Home Lifestyle 5 Manfaat Daun Kipahit, Dapat Mencegah Diabetes

5 Manfaat Daun Kipahit, Dapat Mencegah Diabetes

oleh Hana Chaniago
manfaat daun kipahit

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Apakah kamu mengetahui manfaat daun kipahit? Daun kipahit telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman asal Meksiko ini sering kita jumpai di semak-semak dan sekitar lahan pertanian.

Daun ini dpercaya bisa mengobati sejumlah penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan daun kipahit adalah diabetes hingga kudis. Rebusan air daun kipahit dimanfaatkan dalam pengobatan herbal sudah sejak dahulu kala.

Berikut beberapa manfaat daun kipahit yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Mencegah Diabetes

Manfaat daun kipahit yang pertama adalah dapat mencegah diabetes. Hal ini karena beberapa tanaman tersebut memiliki sifat antidiabetes dan banyak sifat menguntungkan lainnya.

Dilansir dari Phillipine Medicinal Plants, daun kipahit dikenal memiliki efek anti-hiperglikemik nya yang dapat mencegah dan mengobati diabetes.

Senyawa aloksa dalam kipahit dapat merangsang dan memperbaiki kemampuan sel beta pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Hormon ini dapat membantu tubuh mengatur kadar glukosa dalam darah.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun kipahit yang kedua adalah menurunkan tekanan darah. Tekanan darah atau hipertensi adalah suatu kondisi tubuh ketika tekanan darah mencapai 130/80 milimeter merkuri atau lebih.

Jika tidak dikontrol, hipertensi dapat menyebabkan terjadinya komplikasi, seperti penyakit jantung koroner dan stroke, gagal jantung, gagal ginjal hingga penyakit vaskular perifer. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, anda bisa mengonsumsi air rebusan kipahit.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Singkil untuk Kesehatan, dapat Mencegah Kanker

3. Sebagai Antibakteri

Manfaat daun kipahit yang ketiga adalah sebagai antibakteri. Daun kipahit memiliki senyawa antibakteri yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Senyawa ini dapat mengatasi infeksi bakteri di saluran kemih yang menyebabkan kulit buang air kecil.

Selain itu, senyawa antibakteri ini dapat mencegah infeksi patogen dan akumulasi lemak organ hati. Jika anda mengalami radang tenggorokan, anda dapat mencoba meminum ramuan teh kipahit yang mampu melawan infeksi bakteri.

4. Pereda Nyeri

Manfaat daun kipahit yang keempat adalah sebagai pereda nyeri. Senyawa yang terkandung dalam daun kipahit dapat memberi efek analgesik atau pereda nyeri.

Senyawa tersebut akan menghambat, mengurangi dan menenangkan rasa sakit dari sistem saraf. Obat analgesik umumnya digabungkan dengan jenis obat lain, karena hanya mengobati gejala saja bukan penyakit secara keseluruhan.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Lompong, Baik Untuk Kesehatan Tubuh

5. Atasi Gangguan Hati, Ginjal dan Pankreas

Manfaat daun kipahit yang kelima adalah dapat mengatasi gangguan hati, ginjal dan pankreas. Adanya senyawa biokatif quercetin serta diosgenin dalam tanaman ini mempunyai efek antioksidan yang dapat membantu mengatasi beberapa gangguan kesehatan pada organ hati.

Tidak hanya itu, efek antioksidan juga akan mampu mengatasi beberapa gangguan yang terjadi pada ginjal dan pankreas. Hal ini tentu sangat perlu diperhatikan dalam penggunaan manfaat daun ini.***

You may also like