mudah merasa lelah. Tidak mendapatkan zat besi dalam makanan dapat memengaruhi seberapa efesien tubuh menggunakan energi.

Tumbuhan menyediakan zat besi nonheme, dan lentil adalah sumber yang sangat baik. Daging dan ikan menyediakan zat besi heme. Zat besi nonheme merupakan bentuk zat besi yang esensial bagi orang yang tidak mengonsumsi daging karena alasan kesehatan atau yang lainnya.

3. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Manfaat kacang lentil yang ketiga adalah mencegah tumbuhnya sel kanker. Kacang lentil juga mengandung selenium. Kandungan ini dapat menurunkan tingkat pertumbuhan tumor dan juga mampu meningkatkan respons imun seseorang terhadap infeksi dengan merangsang produksi sel T. Sel T dapat membunuh penyakit.

NIH mencatat salenium dapat mmebantu mengurangi risiko kanker kolorektal, paru-paru, kandung kemih, prostat, kerongkongan, lambung dan kulit.

Baca juga: 8 Manfaat Kacang Tanah bagi Ibu Hamil

4. Membantu Pencernaan

Manfaat kacang lentil yang keempat adalah membantu pencernaan. Asupan serat yang cukup berperan sebagai faktor penting dalam penurunan berat badan dengan berfungsi sebagai bulking agent dalam sistem pencernaan.

Serat dalam makanan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Hal ini dapat mengurangu asupan kalori secara keseluruhan. Kandungan serat yang tinggi dalam kacang lentil juga membantu menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat.

5. Mampu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat kacang lentil yang kelima adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung. Kacang lentil kaya akan serat, potassium dan asam folat. American Heart Association (AHA) menyebutkan peningkatan asupan serat dapat menurunkan kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Studi telah menemukanbahwa potasium, kalsium dan magnesium dalam lentil dapat menurunkan tekanan darah secara alami. National Heart Lung, and Blood Institute (NHLBI) merekomendasikan diet ini untuk menurunkan tekanan darah.

You may also like